Contoh Cerita Fantasi Beserta Strukturnya

Cerita fantasi adalah sebuah tipe cerita yang berbentuk khayalan semata, bersifat imajinatif pengarang yang diceritakan sesuai dengan alur normal. Di dalam cerita fantasi biasanya ada sedikit yang dilebih lebihkan dengan membangun setting, penokohan atau konflik yang bukan realita. oleh karena itu banyak orang yang menyukai cerita fantasi.

Cerita fantasi biasanya terdiri dari tema tertentu yang bisa menarik peminat pembaca. Biasanya tema yang digunakan dalam cerita fantasi adalah tentang khayalan atau yang tidak mungkin terjadi di dalam dunia nyata seperti Magic, supernatural, futuristik.

Tujuan dari teks cerita fantasi adalah untuk memberikan hiburan bagi pembaca atau penonton filmnya. Biasanya di dalam teks cerita fantasi juga disisipkan nasehat atau pesan moral dari pengarang yang tentunya akan tetap menuju kepada tujuan utama yaitu menghibur pembaca atau penonton.

Contoh Cerita fantasi

Teks cerita fantasi ini pada dasarnya termasuk kedalam kategori teks narasi yang umumnya merupakan sebuah teks karangan fiksi semata yang alur atau rangkaian peristiwa umumnya menggunakan pola sebab akibat. Meskipin teks ini termasuk dalam karangan fiksi dan bersifat khayalan namun cerita ini umumnya menceritakan perkembangan kejadian atau peristiwa yang berawal dari prologue hingga epilogue yang telah melalui beberapa tahapan seperti awal konfik, puncak permasalahan dan penyelesaian.

Baca Juga : Ciri ciri cerita fiksi, Jenis jenis cerita fiksi, contoh fiksi dan non fiksi

Unsur Unsur Cerita fantasi

  1. Ada keajaiban, keanehan, dan kemisteriusan
  2. Ide cerita
  3. Menggunakan berbagai latar (lintas ruang dan waktu)
  4. Tokoh unik (memiliki kesaktian)
  5. Bersifat fiksi
  6. Bahasa

Struktur Teks Cerita Fantasi

  1. Orientik (pembukaan)
  2. Konflik (isi)
  3. Resolusi (isi)
  4. Koda (penutup)

Contoh Cerita Fantasi

Berikut ini teks fantasi sederhana dan singkat yang bisa menginspirasi kawan kawan dalam menulis cerita fantasi nantinya.

Judul : Tamasya ke Bulan

Beronto hidup di dalam sebuah laboratorium. Setiap hari dia berbincang-bincang dengan merpati. Merpati memberitahunya bahwa ada sebuah tempat yang sangat indah di bulan.

"Aku tidak bisa pergi dari laboratorium ini. Ayahku tak mengizinkan" keluh Beronto.

"itu bukan masalah. Kita ke bulan Cuma sebentar. Kita akan
kembali sebelum ayahmu sadar bahwa kau sudah pergi" Desak merpati.

"Bagaimana caranya?" Beronto masih ragu.

"Mudah, kau ambil itu. Bubuk pebesar badan. Kau taburkan pada tubuhku. Setelah itu, baru kau bisa menaikiku. Dan kita pergi ke bulan"

Beronto mengambil bubuk di meja kerja ayahnya. Dia taburkan ke badan merpati. Merpati membesar. Seperti garuda. Sayapnya berubah sekuat baja. Beronto naik ke punggung merpati.

Di bawah, para pengawal menduga merpati raksasa adalah musuh yang menyusup. Maka mereka menembaki Merpati dan Beronto menggunakan senapan mesin dan meriam. Tidak mempan. Beronto dan Merpati sampai ke bulan.

Di bulan, mereka mendarat di sebuah danau yang berwarna jingga. Di dalam danau itu terdapat ikan yang menari-nari. Ikan-ikan itu memiliki sayap yang mereka gunakan untuk terbang di atas air. Matahari dari bulan tampak kebiruan karena terpantul bumi.

Beronto sangat menikmati pemandangan di bulan. Merpati berada di sampingnya. Keadaan yang sangat menenangkan, Beronto tertidur lelap.

Beronto kemudian terbangun setelah mendengar teriakan ayahnya. Beronto terkejut, kemudian melihat sekeliling. Dia melihat merpati yang kembali ke ukuran semula bertengger di dahan depan jendela laboratorium ayahnya. Beronto melihat, merpati itu tersenyum.

Demikian contoh cerita fantasi tentang tamasya ke bulan beserta struktur cerita fantasi. semoga bermanfaat dan menjadi referensi ketika anda membuat cerita fantasi lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Cerita Fantasi Beserta Strukturnya

Advertisement