Cara Menghitung Luas Lingkaran, Rumus dan Contoh Soal

Advertisement
Rumus luas lingkaran - pernah dengar kan lingkaran? materi SMA ini akan selalu di pakai dimanapun kalian berada. ya yang namanya matematika merupakan ilmu yang akan selalu di aplikasikan di dalam kehidupan. termasuk mencari luas lingkaran bisa saja di pakai di dalam kehidupan sehari hari. oleh karena itu jika kalian yang sudah lupa apa rumus luas lingkaran dan bagaimana cara mencari luas lingkaran yang benar kami akan menjelaskan kepada anda cara mencari luas lingkaran yang tepat. di baca semua artikel sampai habis yak...

Untuk menemukan berapa luas lingkaran sebenarnya hampir sama dengan rumus mencari berapa keliling lingkaran namun hanya ada sedikit perbedaan. Kebanyakan ada yang salah menggunakan antara kedua rumus lingkaran ini kadang ada yang salah dan terbalik. Namun pada kesempatan kali ini kalian jangan ragukan lagi kami akan memberikan trik dan tips mencari luas lingkaran.
Menghitung Luas Lingkaran
Menghitung Luas Lingkaran

Rumus Luas Lingkaran

Luas Lingkaran = π x r²

Keterangan:
π ( phi ) = 3,14 atau 22/7
r             = Jari-jari dari lingkaran atau setengah diameter lingkaran, jika jari-jari satuannya meter (m), maka satuan luasnya m².

Gimana uda tau kan gimana rumus mencari luas lingkaran? sekarang kita akan lanjut ke contoh soal mencari luas lingkaran disertai dengan penjelasan jawaban yang rinci dan lengkap.

Contoh Soal Luas Lingkaran

1. Hitunglah luas lingkaran yang memiliki jari-jari 20 cm !

Jawab :
r = 20 cm
Luas = π x r²
Luas = 3,14 x 20²
Luas = 1256 cm²

2. Jika di ketahui sebuah roda sepeda motor mempunyai diameter 42 cm. Tentukan luas lingkaran roda tersebut!

Jawab :
d = 42 cm
karena d = 2 kali r maka:
r = d/2
r = 50/2
r = 21 cm
Luas = π x r²
Luas = 22/7 x 21²
maka Luasnya = 1386 cm²

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika anda mencari rumus lingkaran. Pertama, Anda harus mengetahui jari jari dari lingkaran bukan diameter. hal ini harus menjadi perhatian khusus, karena kebanyakan orang menggunakan jumlah diameter untuk mencari luas lingkaran. padahal itu salah. Kemudian yang kedua, jumlah Pi (π) 3,14 atau 22/7 hanyalah pendekatan angka desimal saja. namun untuk hasil yang lebih detail anda bisa menggunakan kalkulator untuk mencari luas lingkaran.

Ada beberapa pendapat yang kami baca dari berbagai sumber menyatakan bahwa ilmu itu di ikat dengan menulis, jadi untuk mempermudahkan kalian menghafal rumus mencari luas lingkaran kami sarankan untuk mencatat rumus lingkaran di buku catatan anda. tentunya cara menghitung luas lingkaran berbeda dengan Cara Menghitung Diagram Lingkaran

Apabila anda mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal lingkaran bisa meminta tolong ke guru, orangtua maupun kawan yang sudah mahir di bidang matematika. saya rasa pasti ada salah satu teman sekelas yang jago matematika dan selalu diandalkan untuk maju ke depan kelas hehehe

Oke, cukup sampai di sini pembahasan mengenai cara menghitung luas lingkaran, beserta rumus dan contoh soal yang memadai untuk di pelajari di rumah dan belajar bareng bersama teman teman di kelas. 

Source Article:
luas lingkaran, rumus luas lingkaran, cara menghitung luas lingkaran, menghitung luas lingkaran, cara mencari luas lingkaran,mencari luas lingkaran, rumus mencari luas lingkaran,cara menghitung lingkaran tahun, rumus mencari luas li, cara menghitung folume luas lingkaran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghitung Luas Lingkaran, Rumus dan Contoh Soal

Ads336x280