Cara Mengasah Gergaji Tangan dengan Mengikir

Advertisement
Gergaji tangan besi merupakan alat yang sering digunakan oleh tukang bangunan untuk membantu memudahkan memotong kayu maupun benda lainnya. Benda ini berbentuk besi tipis dan bergigi halus tajam. Zi era modern ini sudah ada gergaji yang menggunakan mesin namun masih juga ada orang yang menggunakan gergaji tangan. kekuatan daya potong gergaji tangan berasal dari ketajaman gerigi besi yang ada pada sisi tipis besi gergaji.

Untuk memotong benda yang keras, gergaji tangan biasanya cepat sekali tumpul dan harus di asah kembali. Mata gergaji yang tumpul bisa menghambat pekerjaan menghabiskan banyak waktu serta tenaga. Jika memang kayu dipaksakan dipotong pasti hasilnya kurang baik dan kemungkinan lain bisa jadi mata gigi gergaji tangan bisa patah. Sebaiknya anda harus mengasah gergaji sebelum memakainya, sehingga kualitas gergaji lebih bagus ketika memotong dan dapat bertahan lebih lama. Jika gergaji terasa sudah tumpul sebaiknya cepat asah mata gergaji.

Persiapan Mengasah Gergaji Tangan

Untuk mengasah gergaji tangan secara manual biasanya menggunakan kikir. Penggunaan bahan ini membutuhkan kesabaran dan memang akan memakan banyak waktu. Coba anda bayangkan untuk mengasah semua mata gergaji yang lumayan banyak.

Cara Mengasah Gergaji Tangan dengan Mengikir
Siapkan terlebih dahulu sebuah kikir sebelum mengasah gergaji. Untuk mengasah gergaji besi sebenarnya kita bisa menggunakan kikir yang mana saja, namun supaya lebih pas pilihlah kikir yang sesuai dengan lebar dengan sisi mata gergaji. Kikir bisa kita beli di toko bangunan terdekat di kota anda.

Mengasah gergaji menggunakan kikir harus dilakukan dengan teliti dan hati hati. Perhatikan mata gergaji tangan sebaik mungkin. untuk menghasilkan potongan yang seimbang antara sisi kiri dan sisi kanan, selang seling sisi yang tajam dengan sisi yang tumpul. Perhatikan gambar di atas.
Sisi yang ditunjukkan menggunakan panah adalah sisi tajam gergaji dan sisi tumpul gergaji ditunjukkan dengan panah berwarna merah.

Cara Mengikir Gergaji Tangan Manual

Pertama, bersihkan gergaji dari debu dan kotoran menggunakan air bersih, karat bisa di hilangkan dengan cara menggosokkan amplas. Hilangkan serbuk kayu yang masih tertempel pada gergaji kemudian bilas menggunakan air bersih dan keringkan sejenak.

Kedua, Letakkan gergaji pada tempat yang aman untuk di asah. Biasanya tempat yang paling nyaman untuk megasah gergaji ialah di pinggir teras dengan menjepit gagang gergaji menggunakan kaki. Nikmati saja proses pengasahan sambil datangnya angin sepoi sepoi jangan di bawa susah. Tukang juga biasanya meletakkan gergaji di atas balok kayu dan menjepit gagang gergaji menggunakan benda yang berat. yang paling penting pada poin ke dua ini adalah carilah tempat yang aman untuk mengikir gergaji tangan.

Ketiga, Proses pengikiran dimulai, gosokkan kikir pada mata gergaji yang tajam (sisi tajam mata gergaji ditunjukkan pada panah hijau pada gambar di atas). Ketika pertama kali membeli gergaji pasti akan terlihat dari sisi mana gergaji harus di asah. Jika anda tidak tau tanyakan saja langsung kepada si penjual di toko bangunan. Setelah selesai mengikir sisi pertama dari mata gergaji, balik gergaji dan kemudian asah di sisi tajam mata gergaji selanjutnya.

Perlu di perhatikan, saat mengikir gergaji gunakan sisi 25 derajat supaya sisi mata gergaji makin tajam. jangan pernah mengkikir mata gergaji dengan sudut kemiringan 90 derajat karena akan lebih mempertumpul mata gergaji.

Setelah mata gergaji semua selesai di kikir dan terasah dengan sempurna, saatnya menggunakan gergaji untuk memotong kayu lagi. Itulah penjelasan mengenai cara mengasah gergaji tangan dengan cara mengikir gergaji sampai tajam kembali. Selamat memotong kayu lagi jika gergaji sudah tajam kembali. Untuk mengasah gergaji mesin sama saja caranya namun perlu ditambahkan minyak supaya tidak mudah berkarat. Jika gergaji tidak terpakai dalam waktu yang lama, sebaiknya simpan gergaji di tempat yang menggantung. atau bisa juga tempatkan pada tempat yang jauh dari udara lembab supaya tidak kotor maupun berkarat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengasah Gergaji Tangan dengan Mengikir

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==