5 Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Advertisement
Menghitung indeks massa tubuh (IMT) - Pembahasan mengenai berat badan merupakan hal yang sangat sensitif bagi kaum adam dan hawa. Yang gendut kepingin kurus begitu pula sebaliknya  yang kurus berkeinginan untuk gendut. Banyak cara dilakukan oleh wanita untuk menghitung berat badan seperti setiap pagi mengunjungi timbangan untuk menimbang berat badan. Sebenarnya anda tidak terlalu susah dan gundah jika berat badan yang gendut maupun kurus, tetapi yang menjadi tolak ukur menilai suatu kesehatan berat badan ialah dengan cara menghitung IMT (indeks massa tubuh).

Apa sih guna IMT ? Indeks massa tubuh berguna untuk menilai dan menyseuaikan berat badan. Banyak orang yang menggunakan metode ini untuk menyesuaikan berat badan tetapi ini bukanlah cara yang akurat untuk mengetahui jumlah lemak di dalam tubuh anda. Mengukur berat badan ideal menggunakan metode ini ialah cara yang paling murah dan mudah bagi kaum milinial sekarang.

Untuk mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT) bisa digunakan beberapa cara, satu hal yang harus diperhatikan sebelum menghitung IMT, anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa jumlah berat badan dan tinggi badan.

1. Mengukur Menggunakan Pengukuran Metrik

Pertama, yang harus anda lakukan ketika menghitung IMT anda harus terlebih dahulu mengukur tinggi badan. Ukur tinggi badan dalam meter dan kuadratkan angkanya. Kemudian jika sudah mengetahui jumlah tinggi badan, kalikan jumlah tinggi badan dengan jumlah tinggi badan, dalam kata lain kuadratkan jumlah tinggi badan anda.

Contoh: Jika tinggi Anda 1,89 meter, Anda harus mengalikan 1,89 dengan 1,89 dan mendapatkan hasil sekitar 3,57.

Jika tahap pertama sudah anda lakukan maka silahkan lanjut ke tahap yang kedua.

Kedua, bagilah berat badan dalam kilogram dengan meter kuadrat. Hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah membagikan berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

Contoh: Jika anda memiliki berat badan 70 kilogram dan tinggi badan dalam meter kuadrat adalah 3,57, Anda harus membagi 70 dengan 3,57 untuk mendapatkan jawaban 19,6 sebagai IMT Anda.

Ketiga, gunakan persamaan yang lebih panjang jika tinggi badan dalam sentimeter. Jika anda mengetahui jumlah tinggi badan dalam ukuran centimeter, itu tidak menjadi masalah tapi harus disesuaikan menggunakan persamaan yang agak berbeda. Persamaannya adalah berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam sentimeter, kemudian dibagi lagi dengan tinggi badan dalam sentimeter, lalu dikalikan dengan 10.000.

Contoh: Jika diketahui berat badan anda 60 kg dan memiliki tinggi badan 152 Cm. Caranya, Bagikan 60 dengan 152, dengan 152 (60 / 152 / 152) untuk mendapat jawaban 0,002596. Kalikan angka ini dengan 10.000 dan Anda mendapatkan 25,96 atau kira-kira 30. Jadi, IMT orang ini adalah 30.

2. Menghitung Menggunakan Pengukuran Imperial

Pertama, anda harus mengkuadratkan tinggi badan dalam inci. cara mengkuadratkan tinggi badan cukup mudah anda hanya kalikan saja tinggi badan dengan angka yang sama. 

Contoh: jika tinggi Anda 75 inci, kalikan 75 dengan 75. Jawaban dari contoh ini adalah 5625.

Kedua, bagikan berat badan dengan tinggi badan. langkan yang kedua adalah membagiakan berat badan dengan tinggi badan kuadrat. 

Contoh: Jika anda memiliki berat badan 180 pound, bagilah 180 dengan 5.625 (berasal dari 75 dikuadratkan pada cara pertama). Anda akan mendapatkan angka 0,032 sebagai jawabannya.

Ketiga, Kalikan jawaban tersebut dengan angka 703. untuk mendapatkan imt kalikan jawaban pada langkah kedua dengan angka 703. 

Contoh: jawaban pada langkah kedua dikalikan dengan angka 703. 0,032 dikalikan dengan 703, maka hasil IMT yang didapatkan adalah 22,496.

