Cara Mengatasi Dak Beton yang Bocor dan Rembes

Advertisement
Pernahkah kalian mendengar kata dak beton? Dak beton rumah biasanya digunakan sebagai teras di atas jendela yang berfungsi untuk melindungi jendela dari sinaran matahari dan derasnya air ketika hujan. Selain berfungsi untuk melindungi dak beton terkadang dibuat untuk meninggakan kesan yang unik, indah dan rapi.

Dak beton yang sudah berumur tentunya akan mengurangi fungsinya untuk melindungi jendela ketika hujan tiba membuat air hujan merembes ke mana mana. jika rembesan air sering terjadi lama kelamaan cat akan rusak terkelupas dan akan meninggalkan noda di bagian bawah dak beton. penampilan rumah tentunya akan rusak akibat noda bekas rembesan air hujan di dak beton. terus bagaimana cara mengatasi dak beton bocor?
Cara Mengatasi Dak Beton yang Bocor dan Rembes

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi dak beton bocor terlebih dahulu kita membahas apa yang menyebabkan dak beton bocor di rumah. hal ini saya rasa penting untuk penanganan yang lebih tepat sasaran.

Penyebab Bocor pada Dak Beton Rumah

1. Dak beton mengalami keretakan karena terjadinya perubahan suhu yang signifikan. di siang hari suhu sangat panas dan pada malam hari suhu sangat dingin. sehingga keretakan muncul pada dak beton.
2. Tidak pernah dilakukan perawatan Curing Compound (membuat genangan air di atas beton) beberapa hari setelah proses pengecoran selesai. sebenarnya jika proses ini dilakukan maka semen akan lebih merekat dan kemungkinan adanya celah retakan menjadi kecil.
3. Beton masih menyerap air gara gara lapisan kedap air kurang baik. Disaat hujan deras bisa saja dak beton mengalami kebocoran.
4. Ketebalan sebenarnya dak beton adalah 12 cm sampai 15 cm. dak beton yang tidak tebal akan membuat dak beton cepat retak dan rusak sehingga air hujan akan merembes ke mana mana.
5. Adanya pergerakan baik itu pada pondasi maupun struktur bangunan itu sendiri. hal ini bisa menyebabkan keretakan pada bangunan terutama pada dak beton.

di atas merupakan penjelasan mengenai penyebab terjadinya kebocoran pada dak beton rumah. coba amati dari beberapa penyebab di atas mana yang menjadi penyebab kerusakan dak beton di rumah anda. selanjutnya kita akan membahas mengenai cara mengatasi dan memperbaiki dak beton yang bocor dan merembes.

Cara Mengatasi Dak Beton yang Bocor

Bahan yang harus di siapkan
1. Semen dan perlengkapannya
2. Waterproof
3. Kuas
4. Sikat
5. Cat
6. Mesin pemotong keramik, ataupun alat congkel lainnya

Langkah cara menambal dak beton yang bocor
1. Cari terlebih dahulu dimana letak keretakan yang menjadi penyebab kebocoran. Caranya cukup dengan menandai rembesan air yang terjadi di bagian bawah dak dan perkirakan di mana letak keretakan pada bagian atas dak beton
2. Jika kalian menemukan sumber kebocoran yang mengalami keretakan yang besar biasanya ditandai dengan tumbuhnya lumut atau jamur. hal pertama yang harus anda lakukan adalah sikat terlebih dahulu jamur tersebut
3. Jika kebocoran tersebut mengalami keretakan yang kecil disarankan untuk membuat celah yang lebih besar supaya adonan semen nantinya lebih rekat. Buatlah lubang lebar 2 cm dari sisi retakan dengan menggunakan mesin pemotong keramik ataupun alat lainnya
4. Pastikan celah retakan bersih lalu basahi dengan air, dimaksudkan agar adonan semen baru bisa menyatu dengan semen di dak yang sudah kering
5. Masukan adonan semen ke dalam retakan, pastikan semua celah tertutupi dengan padat dan baik
6. Kuaskan waterproof merata di permukaan tambalan semen tadi
7. Berikan lapisan cat di atas waterproof agar warnanya lebih cantik
8. Tunggu semuanya kering dan selamat dak beton yang bocor di rumah anda sudah teratasi

Jika sebelumnya akibat rembesan air hujan yang meninggalkan kebocoran dan meninggalkan noda di bawah dak beton sebaiknya dibersihkan kemudian di cat menggunakan cat yang sama dengan warna di sekitarnya. Disarankan untuk mengoleskan seluruh dak beton menggunakan cat sebagai tindak pencegahan terjadinya rembesan air pada dak beton.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi dak beton yang bocor dan rembes yang bisa dilakukan sendiri di rumah atau meminta bantuan tukang untuk membantu memperbaiki dak beton yang sudah retak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Dak Beton yang Bocor dan Rembes