Contoh Jurnal Skripsi dan Cara Penulisan yang baik dan benar

Advertisement
Contoh Jurnal Skripsi - Jurnal Merupakan kumpulan tulisan tertentu yang memuat artikel tentang suatu bidang ilmu tertentu. Jurnal ilmiah mencakup ke dalam semua bidang ilmu seperti ilmu alam, ilmu sosial dan ilmu humaniora.

Pada akhir studi, mahasiswa S1 diminta untuk membuat jurnal skipsi ilmiah sebelum menyelesaikan karier akademiknya di universitas. Contoh jurnal Skripsi akan kami bahas pada kesempatan kali ini untuk mempermudah kawan kawan sekalian supaya cepat selesai kuliahnya dan lancar.

Di zaman sekarang, sebenarnya akses untuk mendapatkan contoh jurnal ilmiah sangat mudah. Perpustakaan kampus dengan fasilitas dan pelayanan yang kompleks sangat mempermudah mahasiswa untuk menemukan contoh jurnal skripsi yang diinginkan sesuai dengan jurusan perkuliahan masing-masing. Bahkan dengan memanfaatkan teknologi internet, berbagai macam jurnal bisa anda dapatkan seperti jurnal skripsi pertanian, hukum, peternakan, akuntansi maupun contoh jurnal skripsi lainnya yang dapat menjadi referensi mahasiswa untuk keperluan karya tulis.

Terkadang untuk menyusun jurnal skripsi kita masih bertanya tanya bagaimana cara dan format jurnal yang baik dan benar.

Menurut pendapat Hakim, Jurnаl іlmіаh adalah mајаlаh рublіkаѕі уаng di dalamnya memuat Kаrуа Tulіѕ Ilmіаh уаng ѕесаrа nуаtа mеngаndung dаtа dаn іnfоrmаѕі уаng mеngајukаn ірtеk dаn dіtulіѕ ѕеѕuаі dеngаn kаіdаh-kаіdаh реnulіѕаn іlmіаh ѕеrtа dіtеrbіtkаn ѕесаrа bеrkаlа.

Jurnal skripsi merupakan bentuk publikasi tulisan dari skripsi yang merangkum semua data informasi dari skripsi kemudian dipublikasikan dengan jumlah halaman yang sudah ditentukan. Selain itu, sekarang penerbitan jurnal penelitian skripsi sudah diharuskan juga diterbitkan dalam bentuk online dengan format .pdf kemudian diterbitkan di website jurnal online mahasiswa.
Contoh Jurnal Skripsi

Perbedaan skripsi dengan jurnal, skripsi merupakan paparan tulisan hasil penelitian sarjana strata 1 yang membahas permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku sementara jurnal sendiri merupakna terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan hasil penelitian yang hanya diambil bagian-bagian pentingnya saja.

Contoh Jurnal Skripsi Word

Pada Kesempatan kali ini kami akan membagikan contoh jurnal skripsi word kepada anda secara gratis. Mungkin teman teman membutuhkan jurnal ilmiah ini untuk mengerjakan skripsi. anda bisa download contoh jurnal skripsi melalui link download di bawah ini

Ini merupakan contoh dari sebuah jurnal skripsi yang memuat intisari skripsi. anda bisa mengembangkan jurnal skripsi sendiri sesuai dengan isi dan judul skripsi yang sedang anda kerjakan.


Cara Penulisan Jurnal Skripsi

untuk membuat jurnal penelitian skripsi, ada beberapa contoh format yang harus ditulis. sebagai berikut:

Judul Jurnal
Pada lembaran judul ini harus memuat judul penelitian yang jelas, singkat dan mudah untuk dipahami.

Abstrak
Abstrak merupakan lembaran yang berisi uraian singkat tentang penelitian. Di dalam abstrak akan memuat beberapa rangkaian seperti latar belakang, tujuan, metode penelitian, hasil dan kesimpulan.

Abstrak berfungsi untuk mempermudah pembaca untuk memahami isi seluruh jurnal secara singkat. pada bagian akhir tulisan abstrak ditulis kata kunci dalam bahasa inggris tentang untuk mendeskripsikan isi dengan maksimal 5 kata kunci.

Judul abstrak dituliskan menggunakan bahasa inggris dan menggunakan garis miring sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pendahuluan
Pada lembaran pendahuluan sebenarnya hampir sama dengan skripsi, namun dituliskan secara singkat dan jelas tentang latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan, uraian ringkas penyususnan, waktu pelaksanaan, serta penjelasan mengenai informasi kenapa mengambil permasalahan tersebut.

Metodologi Penelitian
Pada lembaran ini akan mendeskripsikan tentang teknisi pelaksanaan seperti desain, metode metode yang digunakan, peralatan analisis yang digunakan, scope penelitian, lokasi, populasi, jumlah sampel penelitian, dan hal hal lainnya yang menjelaskan tentang teknis penelitian sehingga pembaca mengetahui bagaimana suatu permasalahan tersebut diteliti.

Hasil dan Pembahasan
Pada lembaran pembahasan anda harus memberikan penjelasan mengenai data data hasil penelitian yang telah anda lakukan. menjelaskan hubungan setiap variabel percobaan yang penting dan pada setiap korelasi antar variabel. pada lembaran ini merupakan inti dari penulisan jurnal skripsi. jadi diusahakan untuk membuat bagian ini sebaik mungkin. kemudian pada bagian kesimpulan, anda harus menyatakan kembali pernyataan bahwa  setiap data yang disajikan berhubungan atau tidak berhubungan pada pernyataan atau hipotesis yang dinyatakan dalam bagian pendahuluan sebelumnya.

Daftar Pustaka
Pada lembaran daftar pustakan merupakan isi dari sumber referensi penulis sehingga jurnal penelitian dihasilkan. semua sumber informasi dan kutipan harus dituliskan pada lembaran ini sesuai dengan aturan penulisan daftar pustaka. daftar pustaka ini berfungsi sebagai rujukan teman teman yang membaca jurnal skripsi ke sumber aslinya. jangan ada yang ketinggalan, kelupaan menulis sumber referensi supaya jurnal skripsi anda mempunyai argumen yang kuat.

Baca juga : Cara membuat daftar Pustaka yang Baik dan Benar

Cukup sampai disini pembahasan mengenai Contoh Jurnal Skripsi dan cara penulisan yang baik dan benar.

Baca Juga:
Contoh Laporan PKL
Contoh Pidato Perpisahan
Contoh Pidato Tentang Narkoba

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Jurnal Skripsi dan Cara Penulisan yang baik dan benar