Cara Menghitung Persentase di Excel dan Contoh Soal

Advertisement
Rumus Menghitung Persentase di Excel - oke pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung persentase di Excel yang benar. Pernah dengar spread sheet? tentunya sebagian dari kalian yang sedang membaca artikel ini sudah pernah mendengar spread sheet sebelumnya. Aplikasi yang sering digunakan oleh orang orang dalam pengolahan data.

Aplikasi spreadsheet erupakan aplikasi yang tidak bisa diabaikan ketika kita mendapatkan tugas mengolah data dalam bentuk angka dan lebih lebih lagi data yang disajikan dalam bentuk persentase. Tentu akan sagat melelahan untuk mengolah dan mengedit data yang tidak kita ketahui bagaimana caranya tersebut.

Persentase sering disajikan untuk mempermudah pembacaan data oleh seorang manager untuk mengambil sebuah keputusan dibandingkan hanya data angka yang begitu panjang yang lebih susah untuk di amati. Oleh karena itu cara menghitung persentase di excel yang benar harus diketahui oleh seorang karyawan di berbagai bidang seperti sekretaris, akuntan, dan administrasi sebuah kantor.

Jika kita bayangkan memang persentase tidak bisa kita elak di dalam hidup kita, setiap angka dan persentase pasti akan hadir di dalam hidup kita. tentunya kita harus mempelajari cara menghitung persentase di excel supaya mudah dalam pekerjaan nantinya.

Oke, jangan banyak kali basa basi mari saja kita simak tutorial menghitung persentase di excel.

Menampilkan Persentase di Cell Ms. Excel

Sebelum kita memulai menghitung persentase kita terlebih dahulu harus menampilkan persentase di cell ms excel. 

Pada microsof Excel ada beberapa format untuk angka dan salah satunya yaitu format pecahan desimal. Volume ini disajikan dalam pecahan desimal seperti misalnya 25% tentang format default akan tampil dengan angka 0,25. Berikut langkah-langkah mengubah format Cell secara mudah :

1. Pilih cell yang akan yang berisi data yang tampilannya akan diubah ke bentuk persentase.

2. Klik kanan pilih format cell atau bisa dengan shortcut Ctrl + 1 atau bisa juga dengan memilih menu home lihat kota format cell di box number (perhatikan gambar di bawah)
Cara Menghitung Persentase Di Excel
Box Number
3. Akan muncul dialog box format cell. Pilih percentage kemudian akan ada pilihan jumlah desimal yang akan ditampilkan. Pilih sesuai kebutuhan kemudian tekan ok
Cara Menghitung Persentase Di Excel
dialog box format cell
Misal 0,25 setelah diformat akan menjadi 25% jika kita memilih jumlah desimal di belakang 2 maka akan menjadi 25,00%

Misal 0,1234 setelah di format akan menjadi 12,34%

Tipe Menghitung Persentase di Excel

Secara umum ada dua konsep untuk menghitung persentase. dan ada variabel yang dibutuhkan untuk menghitung persentase yaitu variabel Nilai yang akan di hitung persentasenya dan Nilai pembanding dari nilai yang akan dihitung persentasenya.

Saat kita mengolah data dan menghitung persentase terdapat dua jenis penghitungan yaitu presentase dari proporsi dan presentase perubahan jika dibandingkan dengan data yang lain.

Rumus Menghitung Persentase

Rumus untuk menghitung persentase sebenarnya sama seperti yang pernah kita pelajari semasa sd smp dan sma. jika kalian sudah lupa mari kita simak rumus menghitung persentase.

PERSENTASE X = NILAIx : NILAI PEMBANDING x * 100%

Contoh Soal Menghitung Persentase di Excel

soal 1. jika diketahui dari 10 soal Test yang diberikan anda bisa menjawab 8 soal dengan benar. berapakah persentase jawaban benar anda?

Jawaban: 8:10*100% = 80 %

Adapun persentase jawaban salah adalah 40% didapatkan dengan rumus

4:10*100% = 40%

Contoh lain:

Before
After

Menghitung Persentase Proposional

Proporsi adalah pecahan yang pembilangnya merupakan bagian dari penyebutnya.

Dengan kata lain persentase proporsi menghitung persentase dari sebuah variabel dengan membandingkan variabel tersebut dengan pembandingnya yang mana varibale tersebut merupakan bagian dari variable pembanding tersebut.

tentunya saya rasa kalian belum paham dengan penjelasan di atas. maka simaklah contoh kasus di bawah ini

kita asumsikan pada tahun ajaran baru ada 200 siswa yang mendaftar. Dari 200 siswa pendaftar tersebut 80 berkelamin laki-laki dan sisanya 120 siswa berkelamin perempuan.

  1. Berapakah persentase siswa laki-laki dari seluruh pendaftar?
  2. Berapakah persentase siswa laki-laki dari seluruh pendaftar?
untuk menjawab soal di atas kita membutuhkan rumus matematika sebagai berikut:

%PROPOSI = NILAI PROPORSI : PEMBANDING PROPORSI * 100%

Dari rumus di atas kita dapat menghitung persentase proposional di excel sebagai berikut:
Cara Menghitung Persentase Di Excel
persentase proposional
Sebenarnya untuk melakukan perhitungan persentase pada microsoft excel, anda tidak perlu mengalikan dengan 100% karena saat anda merubah format ke dalam style persen (%), excel secara otomatis akan mengalikan hasil perhitungan dengan 100%. Sehingga dengan menggunakan rumus excel seperti dibawah ini akan menghasilkan nilai persentase yang sama dengan rumus excel sebelumnya.

Cara Menghitung Persentase Di Excel
persentase proposional
Baca juga : Cara Menghitung Persen di Kalkulator yang Benar

Menghitung Persentase Perubahan (Kenaikan atau Penurunan)

Contoh lain adalah menghitung persentase kenaikan atau penurunan penjualan sebuah produk. Misalnya di bulan Desember 2014 produk A berhasil menghasilkan penjualan sebesar 2.000.000 dan di bulan Januari 2015 berhasil menghasilkan penjualan total 2.500.000. Berapa persentase kenaikan penjualannya? Dengan menggunakan Ms. excel anda bisa mengikuti formula berikut :

Tabel rumus menghitung persentase
Tabel hasil perhitungan

Contoh lain menghitung persentase perubahan penurunan di excel

Contoh lain menghitung persentase perubahan Kenaikan di excel
Demikian pembahasan mengenai cara menghitung persentase di excel menggunakan beberapa metode yang benar. semoga bermanfaat kadang anda juga ingin membaca cara menghitung luas tanah silahkan.

Source Article:
cara menghitung persen di ecel,cara menghitung persen di excel,contoh cara menghitung persentase nilai dalam exel,contoh perhitungan persen di excel,rumusan persentase yg baik,runus mencari nilai persen dalam diagran libgkaran di axcel

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghitung Persentase di Excel dan Contoh Soal

Ads336x280