Cara Menghilangkan Jamur pada Baju dan Lemari Pakaian

Advertisement
Jamur atau fungi adalah tanaman mikrotik tanpa krorofil yang sangat senang tumbuh di tempat yang lembab. Jamur akan menjadi tamu tanpa di undang dan akan menetap di lemari yang lembab karena sebagai pondasi untuk berkembang biak.

Pakaian yang lama tak di pakai dan di simpan di lemari akan menjadi tempat faforit. Baju, jaket, celana dan pakaian yang terbuat dari organik menjadi sumber makanan dari jamur. Jamur tidak bisa hilang total jika hanya membersihkannya mengunakan air biasa.

Saat musim hujan, pakaian dalam lemari menjadi sangat lembab, pada saat ini lah jamur berkembang biak dengan pesat. Biasanya jamur  tidak tumbuh di dalam lemari pemukaan luar, sebab pemukaan luar sudah di lapisi dengan thinner dan cat. Semua lemari yang berbahan kayu, juga termasuk serbuk kayu ( contoh olympic) Yang bisa menjadi habitat jamur.

Jika jamur sudah tumbuk berakar di pakaian, akan sangat susah untuk dihilangkan. jamur yang hinggap di pakaian anda ditandai dengan bintik bintik hitam atau ke abu abuan bewarna yang lama kelamaan bisa menjadi bau apek. disarankan untuk segera untuk membersihkan baju sebelum hama jamur berkembang biak yang membuat anda gatal gatal ketika memakainya. diperlukan perhatian khusus untuk menghilangkan jamur di pakaian dengan memanfaatkan bahan bahan yang ada di sekitar rumah kita.
Cara Menghilangkan Jamur pada Baju dan Lemari Pakaian

Jamur akan sulit di bersihkan jika sudah tumbuh mengakar di pakaian. Oleh karena itu jika sudah tumbuh bintik berwarna hitam atau ke abu-abu an pada baju yang berwarna dan kelama lamaan akan bauk apek, maka segeralah atasi untuk membasmi jamur.

1. SKJ ( sikat, kucek, jemur )
Ini adalah cara tradisional dan mudah untuk membasmi jamur pada pakaian. Caranya adalah :

• Ambil pakaian berjamur, lalu gosok dengan sikat baju ( sikat berlahan lahan agak benar baju tidak rusak ). NOTE : lakukan di luar rumah supaya spora jamur tidak menyebar di dalam rumah dan tumbuh kembali.
• Rendam mengunakan air dingin 5 menit, kemudian cuci mengunakan air panas dan detergen. Air dingin guna untuk mencegah agar tidak terlalu panas ketika mencuci pakaian dan air panas guna untuk membunuh jamur yang tersisa.
•Jemur pakaian di bawah terik matahari. Karena cahaya utra violet dapat membantu membasmi jamur di pakaian.

2. cuka
Cuka adalah sebuah cara untuk membasmi bintik jamur dan bauk apek pakaian. Keasaman cuka juga sudah terbukti untuk membasmi jamur.
Caranya pun cukup mudah :

•Masukan pakaian yang berjamur ke dalam wadah ( contoh: ember ) lalu. Rendam menggunakan air biasa.
• Masukan 2 cangkir cuka kedalamnya. Dan diamkan selama 1 jam.
• Kemudian cuci, kucek, bilas dan jemur di terik matahari.

Jika mengunakan mesin cuci, cukup tambahkan cuka saat mencuci pakaian.
Lakukan beberapa kali. Biasanya cukup 2 sampai 3 x  sudah cukup untuk membersihkan jamur secara total.

3. borax
Borax adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak dan gendar. Sinonimnya natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat.

Dan kali, kita mengunakan borax untuk membersihkan pakaian karena mengandung garam yang sangat efektif untuk membasmi jamur.  Caranya adalah:

• rendam baju dalam wadah ( ex: ember)
• masukan ½ cangkir borax kedalam air panas
• campurkan larutan tersebut ke dalam baju yang di rendam selama 1 jam.
• kemudian cuci bilas seperti biasa.

Itu adalah cara atau tips untuk menghilangkan jamur pada pakaian.

