Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6, 9, 12 Lengkap

Advertisement
Contoh pidato perpisahan - Pidato perpisahan merupakan ungkapan pikiran yang diutarakan dengan kata kata di depan banyak orang. biasanya ketika ada sebuah pertemuan pasti akan diakhiri oleh dengan sebuah perpisahan. Seorang pemimpin dari sebuah team pasti akan menyampaikan sepatah dua patah kata pidato perpisahan untuk mengutarakan perasaan dan ucapan terimakasih kepada team/grup yang akan berpisah. Berikut ini kita akan membahas contoh pidato perpisahan kelas 6, 9, 12 dan untuk umum.

Ketika sedang berpidato ada beberapa metode yang dapat digunakan,
1. Menghafal isi pidato maupun poin poin nya sana
2. Naskah, dengan membaca teks yang telah disiapkan sebelumnya
3. Ekstemporen yaitu berpidato dengan menyiapkan garis besar gagasan
4. Impromtu, berpidato yang bersifat spontan dengan tanpa ada persiapan
Contoh Pidato Perpisahan

Oleh karena itu untuk melatih berpidato di depan umum, berikut ini Contoh teks pidato perpisahan

Contoh Pidato Perpisahan

Assalamualaikum wr. Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.

Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.

Juga untuk teman-teman semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua… Amin.

Wassalam.

Pidato perpisahan kelas 6 SD

Berikut ini kami akan menyajikan kepada anda contoh pidato perpisahan kelas 6 sd yang bisa anda gunakan sebagai referensi ketika berpidato pada acara perpisahan sekolah.

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Bapak Kepala Sekolah, para guru dan para orang tua murid yang kami hormati, dan teman-temanku serta adik-adik kelas yang tercinta. Marilah pertama-pertama kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas berkat dan perlindungan-Nya pada sore ini kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengadakan perpisahan.


Kami berdiri disini untuk mewakili teman-teman kelas enam, untuk menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Kepala Sekolah, para guru, dan orang tua murid untuk hadir dalam acara perpisahan ini.


Secara khusus, kami mengucapkan terima kasih pada Bapak Kepala Sekolah dan para guru yang telah mendidik kami, kurang lebih selama enam tahun. Tentu saja para guru yang selama enam tahun telah mendidik kami, serta mengembangkan potensi kami, sering mengalami kekecewaan oleh karena sikap kami. Tetapi, para guru tetap sabar dan tidak mengenal lelah terus mendidik kami, maka sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.


Pada kesempatan ini pula, kami mohon maaf sekiranya dalam kurun waktu enam tahun ini banyak perbuatan kami, atau tutur kata kami kurang berkenan di hati para guru, maka kami mohon kiranya hari ini berkenan membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya bagi kami.


Kami juga berpesan pada adik-adik kelas kami, semoga sepeninggal kami, kalian tetap tekun dan rajin belajar. Contohlah yang baik dari kami, dan buanglah jauh-jauh contoh yang kurang baik dari kami.

Pada kesempatan ini pula, kami mohon pamit dan mohon doa restu dari para guru, agar kami dapat melanjutkan ke SMP yang kami pilih. Kami berjanji di SMP nanti akan tekun belajar untuk membawa nama baik asal sekolah kami ini.

Contoh pidato perpisahan kelas 9 SMP

Berikut ini kami tuliskan untuk anda contoh pidato perpisahan kelas 9 smp yang bisa menjadi referensi kepada anda ketika berpidato pada acara perpisahan sekolah yang dihadiri oleh banyak orang yang akan menyaksikan penampilan kamu.

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Para orang tua siswa, Guru-guru, dan Adik-adik kelas yang kami banggakan. Tidak terasa tiga tahun telah berlalu. Suka dan duka telah kami alami di sekolah ini. Hari ini kita berkumpu dalam acara perpisahan purnastudi, sebentar lagi kami akan meninggalkan sekolah yang kami cintai. Pada kesempatan yang baik ini kami atas nama teman-teman kelas 9 mengucapkan rasa terima kasih yang tulus kepada Bapak dan Ibu guru yang telah membimbing kami menyelesaikan satu tahap jenjang pendidikan di sekolah ini. Mudah-mudahan ilmu yang telah Bapak Ibu guru berikan bermanfaat bagi kami.


Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua kami yang telah ikhlas membimbing dan membesarkan kami, sehingga kami bisa mendapat pendidikan yang utuh. Kepada adik-adik kelas VII dan VIII, Kakak pamit, keberhasilan dan kesuksesan semoga selalu ada pada kalian.


