Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara Mengusir & Menangkap Tokek di Rumah

Reptil yang sering hinggap di dinding ini kadangkala sering mengganggu tidur kita dengan suara besarnya yang khas. binatang ini sering muncul ketika malam hari di rumahan. Orang biasanya mengusir binatang ini dengan berbagai macam cara namun ada juga yang menangkap tokek untuk dijual. Pastinya anda bertanya bagaimana cara mengusir tokek di rumah? atau bagaimana cara menangkap tokek ? dengan harga yang tinggi kebanyakan orang ingin menangkap dan menjual tokek. Kenapa harganya bisa melambung tinggi?

Katanya bagian tubuh tokek yaitu lidah tokek mengandung senyawa yang dapat mengobati sakit HIV Aids. sebab inilah yang membuat harga tokek melambung tinggi yang bisa dibilang sungguh tidak masuk akal. Pihak WHO organisasi kesehatan dunia tidak pernah mengkonfirmasi terkait dengan pernyataan ini secara resmi. Namun beda halnya dengan masyarakat indonesia yang mempercayai tokek sebagai obat gatal gatal. Tokek dikonsumsi untuk menghilangkan penyakit gatal.
Cara Mengusir & Menangkap Tokek di Rumah

Tokek akan lebih sering bermain dan hinggap di dinding dan di atas atap rumah. Dengan demikian dipastikan akan sangat sulit untuk menangkap atau mengusir reptil yang satu ini. Jika tokek banyak bermain di rumah tentunya kotoran dan jejak tokek pastinya akan mengotori rumah anda.

Cara mengusir Tokek di Rumah

Tokek sering keluar di malam hari. Biasanya dia akan bermain di dinding kamar mandi, kamar tidur, di belakang rumah, di belakang lemari, maupun di atap rumah. Bagi kalian yang merasa resah dengan banyaknya kehadiran tokek pastinya kalian mencari cara mengusir tokek di rumah tanpa menyakiti tokek. Cara ini sebenarnya simple dengan menggunakan berbagai macam bahan yang berada di sekitar kita.

Menyebarkan bau menyengat
Cara mengusir tokek di rumah adalah dengan menyebarkan bau menyengat di sekitaran tempat tokek biasa bermain dan hinggap. bahan yang digunakan untuk mengusir tokek dengan bau yang menyengat ialah bawang putih, Tembakau, merica, dan bawah merah. lakukan cara ini secara rutin maka tokek biasanya akan hilang.

Cangkang telur ayam
Cangkang telur ayam biasanya akan sangat mudah untuk mengusir tokek di rumah. Letakkan cangkang telur ayam yang sudah di ambil isinya di tempat tokek sering bermain seperti di belakang lemari, di atas atap dan sebagainya.

Menggantung Bulu Merak
Bulu merak sangat efektif untuk menakuti si tokek. Gambar mata yang ada pada bulu merak mampu menakuti si tokek sehingga membuat si tokek berpindah tenpat ke tempat yang lain.

Melempari Tokek
Lempari saja tokek yang hinggap di dinding. biasanya orang akan mengambil langkah yang paling simpel untuk mengusir tokek yaitu dengan cara melempari dengan karet gelang. butuh ketepatan dan kecerdasan supaya karet gelang yang ditembakkan tepat sasaran. Anda juga bisa menggunakan benda lainnya untuk mengusir tokek namun jangan menggunakan benda yang dapat mengotori dan merusak dinding.

Cara Menangkap Tokek di Rumah

Anda perlu hati hati menangkap tokek. Jika anda berniat untuk menjual tokek tersebut, jangan sampai si tokek terluka apalagi sampai putus ekornya. Tentunya ini merupakan bagian yang tersulit karena tokek merupakan hewan yang liar yang susah untuk dipegang oleh manusia. Jangan sampai tangan anda ikut tergigit ketika menangkap tokek karena akan sangat susah sekali untuk dilepaskan. cara menangkap tokek di rumah yang aman anda harus menggunakan sarung tangan yang tebal agar terhindar dari gigitan tokek.

Gunakan perangkap tikus
Tokek bisa di tangkap dengan perangkap tikus. Cara mengangkap tokek di rumah ini sangat efektif dan mudah. anda hanya perlu membeli perangkap tikus kemudian masukkan makanan tokek ke dalamnya seperti serangga, kecoa, atau jangkrik. Tempatkan perangkap ini di tempat tokek biasanya bermain dan anda hanya tinggal menunggu tokek terperangkap jeruji besi anda.

Jebakan Bambu Tokek
Tokek senang bersembunyi di tempat yang gelap dan aman. Ambillah beberapa potong bambu berukuran 2 meter. buka salah satu ujung dan tutup di ujung yang lainnya. Letakkan bambu di tempat tokek biasa bersembunyi seperti di belakang lemari, biarkan bambu tersebut selama beberapa hari dengan harapan tokek akan masuk ke dalam bambu. Setelah seminggu lamanya ambillah bambu ketika siang hari apabila ada tokek yang sedang tidur maka segera tangkap dan masukkan ke dalam kandang.

Menangkap Langsung Tokek
Butuh mental dan keberanian dari penangakap tokek untuk cara mengakap tokek yang satu ini. Pasangkan ujung tali senar pada bambu panjang dan buat simpul hidup di ujung senar satunya. dekatkan secara perlahan lahan lubang simpul ke leher tokek. ketika tokek sudah terikat dengan tali langsung tangkap tokek menggunakan tangan yang sudah di pakai sarung tangan. Kemudian masukkan tokek ke dalam kandang.

Menggunakan Lem Tikus
Lem tikus Juga bisa digunakan untuk menangkap tokek di rumah. Oleskan lem tikus ke permukaan papan yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian letakkan papan tadi di tempat tokek sering muncul dan jika sudah tertempel tokek tidak bisa bergerak. Lem tikus dapat di beli di toko terdekat.

demikian penjelasan mengenai cara mengusir & menangkap tokek di rumah paling efektif yang dapat dilakukan di rumah secara mudah. sebagian orang terkadang membiarkan saja tokek berkeliaran di sekitar rumah mereka karena tokek merupakan pemakan serangga dapat menurunkan populasi nyamuk dan lalat di rumah anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+