Cara Menghitung Jangka Sorong dan Contoh Soal Bergambar

Advertisement
Cara membaca jangka sorong - Hallo sahabat jeumala.com kali ini kami akan membahas tentang mata pelajaran waktu SMA nih, yak kita akan membahas bagaimana sih cara menghitung jangka sorong yang benar? tentunya kalian sudah mempelajarinya sekilas ketika di kelas. namun kalau masih lupa juga kita akan kupas tuntas bagaimana cara menghitung jangka sorong dengan mudah.

Sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu apa sih pengertian jangka sorong nih teman teman. Jangka sorong merupakan alat ukur yang memiliki tingkat ketelitian hingga seperseratus milimiter. Menggunakan salah satu alat ukur dari besaran  pokok panjang yang satu ini teman teman bisa tau  ukuran suatu benda secara pasti. Biasanya nih teman, jangka sorong ini banyak di pakai oleh orang yang berprofesi sebagai mekanik atau teknisi.

Setelah kita membahas tentang pengertian jangka sorong kita akan membahas bagaimana sih bentuk jangka sorong? sebenarnya sih teman teman jangka sorong itu memiliki bentuk hampir mirip dengan kunci inggris, dengan rahangnya yang dapat di geser geser sesuai dengan panjang suatu benda. ketelitian jangka sorong itu mencapai 0,1 mm loh teman. kebayang gak sih bagaimana bentuk jangka sorong itu? nah berikut ini gambar sekilas bentuk jangka sorong.

Cara Menghitung Jangka Sorong
Bentuk Jangka Sorong

Nah uda pada paham kan bagaimana bentuk jangka sorong? kalau teman teman mau lihat bentuk asli jangka sorong kami sarankan untuk minta tolong ke ibu gurunya untuk menampakkan jangka sorong yang asli yak. biasanya sih jangka sorong di simpan di dalam laboratorium fisika dan kimia. tapi kalau sekolah kalian tidak ada laboratoriumnya mungkin bisa saja jangka sorongnya di simpan di daam kantor kan. gak papa lah sekali kali minta di lihatin sekalian belajar cara menghitung jangka sorong yang benar.

Kemudian kita akan membahas apa sih fungsi jangka sorong? sebenarnya untuk informasi fungsi jangka sorong akan kami bahas pada laman selanjutnya tapi terpaksa di bahas fungsi jangka sorong di laman ini. :) kalian pasti penasaran kan fungsi jangka sorong? nah ada beberapa fungsi jangka sorong:

1. Jangka sorong digunakan untuk mengukur panjang suatu benda dengan tingkat ketelitian 0,1 mm menggunakan rahang tetap dan rahang geser bawah. teliti banget kan temen temen. tapi ada yang lebih teliti lagi nih cara menghitung mikrometer sekrup dengan tingkat ketelitian sampai 0,01 mm. silahkan di cek artikelnya deh.

2. Fungsi jangka sorong selanjutnya ialah digunakan untuk menghitung ketebalan cincin maupun pipa dan lainnya juga menggunakan rahang tetap dan rahang geser bawah.

3. kemudian bagian tungkai ukur bagian bawah digunakan untuk mengukur kedalaman seperti kedalaman tabung, lubang kecul, atau perbedaan tinggi yang kecil.

Pasti kalain penasaran kan yang mana sih rahang tetap dan rahang geser bawah kemudian tungkai ukur bawah yang mana sih? nah berikut ini gambar jangkar sorong beserta penjelasannya. gambar ini bisa menjadi panduan teman teman sekalian untuk cara menghitung jangka sorong dengan mudah.
Cara Menghitung Jangka Sorong
Gambar Jangka Sorong Beserta Penjelasannya

Nah, Sekarang baru kita akan masuk ke pembahasan inti dari artikel ini bagaimana cara menghitung jangka sorong dengan mudah dan benar. Sebelumnya kalau ada hal yang ingin di tanyakan tentang penjelasan di atas yang  kurang di mengerti silahkan kontak kami yak.

Cara Menghitung Jangka Sorong yang benar

Sebelum menggunakan jangka sorong ada beberapa hal yang harus diperhatikan ni teman teman. Tatacara bagaimana kita menggunakan jangka sorong.

1. Ketika pertama memegang jangka sorong teman teman dianjurkan untuk mengendurkan terlebih dahulu baut pengunci kemudian geser rahang geser untuk mengetahui apakah rahang geser dapat bekerja dengan baik atau tidak.
2. Disarankan untuk membersihkan terlebih dahulu permukaan benda dan permukaan rahang supaya tidak ada yang menempel di sela pengukur supaya nantinya tidak terjadi kesalahan pengukuran.
3. Pastikan rahang geser menutup rapat dengan benda sampai mengapit benda yang di ukur. kemudian kalian bisa membaca skalanya.