Kami tahu perjalanan kami masih panjang. Onak dan duru akan banyak kami lewati dalam perjalanan kami selanjutnya. Untuk itu kami mengharap doa dari Bapak Ibu guru dan adik-adik, agar kami dapat menapaki kewajiban dan bagian-bagian hidup kami di sekolah yang lebih tinggi dengan selamat. Kami ingin mewujudkan cita-cita kami dengan iringan doa para Ibu Bapak Guru dan orang tua kami.


Akhir kata, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Wassalamu Alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Contoh pidato perpisahan kelas 12 SMA

Berikut ini kami akan menuliskan kepada anda contoh pidato perpisahan kelas 12 sma yang bisa dijadikan referensi ketika hendak berpidato di depan umum ketika acara perpisahan sekolah. Kami membuat teks pidato perpisahan semudah mungkin supaya anda mudah untuk menghafalnya.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan anugerah-Nya kepada kita semua, terutama sekali atas nikmat sehat yang telah berikan kepada kita sehingga kita bisa berkumpul bersama-sama dalam acara kita pada hari ini dalam rangka memperingati hari ibu, semoga melalui acara seperti ini kita semua menemukan momentum yang mengharukan sekaligus membahagiakan.

Tidak lupa sholawat serta salam semoga selalu dan senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan banyak nasihat kebaikan dunia dan akhirat kita semua.

Bapak-bapak, ibu- ibu, dan semua hadirin yang saya hormati, dan terkhusus teman-teman kelas 3 seperjuangan sependeritaan yang telah melewati hari-hari melelahkan pada ujian nasional lalu.Saya senang sekali bisa mewakili kalian semua untuk sekedar menyampaikan rasa senang dan haru yang kalian pendam selama ini.

Saya ingat apa yang diucapkan oleh Thomas Meeha, “How lucky I am to have something that makes saying goodbye so hard.” Meeha merasa beruntung bisa mengucapkan salam perpisahan meski hal tersebut terasa berat baginya.

Saya mengartikan perkataan Thomas Meeha tersebut sebagai sebuah rasa sayang yang tak bisa diukur. Begitu pula saya sendiri, mewakili kawan-kawan lainnya, merasa berat sekali untuk mengucapkan salam perpisahan kepada seluruh makhluk yang masih berjuang untuk sekolah tercinta kita ini. Saking beratnya, saya hampir tidak sudi mengucapkannya di depan semua orang yang hadir di sini. Betapa sulit untuk mengucapkan sebuah salam perpisahan kepada orang-orang yang selama ini membimbing kita menuju jalan yang lebih baik.

Bagaimanapun pintarnya kita, bagaimanapun ganteng dan cantiknya kita, kalau tidak ada bimbingan dari seluruh jajaran guru di sekolah ini, kita tidak akan bisa merasakan indahnya lulus sekolah. Entah jadi apa nanti kita ini, entah melanjutkan sekolah mana kita nanti, jasa-jasa guru tetaplah tidak pernah bisa terhapus dari memori kita. Oleh sebab itu, nanti di saat kita bertemu dengan beliau-beliau di tempat yang tidak seperti biasanya, janganlah kita merasa enggan, janganlah merasa malu.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini, saya juga menekankan bahwa benar adanya apa yang diungkapkan oleh guru-guru pendahulu kita, yang mengatakan ilmu tanpa amal ibarat pohon tak berbuah. Oleh karena itu, kepada seluruh kawan-kawan, sedikit apapun ilmu yang kita raih di sekolah ini, jika kita selalu berbagi ilmu kepada yang membutuhkan, insyaAllah kita akan mendapatkan sebuah kenikmatan tersendiri.

Akhirnya, tidak ada kata seindah do’a. Saya ucapkan salam perpisahan ini kepada seluruh jajaran dan pihak yang ada di tempat yang sering kita datangi setiap hari. Saya yakin bahwa salam perpisahan bukanlah ucapan salam biasa, salam perpisahan adalah sebuah do’a di mana kita berharap keselamatan dan kesehatan ketika nanti akan bertemu kembali. Sungguh bahagia bukan jika kita masih diberi kesempatan selamat dan sehat ketika kita bisa bertemu kembali.

Demikianlah pidato perpisahan yang bisa saya sampaikan, semoga kita bisa bertemu lagi pada lain kesempatan, semoga kita bisa bersua lagi di lain kegiatan, semoga kita masih diberi keselamatan dan kesehatan di saat kita bertemu nanti. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Demikian penjelasan mengenai contoh pidato perpisahan kelas 6, 9, dan 12 semoga menjadi referensi yang bisa membuat anda bisa berpidato di depan umum ketikan acara perpisahan sekolah tiba. Silahkan modifikasi sesuai dengan keadaan dan kreatifitas anda. baca juga Contoh Pidato Tentang Narkoba

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6, 9, 12 Lengkap