Penyebab Warna TV Dominan Hijau dan Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV

Penyebab warna tv tidak normal sering terjadi pada tv lama berupa televisi yang berbentuk tabung. salah satu masalahnya adalah warna tv tabung dominan hijau. Kerusakan ini sering terjadi karena ada kerusakan pada komponen warna tv.

Penyebab warna tv dominan hijau bisa diperbaiki sama dengan halnya memperbaiki penyebab tv sharp alexander warna dominan merah.

Untuk memperbaiki tv dengan kerusakan warna tv led dominan biru ada beberapa bagian atau komponen yang menjadi sasaran untuk mencari penyebab kerusakan ini terjadi yaitu pada bagian mesin rgb, Ic croma dan tabung Televisi.
Penyebab Warna TV Dominan Hijau

Cara menghilangkan warna hijau pada layar tv

ada beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk memperbaiki warna tv dominan hijau. adapun langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan penyolderan ulang pada komponen rgb dan ic croma. kemudian lakukanlah pengukuran pada katoda dan setelah itu anda harus mengukur satu persatu komponen pada bagian ini.

Lakukan penyolderan pada RGB dan IC croma

langkah ini ampuh dan terbukti bisa memperbaiki kasus Penyebab warna tv dominan hijau. dari beberapa perbaikan, cara ini memang terbukti bisa membuat warna tv yang hijau kembali normal.

Ukur tegangan pada masing masing katoda

Setelah langkah penyolderan ulang pada komponen rgb dan ic croma selesai, langkah selanjutnya melakukan pengukuran tegangan pada masing masing katoda. kemudian ukur satu per satu komponen pada bagian mesin RGB terkhusus resistor yang satu jalur dengan katoda yang tidak normal tegangannya tersebut. Komponen ini yang menyebabkan kerusakan tv dominan warna hijau.

Lakukan pengukuran pada bagian IC croma

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan namun belum ada perubahan alias televisi masih berwarna hijau solusi selanjutnya ialah dengan melakukan mengukur tegangan di kaki atau pin IC croma.

Tegangan normal pada pin Ic croma sekitar 4 VDC dimana tegangan ini akan diberikan pada pada transistor penguat yang ada pada mesin rgb. apabila tidak ada tegangan pada komponen ic croma berarti ic croma sudah mengalami kerusakan.

Tapi jika ada tegangannya, lakukan pengukuran pengukuran dari ic croma tersebut. cek apakah sudah tegangan sudah sampai di kaki basis transistor atau belum karena bisa jadi ini penyebabnya.

Ukurlah komponen di sekitar ic kroma dan Anda ukur Komponen Transistor Penguat yang Ada di Mesin Rgb. Seringkali Transistor Penguat Ini Rusak yang Mengakibat Tv Rusak seperti Ini

Jika dari keseluruhan langkah langkah diatas sudah anda lakukan namun belum ada perubahan pada tv tabung dominan hijau, dapat dipastikan televisi anda rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. anda bisa membeli dengan tv baru.

Demikian penjelasan mengenai Penyebab Warna TV Dominan Hijau dan Cara Menghilangkan Warna Hijau Pada Layar TV dengan mudah.

Baca Juga : Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya dan Cara Memperbaiki nya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel