Cara Menghitung Persen di Kalkulator yang Benar

Advertisement
Menghitung persen di kalkulator - Jika pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas bagaimana cara menghitung persentase yang benar maka pada kesempatan kali ini akan kita bahas cara menghitung persen di kalkulator. Kenapa hal ini patut kita bahas? karena di zaman modern ini dari segala segi kehidupan sudah terdapat alat bantu terutama saat menghitung. Kalkulator merupakan alat bantu hitung yang mempercepat proses penghitungan. Baik itu tambah, kurang, perkalian, pembagian maupun menghitung persen.

Cara menghitung persen pada kolkulator dan pada Hp sebenarnya sama saja namun yang membedakan keduanya adalah lambang pengoperasian dan letak simbolnya saja. Seperti cara menghitung persen di kalkulator casio sama dengan cara mengitung persen di HP.

Selain menggunakan hp dan kalkulator, kita bisa menggunakan cara lain untuk menghitung persentase yaitu dengan cara menghitung persen di excel. Cara ini cenderung lebih mudah lagi karena kita hanya mengimput data saja sehingga menghasilkan perhitungan yang akurat. cara ini biasanya di pakai oleh orang yang bekerja di perkantoran seperti perusahaan, dinas pemerintahan dan lainnya.
Cara Menghitung Persen di Kalkulator
Menghitung Persen di Kalkulator

Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Menggunakan kalkulator kita bisa menghitung persentase suatu penjualan maupun diskon dan berbagai macam keperluan lainnya. Biasanya kakulator digunakan oleh pengusaha, pedagang dan makelar untuk menghitung keuntungan dagangannya. Berikut ini penjelasan mengenai cara menghitung persen di kakulator.

menghitung persen di kalkulator sebenarnya sama saja dengan cara manual, tapi dengan menggunakan kalkulator anda tidak usah berfikir terlalu lama lagi untuk mendapatkan sebuah angka hasil dari persentase.

Contoh kasus:
Si A mempunyai 50 buah kue di dalam kantong plastiknya kemudian Si A memberikan sebanyak 10 kue kepada si B. Berapa persen jumlah kue yang di berikan oleh si A kepada si B ?

Penyelesaian:

Jika ingin menghitung di kalkulator, Anda hanya perlu memasukkan angka di atas berdasarkan rumus persentase. Rumus yang kita pakai adalah 
Persentase = (Bagian/Seluruh) x 100%.

1. Masukkan angka 10 lalu tekan tombol bagi (“÷” atau “/”)
2. Ketikkan angka 50
3. Tekan tombol kali (“X” atau “*”)
4. Masukkan angka 100 lalu tekan tombol “=”
5. Maka diketahui bahwa hasilnya adalah 20%

Cara Menghitung Persen di Kalkulator di HP

Sebenarnya cara menghitung persen di kalkulator hp dengan menghitung persen di kalkulator biasa sama saja namun yang membedakannya adalah letak tombol dan cara yang digunakan.

Contoh:

Sebuah toko sepatu memberikan diskon baju sebesar 20 % dari harga Rp. 280.000 berapakah harga Sepatu tersebut setelah diskon?

1. Buka aplikasi kalkulator di HP Anda
2. Tekan angka 20
3. Tekan tombol % (persen) Sehingga menghasilkan angka 0,20
4. Tekan tombol x (kali) 280.000.
5. Lalu tekan tombol = (sama dengan) sehingga menghasilkan 56.000

Maka besar diskon baju tersebut adalah Rp 56.000,00. Lalu berapa harga baju tersebut setelah diskon?

Jadi, harga baju setelah diskon = Harga baju awal – Besar diskon = Rp 280.000 – Rp 56.000 = Rp 224.000

Demikian pembahasan mengenai cara menghitung persen di kalkulator menggunakan kakulator biasa dan kalkulator di hp. semoga bermanfaat. tunggu Artikel cara menghitung kami yang lainnya yak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghitung Persen di Kalkulator yang Benar

Ads336x280