Cara Mengasah Gunting Kertas agar Kembali Tajam

Advertisement
Gunting ialah alat yang digunakan untuk memotong bahan yang tipis seperti kertas, kertas perak, benang, kain dan benda lainnya. Hasil potongan kertas lebih baik jika digunakan gunting daripada menggunakan pisau. Penyebabnya karena gunting memiliki 2 sisi yang tajam secara bersamaan memotong kertas atau kain sehingga hasil potongan lebih rapi dari sisi kanan maupun sisi kiri.

Bahan dan bentuk untuk pembuatan gunting berbeda beda tergantung untuk apa keperluannya seperti gunting memotong rambut, gunting sasak, gunting kuku, gunting besi, gunting rumput dan gunting kertas.

Seiring berjalan waktu lama kelamaan gunting yang sering di pakai tentunya akan terasa tumpul ketika dipakai. banyak orang langsung memasukkan benda ini ke dalam gudang karena dianggap tidak bisa digunakan lagi. Sebenarnya gunting masih bisa di asah supaya lebih tajam untuk memotong benda. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai cara menajamkan gunting yang sudah tumpul.
Cara Mengasah Gunting Kertas

Cara Mengasah Gunting

Jangan pernah samakan untuk mengasah gunting sama dengan mengasah pisau. karena mengasah gunting lebih susah dibandingkan mengasah pisau. Jika terjadi kesalahan dalam proses pengasahan gunting bisa jadi gunting anda bukan tajam bahkan lebih tumpul dari semula. Ada beberapa cara menajamkan gunting seperti baru di beli. Cara mengasah gunting sebenarnya hanpir sama dengan cara mengasah gergaji tangan, jika mengasah gergaji tangan kita menggunakan kikir namun untuk mengasah gunting kita menggunakan batu asah.

Bahan yang harus di siapkan untuk mengasah gunting
1. Batu asah
2. Air

Langkah cara mengasah gunting
1. Letakkan terlebih dahulu batu asah di atas permukaan yang datar supaya kita menikmati ketika mengasah gunting.
2. Basahi sedikit batu asah dengan air
3. Ambil gunting yang ingin di asah, kemudian bongkar terlebih dahulu gunting. Hal ini bertujuan supaya gunting mudah untuk di asah. jika gunting tidak bisa dipisahkan antara 2 sisi maka jangan dipaksakan untuk membongkar namun kita bisa mencoba alternatif lainnya dengan cara membuka secara lebar gunting.
4. Arahkan bagian tajam dari sisi pisau gunting ke arah batu asah berikan sudut kira kira sekitar 80 derajat.
5. Asah gunting dengan cara menggerakkan satu arah saja, misal mengarahkan dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Jangan di bolak balik mengasah gunting. Tambahkan sedikit air jika batu asah mulai kering.
6. Lakukan gerakan asah gunting searah secara berualang ulang sampai pisau gunting terasa tajam kembali seperti baru.
7. Setelah satu sisi selesai ganti sisi pisau gunting yang lain.
8. Satukan kembali gunting jika di bongkar tadi, Untuk mengetes ketajaman silahkan ambil kertas dan potong. Jika ketika memotong kertas namun masih terselip silahkan asah kembali gunting anda.

cara menajamkan gunting menggunakan batu asah sangat mudah di lakukan di rumah dan hasilnya langsung kelihatan. tentunya cara ini bisa digunakan untuk semua jenis gunting. namun bagi gunting yang sudah banyak sekali cekungan tidak bisa diperbaiki lagi dengan cara yang telah di jelaskan di atas. Perlu perlakuan khusus untuk gunting yang seperti ini.

Untuk mencegah gunting cepat tumpul dengan cara menggunakan gunting sesuai dengan fungsinya. Jangan sampai gunting kuku digunakan untuk memotong besi atau rambut ya.. begitu juga untuk gunting kertas jangan digunakan untuk memotong besi bisa saja akan muncul cekungan yang dapat menumpulkan gunting.

Biasanya gunting juga gampang berkarat. hal ini disebabkan karena penggunaan gunting yang tidak adanya perawatan dan tidak di jaga. seperti gunting kertas yang sering digunakan untuk memotong plasting minyak mie instan. hal ini bisa menyebabkan gunting bisa jadi tumpul. Berishkan gunting yang terkena air minyak menggunakan kain basah yak.

Cara Menajamkan Gunting Kertas

bagaimana jika kalian tidak memiliki batu asah di rumah untuk menajamkan gunting? tenang saja broo, kiat mempunyai alternatif lain untuk menajamkan gunting terutama gunting kertas. cara ini sangat efektif untuk di coba mengasah gunting kertas maupun gunting rambut. Berikut ini cara menajamkan gunting kertas.

Menggunakan Amplas
Pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan kertas amplas. Ambilkan gunting tumpul untuk memotong amplas yang sudah di siapkan tadi. lakukan sampai beberapa kali potongan secara memutas supaya gunting akan tajam seiring mengikuti potongan amplas. namun jika tidak memiliki amplas anda masih bisa menggunakan aluminium foil. kita harus melipat terlebih dahulu aluminium foil sebelum memotong karena tidak memiliki ketebalan seperti amplas. Setelah proses penajaman selesai di kerjakan jangan lupa untuk mecuci gunting sampai bersih dan keringkan.

Menggunakan Botol kaca
Sebagian menajamkan gunting kertas meggunakan botol kaca bekas botol minuman bersoda ataupun sirup. cara menajamkannya ialah dengan membuka gunting dan mengarahkan gunting ke arah botol. Gunting kaca botol sampai gunting terasa tajam walaupun kaca tidak bisa terpotong. Jangan lupa untuk membersihkan gunting sebelum digunakan.

Demikian penjelasan mengenai cara mengasah gunting kertas agar kembali tajam. hal yang harus di ingat adalah jangan sampai meggunakan gunting yang bukan sesuai dengan kegunaannya. dan jangan simpan gunting di tempat yang berair supaya gunting tidak mudah berkarat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengasah Gunting Kertas agar Kembali Tajam