Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Sendiri

Advertisement
Dengan membuatnya sebuah pakan sendiri merupakan hal yang menyulitkan bagi peternakan. Namun di balik sulitnya membuat racikan pakan lele sendiri membuat lele cepat panen dan bahkan lele cepet berkembang .

Karena mahalanya pakan saat ini yang melonjak sangat lah sehingga pakan ternak pun semangkin terancam karena faktor biaya pakan . Maka dari itu, para peternak ikan lele membarani kan diri membuat pakan dengan menambahkan dedak bekatul yang tinggi kaya serat . Ternyata mampu membuat ternak ikan lele semangkin cepat berkembang.
Cara Membuat Pakan Lele

Semua orang mengharapkan panen lele yang besar dan ekonomis. Seperti kita ketahui makin hari harga pakan pabrikan makin mahal. Padahal pakan adalah salah satu penentu kesuksesan budidaya lele. Pakan lele alternatif dari dedak diharapkan bisa membantu menghemat biaya pemeliharaan sehari-hari.

Dedak merupakan hasil samping dari proses penggilingan padi yang terdiri dari lapisan luar butiran beras (perikarp dan tegmen) serta sejumlah lembaga beras.

Dedak lele bisa kita dapatkan dari pakan ternak atau tempat gilingan beras. Dedak ini sendiri lebih terkenal sebagai makanan unggas seperti ayam, itik dan bebek.

Kebanyakan petani mencampurkan dedak dengan pelet ikan lele yang tinggi protein, hasilnya positif dimana lele cepat besar dan sehat. Tidak kalah dengan produk pabrikan, meskipun dari harga lebih murah.

Cara cara meracik pakan lele alternatif  dari dedak adalah :

  1. Siapkan Dedak sekitar 5 kg
  2. Pelet dengan protein di atas 20% sekitar 2.5 kg
  3. Berikan Garam 5 sdm atau ikan asin seperempat kiloMinyak sayur setengah gelas, untuk memberikan aroma pada pakan
  4. Tambahkan Air 5 liter untuk mencampurkan semua bahan
  5. Kemudia Masukkan dedak, pelet dan garam ke dalam wadah yang cukup besar. Jika hanya memiliki panci kecil maka tinggal mengurangi jumlah takaran dengan perbandingan di atas.
  6. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil mengaduk
  7. Rebus hingga adonan berubah warna menjadi coklat tua dan mulai beraroma.
  8. Diamkan sekitar 1 jam, setelah itu tambahkan minyak sayur ke dalam adonan. Aduk-aduk hingga rata.
  9. Selanjutnya didiamkan lagi selama satu malam, sebaiknya ditaruh di tempat yang memiliki lubang-lubang kecil seperti besek, wakul ataupun tampah dari bambu.
  10. Kepal-kepalkan pakan ikan lalu masukkan ke dalam kolam. Dengan aroma yang sedikit amis asin maka lele akan lembut.
  11. Berikan makanan ini minimal 2x sehari, waktu terbaik adalah ketika malam hari.
  12. Untuk mendapatkan aroma yang lebih kuat maka tiap kali ingin memberian makan bisa disemprotkan minyak sayur terlebih dahulu.

Demikian pejelasan mengenai cara membuat pakan lele dari dedak yang mudah diproduksi di rumah. semoga bermanfaat. Pakan ini cocok untuk di produksi untuk kalian yang suka cara budidaya lele di kolam terpal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak Sendiri