Cara Menghitung Skala Peta dengan Rumus dan Contoh Soal

Advertisement
Rumus Skala Peta - Pelajaran menghitung skala sudah kita sepalajari semasa Smp dan Sma. Jika kalian lupa jangan ambil susah. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menghitung skala peta yang benar.

Untuk menghitung skala kita harus mengetahui terlebih dahulu Rumus Skala yang benar. Anak yang masih berpendidikan di sd pun bisa menghitung skala peta asalkan mengetahui rumus skala.

Peta merupakan gambaran kecil muka bumi di atas kertas yang menjelaskan letak suatu tempat untuk mempermudah manusia mengetahui letak suatu tempat. namun di zaman sekarang peta tidak lagi di gambar di atas kertas melainkan sudah ada di dalam smartphone. Dengan menggunakan akses internet kita sudah bisa mengetahui letak suatu tempat menggunakan google maps.

Oke kembai lagi ke pembahasa cara menghitung skala peta. Untuk menghitung skala peta terbagi kepada beberapa macam, Pada kesempatan kali ini kami juga akan membahas mengenai cara menghitung skala dengan selisih garis lintang-bujur dan cara memperbesar atau memperkecil peta.

Cara Menghitung Skala Peta

Perhitungan dengan skala angka

Untuk menghitung skala menggunakan angka, anda bisa menggunakan rumus dibawah ini.

Jarak Sesungguhnya = Jarak Pada Peta : Skala

Dari rumus di atas merupakan rumus dasar peta. nah kita bisa membolak balikkan rumus di atas sesuai dengan apa yang di tanyakan.

Untuk menghitung Skala rumusnya:
Skala = Jarak Pada Peta : jarak Sebenarnya

Untuk menghitung jarak pada peta rumusnya:
Jarak pada Peta = Skala x Jarak Sebenarnya

Perhitungan dengan skala batang

cara menghitung skala peta menggunakan skala batang, kita bisa menggunakan ukuran pada batang grafis atau garis tegak lurus yang terdapat pada gambar peta, biasanya masing-masing ruas mewakili jarak tertentu. 

Contoh:

Jarak antara Desa Tambakboyo dengan Desa Majasto pada peta dengan skala batang adalah 4 ruas. Satu ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka berapa jarak kedua desa sesungguhnya?

Karena setiap ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka jarak kedua desa adalah: 4 × 1 km = 4 km.

Baca juga : Cara Menghitung Luas Lingkaran, Rumus dan Contoh Soal

Contoh Soal Menghitung Skala Peta

1. Berikut contoh menghitung jarak sebenarnya.

Pada sebuah peta berskala 1:10.000.000, jarak antara kota A dan kota B adalah 5 cm. Berapakah jarak sebenarnya antara kota A dan kota B?

Jawab:
Jarak sesungguhnya = 5 cm / 1 : 10.000.000
= 5 cm × 10.000.000 / 1
= 50.000.000 cm
Jadi, jarak sesungguhnya antara kota A dan B adalah 50.000.000 cm atau 500 km.

2. Kota A dan Kota B memiliki jarak 800 km. Pada peta jarak kedua kota tersebut adalah 16 cm. berapa skala yang digunakan peta itu?

Penyelesaian:
Diketahui :          jarak sebenarnya = 800 km = 80.000.000 cm
                            jarak pada peta = 16 cm
Ditanya      :        Skala

Jawab        : 
Cara Menghitung Skala

Jadi skala yang digunakan peta itu adalah 1: 5000.000

3. Hadi menggambar sebuah denah dibukunya. Skala yang ia gunakan adalah 1: 20.000. Jika jarak dua tempat sesungguhnya adalah 400 meter. Berapa jarak kedua tempat tersebut dalam denah?

Penyelesaian:
Diketahui :          jarak sebenarnya = 400 m =40.000 cm
                            Skala = 1 : 200
Ditanya      :         jarak pada peta
Jawab         :
Demikian pembahasan mengenai cara menghitung skala peta menggunakan rumus dan contoh soal yang sesuai dengan harapan anda. semoga bermanfaat. Aminn

Source Article:
rumus skala ,rumus mencari skala, cara mencari skala, skala,cara menghitung skala peta, menghitung skala peta, rumus skala peta,cara mencari skala peta,menghitung skala, rumus jarak sebenarnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghitung Skala Peta dengan Rumus dan Contoh Soal

Ads336x280