3. Menghitung Menggunakan Faktor Konversi Metrik


Pertama, kalikan tinggi badan dalam inci dengan angka 0,025. Angka 0,025 digunakan untuk mengkonversi ukuran angka dalam bentuk inci ke dalam ukuran meter.

Contoh: Jika anda memiliki tinggi badan 70 inchi maka dengan mengalikan angka 70 dengan 0,025 menghasilkan angka 1,75 Meter.

Kedua, kuadratkan angka yang didapatkan sebelumnya pada langkah pertama dengan angka yang sama. Contoh: jika angka terakhir adalah 1,75 , kalikan 1,75 dengan 1,75. maka jawaban yang kalian dapatkan adalah , jawabannya adalah 3,0625

Ketiga, Kalikan berat badan dalam pound dengan 0,45. Angka 0,45 digunakan untuk mengubah angka dalam ukuran pound ke dalam ukuran kilogram. Ini akan mengonversi berat badan ke dalam metrik yang setara. Contoh: jika berat badan Anda 160 pound, maka berat badan dalam kilogram adalah72.

Keempat, bagilah angka yang besar dengan angka yang kecil. Angka yang anda dapatkan dari jumlah berat badan dibagiakan dengan jumlah angka tinggi badan kuadrat.Contohnya, 67,5 harus dibagi dengan 2,25. Jawabannya adalah IMT Anda, dan dalam contoh ini berarti 30.

4. Menghitung IMT menggunakan cara pada umumnya

Menghitung IMT pada umumnya menggunakan rumus jumlah berat badan dibagi dengan jumlah tinggi kuadrat. Satuan yang digunakan untuk mengukur IMT adalah Kg untuk berat dan Meter untuk tinggi. Berikut ini rumus menghitung IMT Indeks Massa Tubuh).
Cara Menghitung IMT
Cara Menghitung IMT
Dari tabel di atas kita dapat mengamati bahwa berapa jumlah berat badan ideal nilai IMT 18,5 hingga 24,9. Jika berada dibawah angka 18.5 maka dianggap kurang bergizi sedangkan jika melebihi angka 24.9 maka sudah pasti mengalami obesitas.

5. Contoh Perhitungan Berat Badan Ideal dengan IMT

Misalkan diketahui tinggi seseorang adalah 1,78 Meter, dan memiliki berat badan 73 Kg. Maka untuk menghitung IMT dengan study case di atas kita dapat menggunakan rumus perhitungan seperti berikut ini:
Berat Badan = 67 kg;
Tinggi Badan = 178 cm = 1,78 m;
IMT = Berat Badan / (Tinggi Badan x Tinggi Badan) = 67 / (1,78 x 1,78)
IMT = 21,14

Setelah memasukkan nilai berat badan dan tinggi badan ke dalam rumus maka IMT yang kita dapatkan adalah IMT = 21,14. Dengan demikian kita bisa menyimpulkan bahwa orang tersebut memiliki berat badan ideal karena nilai IMTnya berada di antara 18,5 dan 24,9.

Perhitungan IMT hanya bisa dilakukan pada orang yang memiliki usia kurang dari 60 tahun. Menggunakan perhitungan indeks massa tubuh juga tidak bisa digunakan untuk menghitung IMT orang yang memiliki penyakit kronis, anak-anak, ibu hamil, ibu yang menyusui, dan juga atlet.

Mengapa Menjaga Berat Badan Ideal Itu Penting?

ada yang bertanya seperti judul di atas, sebenarnya kita hidup ini harus memiliki tubuh yang fit dan sehat dan terhindar dari segala penyakit. Oleh karena itu kita harus menjaga indeks massa tubuh kita. Selain itu ada faktor lain yaitu seseorang yang memiliki IMT yang bagus akan memiliki bentuk badan yang lebih bagus dibandingkan orang yang terlalu kurus maupun dengan orang yang terlalu gendut.

Kalkulator Mencari IMT

Di internet banyak sekali orang memberikan jasa kalkulator mencari IMT gratis. jika anda masih merasa bingung untuk mencari IMT secara manual bisa menggunakan aplikasi kalkulator menghitung IMT yang dapat di download di Play Store. Klik DISINI

Demikian pembahasan mengenai cara menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh) secara manual. Semoga bermanfaat.

Source Article:
rumus imt, cara menghitung IMT,Menghitung IMT, indeks massa tubuh,contoh IMT, cara menghitung indeks masa tubuh,imt normal, cara menghitung indeks massa tubuh anak,rumusbimt, cara mengukur indeks masa tubuh

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Cara Menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh)

Ads336x280