Nah, bagaimana hal nya dengan cara mengatasi jamur pada lemari? Bukankah sangat merepotkan jika lemari kesayangan terhiasi dengan jamur jamur yang tak di undang itu?!.
Khususnya lemari lemari yang terbuat dari serpihan kayu dan permukaannya paksa kertas. Nah, kertas itu merupakan tempat yang nyaman untuk jamur berkembang biak. Parahnya lagi, jamur ini terus berdatangan walau telah kita bersihkan berkali kali.

Ini membuat kita jengkel, bila beberapa waktu saja luput dari perhatian. Maka jamur akan menjalar menuju pakaian pakaian yang akan membuat lemari dan se isinya bauk.

Banyak penyebab lemari berjamur. Dan salah satu nya adalah faktor kurang nya sinar matahari yang masuk ketempat tersebut.

Dan lebih kesel nya lagi, jamur ini tak hanya tumbuh di lemari saja. Jamur akan mengeluarkan spora dan menerbangkanya ke TV, buffet, rak dan lain lain sebagainya yang dapat tumbuh di tempat tersebut.

Oleh karena itu, cara efektif membasmi jamur di lemari adalah :

1. Oleskan alkohol pada lemari
Alkohol yang sering di salah artikan sebagai hal yang negatif, tetapi alkohol ini dapat juga di gunakan sebagai alat alternatif untuk membunuh jamur di lemari.
Caranya adalah:
•celupkan alkohol di kain kering dengan kadar 70% - 80%.
•lalu usap bagian dinding lemari yang berjamur sampai hilang
• tambahkan pewangi atau kamper untuk menghilangkan bauk apek jamur di lemari.

3. melapisi lemari yang berjamur dengan plastik dan koran
Cara ini hanya dengan melapisi setiap dinding lemari dengan plastik atau koran. Dan sangat efektif juga jika di oleskan alkohol terlebih dahulu sebelum di lapisi plastik atau koran, karena dapat membantu membasminya.

4. Melapisi lemari yang berjamur dengan pelamin atau pernis
Pernis atau melamin adalah finishing yang biasa dilakukan pada kayu atau permukaan lainnya. Kegunannya untuk mengkilapkan dan mengeraskan elemen kayu.

Pernis dan melamin mudah di belik di toko bangunan terdekat. Untuk cara gunakannya adalah:
1. Menyemprotkan di seluruh dinding lemari. Atau,
2. Menyemprotkan di seluruh dinding lemari.

Nah selain menghilangkan jamur, pernis atau melamin ini juga dapat mempercantikan kembali lemari.


5. Memasang Air Conditioner
Memasang AC cukup eksklusif. Selain untuk membuat nyaman dan mengatur suhu ruangan, AC juga sangat mampu untuk mengatasi dan menghilangkan jamur di lemari. Karena kadar suhu di ruangan bisa di tentukan.

6. Gunakan cahaya dari lampu neon
Ruangan yang lembab memang biasanya dari terhambat akan siklus udara. Hal ini menyebabkan pertumbuhan jamur sangat pesat.

Nah, cahaya lampu neon ini sangat membantu untuk membasmi dan mengatasi akan berkembangnya jamur di ruangan.karena  lampu neon memiliki cahaya Ultra Violet yang bermamfaat untuk mengusir jamur.

Setelah mepraktekan cara membasmi jamur di lemari dan membersikan jamur di pakaian. Maka alangkah baik nya jika dapat mengatasi jamur masuk ke lemari atau ruangan.
Maka cara mengatasi jamur masuk ke ruangan atau lemari adalah :

• Membuka lemari pakaian secara teratur setiap hari
• Letakan kapur baru di sudut sudut lemari
• Letakan alas di bawah lemari. Karena udara lembab dari bawah jangan sampai naik ke lemari
• Jangan mengantungkan pakaian terlalu rapat yang dapat menyebabkan terganggu siklus udara di dalam lemari
• usahakan lemari berada di tempat yang dapat cahaya .


Nah itu aja pembahasan mengenai Cara Menghilangkan Jamur pada Baju dan Lemari Pakaian dari kami. Semoga bermamfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghilangkan Jamur pada Baju dan Lemari Pakaian