Cara Menghitung Diagram Lingkaran dan Contoh Soal

Advertisement
Rumus diagram lingkaran - hai teman teman pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung diagram lingkaran yang dulunya pernah kita pelajari di bangku sekolah SMP dan juga SMA. Sebagian orang menganggap untuk menghitung diagram lingkar itu sangat sulit, tapi sebenarnya untuk melakukan hal itu sangat mudah jika teman teman mengetahui tips dan rumus dengan benar. kalau teman teman nantinya kurang paham, kami akan memberikan contoh soal supaya teman teman bisa memahami lebih dalam tentang bagaimana Cara menghitung diagram lingkaran.

sebelum kita membahas lebih lanjut ke pembahasan inti kita, lebih baiknya kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih pengertian diagram lingkar itu? nah.. Diagram lingkar adalah diagram yang menunjukkan sebuah data ataupun hasil angka dalam bentuk lingkaran, ada beberapa jenis diagram sesuai kebutuhannya seperti diagram batang, diagram baris dan diagram yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu diagram lingkar. Sebenarnya orang orang menggunakan diagram lingkar untuk menunjukkan berapa persentase dari sebuah data yang akan ditampilkan atau yang ingin di presentasikan. Pada soal soal matematika sering di buat untuk mengetahui berapa sih perbandingan dari total jumlah yang diketahui pada soal.

Dibawah ini merupakan kutipan gambar yang kami ambil dari soal matematika dimana terdapat data nilai dan jumlah siswa yang kemudian di bentuk menjadi diagram lingkar dalam bentuk persen.
Cara Menghitung Diagram Lingkaran
Berikut ini contoh perhitungan diagram lingkaran
Pada gambar di atas merupakan data yang terbagi ke dalam beberapa bidang yaitu bidang A, B, C dan D. dari beberapa data di atas terdapat batasan batasan yang merupakan pembeda dari data antar Bidang. Untuk mengetahui jumlah total persentase dari setiap bidang kita harus mengetahui terlebih dahulu data dari beberapa bidang supaya data bidang yang lain dapat kita hitung. Kemungkinan jenis soa yang akan muncul mengenai cara menghitung diagram lingkaran diantaranya:

1. Diagram lingkaran biasa (dalam bentuk angka)
2. Diagram lingkaran dalam bentuk derajat (°)
3. Diagram lingkaran dalam bentuk persen (%)

Oke teman teman setelah mengetahui bagaimana sih bentuk diagram lingkar dan juga kemungkinan soal yang akan keluar pada soal diagram lingkar selanjutnya kita akan membahas mengenai rumus diagram lingkar ayo di simak dengan baik ya teman teman.

Rumus Diagram Lingkaran

Sebelum menghitung rumus diagram lingkar, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis diagram lingkar apa yang digunakan kemudian baru kita bisa mencari nilai pada diagram lingkaran tersebut. oleh karena itu disini kami jeumala.com akan membahas, mengupas sampai tuntas bagaimana cara menghitung diagram lingkaran sehingga teman teman bisa menjawab segala pertanyaan mengenai soal diagram lingkar.

Menghitung rumus diagram lingkar biasa
Pada kasus ini kita akan membahas menghitung rumus diagram lingkar biasa diamana soal yang diketahui merupakan angka angka yang kemudian bisa kita ketahui berapa sih persentase dari diagram lingkar tersebut. Berikut ini rumusnya:

Jumlah data yang ditanyakan = total jumlah data – total data yang diketahui

Menghitung Rumus Diagram Lingkaran dalam bentuk Derajat
Teman teman, pada kasus ini kita akan bermain dengan angka derajat. data yang diketahui merupakan angka dalam bentuk derajat. untuk menghitung berapa jumlah persentase total diagram lingkaran kita harus mengetahui terlebih dahulu  jumlah derajat yang di tanyakan kemudian membaginya dengan 360°. Kemudian dikalikan dengan total jumlah nilai yang di ketahui. Nah teman teman pasti bertanya kenapa dibagi 360° kan? ya karena 360° merupakan ketetapan jumlah penuh lingkaran. Berikut ini rumus mencari diagram lingkar dalam bentuk derajat:

Nilai yang ditanyakan = (Jumlah sudut/360°) x total nilai

Menghitung Rumus Diagram Lingkaran dalam Bentuk Persen (%)
pada kasus ini kita akan bermain dengan angka berbentuk persen. nah keseringan Pertanyaan yang datanya berbentuk persen sering keluar ketika ujian tiba. jadi disarankan teman teman untuk mendalami rumus yang satu ini. untuk dapat menyelesaikan soal dalam bentuk persen kita harus terlebih dahulu mencari persentase dari data yang di tanyakan kemudian kalikan dengan total jumlah nilai setelah itu bagikan dengan 100% (total persen) jika yang di tanyakan adalah jumlah angka. berikut ini rumus bagaimana mencari diagram lingkar dalam bentuk persen:

Nilai yang ditanyakan = (persen nilai yang ditanyakan/100%) x total nilai

Cara Menghitung Diagram Lingkaran Dengan Teori Perbandingan

Teman teman Jeumala.com yang setia, pada teori ini kita akan menemukan data dalam bentuk derajat maupun dalam bentuk persen yang dibandingkan antara data bidang satu dengan yang lainnya. Teori perbandingan ini sangat membantu kita dalam menentukan jumlah nilai yang di cari jika data yang di ketahui sangat sedikit. Berikut ini kami akan mengilustrasikan bagaimana cara menghitung diagram lingkaran dalam bentuk perbandingan. Misalkan:

yang diketahui A dan B:

persen A = nilai A              atau                 derajat A = nilai A
persen B = nilai B              atau                 derajat B = nilai B

Dari data diatas dapat dilakukan perbandingan A dengan B



Untuk dapat mencari nilai, diantaranya:

nilai A = (persen A/persen B) x nilai B
nilai A = (derajat A/derajat B) x nilai B
nilai B = (persen B/persen A) x nilai A
nilai B = (derajat B/derajat A) x nilai A

Untuk mencari persen atau derajat, diantaranya:

persen A = (nilai A/nilai B) x persen B
derajat A = (nilai A/nilai B) x derajat B
persen B = (nilai B/nilai A) x persen A
derajat B = (nilai B/nilai A) x derajat A

Contoh Soal Menghitung Diagram Lingkaran

Soal No1
Perhatikanlah gambar berikut ini.
Berdasarkan diagram tersebut terdapat data seluruh siswa kelas IX. Dari hasil pengamatan terdapat 40 siswa dalam kelas tersebut. Maka berapakah siswa yang gemar berolahraga lari ?

Penyelesaian:
Banyaknya siswa yang menyukai Lari :
Lari = 100% - (Data Badminton + Data Sepak Bola + Data Basket)
       = 100% - (20% + 25% + 50% )
       = 100% - 95% = 5%
Maka jumlah siswa suka lari 5/100 x 40 = 2 anak
Jadi jumlah siswa yang menyukai olahraga lari sebanyak 2 anak.

Soal No 2
Perhatikan diagram lingkar di bawah ini.
Berdasarkan data diagram lingkar tersebut dapat diperoleh mata pencaharian desa Sukamakmur. Apabila jumlah penduduk yang berprofesi sebagai Polisi sebanyak 300 orang. Berapakah yang berprofesi sebagai buruh?

Penyelesaian:
Besar sudut polisi = 20°
Banyaknya Jumlah polisi = 300 orang

Besar sudut buruh adalah = 360° - (petani + polisi + PNS + pengangguran) = 360° - (60° + 20° + 30° + 90° = 160°

Banyaknya jumlah buruh = besar sudut buruh : besar sudut polisi x banyak polisi = 160 : 20 x 300 = 2.400 orang

Jadi, banyaknya orang yang berprofesi sebagai buruh adalah 2.400 orang.

Soal No 3
Di bawah ini merupakan dara bari siswa yang smempunyai hobi yang berbeda beda. dalam satu kelas memiliki 42 yang dibentuk ke dalam diagram lingkaran berikut. Jika banyak siswa yang mempunyai hobi yang di bentuk di dalam diagram lingkar di bawah ini, Berapakah jumlah siswa yang tidak menmpunyai hobi sama sekali?
Diketahui:
Total siswa = 42 siswa
Hobi main basket = 10 siswa
Hobi main bola = 5 siswa
Hobi main silat = 10 siswa

Pertanyaan:
Berapa jumlah siswa yang tidak memiliki hobi?

Penyelesaian:
Rumus diagram lingkaran menghitung jumlah data yang ditanyakan = total jumlah data – total data yang diketahui

Siswa yang tidak memiliki hobi = Total siswa – (Hobi main basket + Hobi main bola + Hobi main silat) = 42 siswa – (10 siswa + 5 siswa + 10 siswa) = 42 siswa – 25 siswa = 17 siswa

Jadi, siswa yang tidak memiliki hobi sama sekali adalah 17 siswa.

Baca Juga : Cara Menghitung Luas Lingkaran, Rumus dan Contoh Soal

Gimana teman teman? uda pada paham kan mengenai cara menghitung diagram lingkaran yang kami sertakan dengan contoh soal yang menarik. untuk meningkatkan lagi pengetahuan kalian disarankan untuk terus melatih menghitung soal soal lainnya yang berkaitan dengan diagram lingkaran ya. kalau ada yang tidak paham jangan segan untuk menanyakan kepada guru kalian supaya kalian dapat menguasai materi tentang diagram lingkaran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghitung Diagram Lingkaran dan Contoh Soal