Nah setelah membahas tata cara penggunaan jangka sorong kita akan membahas bagaimana jika jangka sorong dipakai untuk mengukur diameter. nah berikut penjelasan dari kami.

Untuk mengukur diameter menggunakan jangka sorong kalian harus sangat berhati hati yak supaya tidak terjadi kesalahan pengukuran. mengukur diameter suatu benda menggunakan jangka sorong cukup dengan merapatkan rahang atas lalu ditempatkan benda yang ingin di ukur diameternya. tarik rahang geser sampai menempel erat ke benda yang di ukur diameternya dan pastikan dinding bagian dalam benda tegak lurus dengan skala.

Menggunakan jangkan sorong untuk mengukur kedalaman. cara mengukur kedalaman menggunakan jangka sorong sebenarnya sangat mudah sih teman teman hanya menempatkan benda yang ingin diukur kedalamannya pada tangkai ukur. Taring rahang geser sampai dengan menyentuk permukaan dalam ke dasar lubang. pastikan benda yang di ukur kedalamannya tidak bergeser geser atau bergerak supaya hasil yang diperoleh lebih akurat.

Cara membaca jangka sorong

Sekarang kita sudah sampai pada tahap bagaimana cara membaca jangka sorong yang benar. kami akan menawarkan beberapa tips membaca jangka sorong supaya hasil lebih akurat dan terjamin. Berikut Tipsnya

1. Perhatikan skala utama jangka sorong, lihat nilai yang terukur lurus dengan angka nol di skala nonius. Bisa menunjukkan posisi berhimpit dengan garis skala utama bisa juga tidak. Jika tidak, gunakan nilai skala utama yang terdekat di kirinya. Di tahap ini anda akan mendapatkan ketelitian sampai 1 mm
2. Perhatiakan skala Nonius, carilah angka di skala nonius yang berhimpit dengan garis di skala utama. Pengukuran ini mempunyai ketelitian hingga 0,1 mm
3. Jumlahkan kedua skala tersebut yaitu skala utama ditambah skala nonius. Contoh kasus skala utamanya 4,7 cm dan skala noniusnya 0,4 mm maka hasilnya adalah 4,74 cm (4,7 cm + 0,4 mm = 4,74 cm)

Contoh Soal Jangka Sorong

Mari kita berlatih cara menghitung jangka sorong menggunakan contoh soal yang manarik.

Soal No 1
Gambar di bawah ini menunjukkan pengukuran lebar balok menggunakan jangka sorong. berapakah lebar balok sebenarnya jika di lihat berdasarkan gambar?
Cara Menghitung Jangka Sorong

A. 1,39 Cm
B. 1,58 Cm
C. 1,89 Cm
D. 1,98 Cm
E. 1,45 Cm


Penyelesaian:
Garis di sebelah atas merupakan skala utama dan garis sebelah bawah merupakan skala nonius atau skala tambahan. Jangka sorong menggunakan satuan Cm yaitu jarak antara garis pada skala utama = 1 Cm. Cara menghitungnya = Skala Utama + Skala Nonius.

Angka 0 dari skala nonius berada diantara 1,9 dan 2 dikarenakan skala utama adalah 1,9. Garis pada skala nonius yang berhimpit dengan garis dengan garis pada skala utama adalah garis ke 8 karena skala nonius = 8 x 0,1 cm = 0,08 Cm.

(0,01 cm = 0,1 mm merupakan batas ketelitian dari jangka sorong)

Jadi hasil pengukuran jangka sorong adalah 1,9 cm + 0,08 cm = 1,98 cm.
jawaban yang benar adalah D

Soal No 2
Cara Menghitung Jangka Sorong
Gambar di atas merupakan hasil pengukuran ketebalan buku biologi menggunakan jangka sorong. Berapa skala yang teman teman lihat?
A. 3,44 cm
B. 2,12 cm
C. 3,34 cm
D. 2,76 cm
E. 3,89 cm

Pembahasan :
Hasil ukur = skala utama + skala nonius = 2,70 cm + 0,06 cm = 2,76 cm

Jawaban : D

Demikian pembahasan mengenai cara menghitung jangka sorong dan contoh soal bergambar secara rinci di atas. jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana menggunakan jangka sorong yang benar bisa tanyakan langsung saja ke guru teman teman supaya dijelaskan lebih rinci.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghitung Jangka Sorong dan Contoh Soal Bergambar

Ads336x280