Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya dan Cara Memperbaiki nya

Penyebab TV tidak ada gambar tapi ada suara - kerusakan tv yang tidak menampilkan gambarnya namun ada suaranya memang permasalahan yang sudah umum terjadi. Merek TV yang sering mengalami permasalahan seperti ini adalah TV merek LG, SHARP, POLYTRON, PANASONIC, dan Merek TV lainnya. hal ini disebabkan karena ada permasalahan pada bagian tegangan yang berhubungan dengan sistem CRT.

Banyak orang beranggapan bahwa kerusakan terjadi pada CRT yang rusak. namun pendapat ini salah karena kerusakan ini disebabkan oleh beberapa tegangan abnormal pada sistem video, rgb, heater, abl, flyback.

Oke, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab tv tidak ada gambarnya tapi ada suaranya.

Kerusakan seperti ini terkadang membuat kita kebinguangan. karena ketika tv dinyalakan, lampu indikator hidup, suara tetep terdengar secara jelas dan keras tetapi layar tv tidak hidup.

oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan kepada anda bagaimana cara memperbaiki cara memperbaiki tv gak ada gambarnya

Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Cara memperbaiki tv gak ada gambarnya tapi ada suaranya

Cara memperbaiki tv hidup tapi tidak menampilkan gambar sebenarmya sangat mudah jika anda adalah seorang teknisi televisi. namun pada kesempatan kali ini saya mengetahui bahwa anda merupakan orang yang baru bergabung untuk menjadi seorang teknisi barang barang elektronik.

Oke langsung saja ke poin pembicaraan kita pada kesempatan kali ini yaitu mengenai tv hidup tapi tidak ada gambar dan suara ada. untuk memperbaiki televisi dengan kerusakan seperti ini ada beberapa poin yang harus anda perhatikan.

Analisis bagian matrix atau RGB

Matrix atau RGB merupakan mesin yang menancap pada leher televisi yang memiliki fungsi sebagai pembangkit gambar pada layar Televisi. Jika pada bagian ini mengalami kerusakan maka akan adanya gangguan pada warna pada televisi tersebut.

Langkah selanjutnya adalah perhatikan lampu filamen yang terdapat pada leher tabung televisi tersebut apakah menyala atau tidak. Jika lampu filamen tersebut tidak menyala, maka gambar di televisi tersebut juga tidak akan menyala.

Tahukan anda apa penyebab lampu Filamen tidak menyala? Lampu filamen tidak menyala disebabkan karena flyback FBt belum bekerja dengan baik. hal ini bisa anda buktikan dengan cara mengukur tegangan pada pin heater pada mesin rgb tidak ada tegangan yang terukur. Tegangan yang seharusnya terukur pada pin heater adalah sekitar 6 VAC. sedangkan tegangan sumbernya ialah berasal dari dari fbt tepatnya di pin heater.

Tapi anda jangan secara cepat mengambil keputusan bahwa FBT nya rusak. anda harus terlebih dahulu mengukur langsung pada pin heater atau kaki heater fbt sebelum mengambil kesimpulan bahwa FBT rusak atau belum bekerja. Bila terdapat adanya tegangan berarti FBT tersebut sudah bekerja.

Selanjutnya anda harus memeriksa kenapa arus AC tidak sampai ke pin heater pada mesin RGB. Anda bisa memeriksa satu per satu komponen mulai dari kaki heater fly back sampai menuju mesin rgb. setelah dilakukan pemeriksaan seringkali ada komponen yang mengalami kerusakan.  anda bisa menggantikannya dengan komponen yang baru.

Analisis kerusakan FBT Flyback

Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis kerusakan Flyback Fbt. Jika pada kesempatan sebelumnya anda sudah melakukan analisis kerusakan pada bagian matrix dengan hasil bahwa lampu flimen tidak menyala dan pin heater juga tidak ada tegangannya maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan analisis kerusakan dengan mengukur tegangan pada bagian-bagian televisi tersebut.

Menurut teori ilmu perbaikan TV supaya FBT dapat bekerja dengan baik, ada dua syarat yang harus dipenuhi. yang pertama pada kaki B+ Fbt sudah terpenuhi tegangan sekitar 115 VDC Dan sinyal oscillator Horizontal Out sudah sampai di Kaki Basis Transistor Penguat Output Horizontal. Apabila Ini Tidak terpenuhi Maka Fbt Tidak akan Bisa bekerja sesuai dengan Fungsinya.

kemudian anda harus melakukan pengukuran tegangan pada elco B+ yang berada pada bagian sekunder regulator. Tegangan elco B+ Anatara 160 V Dan 250 V. Jika tegangan terukur sekitar 115 V Ini normal dan selanjutnya Pastikan Bahwa tegangan tersebut sudah sampai pada Kaki Atau Pin B+ Fbt.

jika sudah dipastikan semua dalam posisi normal, maka langkah selanjutnya adalah lakukan pengukuran tegangan pada kaki basis transistor penguat horizontal Out. Tegangan harus terukur sekitar Tegangan Harus terukur sekitar 2 VAC. Apabila tidak terdapat sinyal AC Bagian Ini Maka Fbt Tidak Akan bekerja. Selanjutnya, mencari Penyebab Mengapa Sinyal AC Tidak sampai pada Kaki Basis transistor penguat. Secara Teori Ilmu perbaikan Televisi. Syarat agar sinyal AC Bisa sampai di kaki basis penguat Ialah, Oscillator yang terdapat pada Ic Croma (Di Pin H-Out) sudah terdapat tegangan Dc sekitar 2 Vdc dan tegangan Dc sudah sampai di kaki Basis Transistor Driver Horizontal, serta tegangan kaki colektor transistor tersebut sudah terdapat tegangan yang berasal dari elco B+ Dan sudah Dan sudah sampai Pada Input Travo IT.

Namun apabila komponen komponen tersebut tidak bekerja dengan baik, baik itu karena rusak ataupun karena tidak terpenuhi tegangan yang dibutuhkan maka fbt tidak akan bekerja.  Dan apabila sinyal ac tidak sampai ke basis transistor penguat seringkali IC Croma sudah dalam keadaan Rusak atau ada Komponen yang menuju kaki Basis Transistor penguat ada yang Rusak cek satu persatu.

Demikian penjelasan mengenai penyebab tv led tidak ada gambarnya tapi ada suaranya serta cara memperbaikinya. semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya dan Cara Memperbaiki nya

Advertisement