Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara Mencuci Boneka dengan Mesin Cuci dan Tangan Bersih !!!

Siapa yang tidak tau boneka? mainan yang sangat disukai oleh wanita ini apalagi anak anak yang masih belita sangat menyukai boneka. Boneka terbuat dari berbagai macam bahan mulai dari kayu, porselin, maupun dari plastik yang disunakan untuk boneka hiasan saja yang akan ditampilkan pada festival boneka. Boneka juga tebuat dari kain yang sering diisi dengan busa, wol, butiran styrofoam. Selain untuk bermain dan hiasan boneka juga sering digunakan sebagai teman tidur oleh khalayak wanita baik anak anak maupun wanita yang sudah dewasa.

Boneka sama seperti pakaian yang harus di cuci ketika sudah kotor supaya warna boneka tetap bagus dan tidak rusak. Apalagi boneka yang menjadi trending dan banyak diminati sekarang ini terbuat dari kain yang mudah rapuh dan rusak kalau kurang perawatan.
Cara Mencuci Boneka dengan Mesin Cuci

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mencuci boneka yang berbulu yang sangat mudah kotor karena kotoran mudah menempel di boneka berbulu. cara mencuci boneka yang sederhana tentunya dengan menggunakan tangan, namun bagaimana cara mencuci boneka menggunakan mesin cuci? simak pembahasan kami di bawah ini.

Sebelum melakukan proses pencucian boneka sebaiknya kalian melakukan pengecekan pada beberapa bagian berikut ini:
  • Cek Lebel
Boneka biasanya dilengkapi dengan label yang memberitahukan kita informasi mengenai boneka tersebut dan tentunya juga memberitahukan kita informasi bagaimana cara mencuci boneka supaya tidak rusak dan luntur. Pada label boneka juga memberitahukan kita apakah boneka boleh dicuci menggunakan mesin cuci, apakah boneka boleh dikeringkan menggunakan pengering? Berapakah suhu maksimal yang diperbolehkan? semua sudah tertera pada label informasi di boneka.
  • Cek bahan Boneka
Banyak bahan yang digunakan untuk membuat boneka. salah satunya ialah boneka terbuat dari styrofoam dan berbulu lebat yang jika di keringkan pada suhu yang tinggi mengakibatkan boneka tersebut kempes. Lebih baik kita menunggu boneka tersebut di angin anginkan hingga kering meskipun cara ini membutuhkan waktu yang sangat lama namun lebih efektif untuk menjaga kualitas boneka dari kerusakan.
  • Cek jahitan
Sekarang banyak boneka yang dibuat dari jahitan yang dijahit menggunakan mesin. Tentunya kekuatan dan kualitas jahitan belum bisa dipastikan jika dilakukan penjahitan menggunakan mesin. Seperti boneka teddy bear yang empuk, sebelum mencuci pastikan tidak ada benang yang longgar dan lepas. Jika tampak ada jahitan yang terlepas atau sobek sebaiknya di jahit ulang terlebih dahulu sebelum dicuci. periksalah dengan teliti apalagi pada boneka yang sudah berumur.

  • Pisahkan bagian boneka yang bisa dipisahkan
Pada boneka tertentu biasanya memiliki beberapa aksesoris yang bisa dipisahkan dari boneka nya. Lepaskan bagian seperti baju, gelang, topi dan benda lainnya. Hal ini bertujuan supaya boneka benar benar bersih termasuk pada sela sela boneka. Jangan lupa juga untuk mencuci bagian lain yang telah dipisahkan dari boneka tadi. Namun jika ada bagian boneka yang tidak bisa dilepas karena jahitan, biarkan saja menempel.

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mencuci boneka, untuk mencuci boneka ada dua cara yang bisa digunakan yaitu menggunakan mesin dan menggunkan tangan.

Cara Mencuci Boneka dengan Mesin Cuci

Membersihkan pakaian yang kotor sekarang sangat mudah, hanya dengan menggunakan mesin cuci semua pakaian kotor menjadi bersih. beda hal nya pada boneka, tidak semua boneka bisa di cuci menggunakan mesin cuci ini. untuk mengetahui bisa atau tidaknya boneka dicuci menggunakan mesin cuci bisa dilihat petunjuk pada label boneka.

Deterjen merupakan hal yang wajib disediakan untuk mencuci boneka, selain itu siapkan juga laundry bag (kantong laundry) atau sekedar sarung bantal. Tujuannya supaya bulu boneka tidak mudah rontok dan koyak ketika dimasukkan ke dalam mesin cuci. Perihal lain kantong laundry juga berfungsi untuk mencegah terjadinya goresan pada tabung mesin cuci akibat terkena benda keras dari boneka seperti hidung dan mata boneka.

Simaklah cara mencuci boneka menggunakan mesin cuci berikut ini.

  1. Lepaslah aksesoris boneka yang bida di lepas seperti baju dan lainnya, kemudian masukkan ke dalam laundry bag, ikatlah dengan kuat laundry bag supaya boneka tidak keluar ketika mesin cuci mulai berputar.
  2. Masukkan boneka yang sudah berada di dalam laundry bag ke dalam mesin cuci, Atur kecepatan paling pelan, kemudian masukkan sabun deterjen ke dalamnya, takaran sabun cuci sama seperti mencuci pakaian biasa. Kemudian nyalakan mesin cuci.
  3. Bilaslah boneka menggunakan air bersih, jangan tambahkan pelembut pakaian, karena jika ini dilakukan maka akan mengakibatkan warna boneka semaikin pudar. Cukup bilas menggunakan air putih bersih saja.
  4. Boneka yang sudah di bilas tadi kemudian bungkus dengan handuk kering. Boneka agak di tekan sedikit sambil di lap menggunakan handuk untuk mengeluarkan air. jangan memeras boneka seperti memeras pakaian yang di plintir yang dapat mengakibatkan boneka rusak.
  5. Angin anginkan boneka di tempat yang teduh, disarankan jangan di jemur langsung di bawah terik matahari.
  6. Setting ke low heat mode jika boneka dikeringkan menggunakan mesin pengering
  7. rapikan bulu bulu boneka yang sudah mengering, gunakan sisir yang jarang jarang atau bisa juga menggunakan tangan. Jangan terlalu kencang merapikan bulu apalagi menggunakan sisir yang terlalu rapat.
  8. Pastikan boneka sudah benar benar kering agar tidak bau dan lembab.
  9. Tambahkan parfum supaya boneka kembali wangi dan nyaman ketika digunakan sebagai teman bersantai.

Cara Mencuci Boneka dengan Tangan

Jika kalian memiliki boneka yang berukuran besar seperti boneka teddy bear tentunya tidak akan muat kalau dicuci menggunakan mesin cuci. alternatif lain ialah mencuci boneka menggunakan tangan dengan menggunakan sikat lembut seperti sikat gigi bekas.

Ini merupakan cara yang paling aman karena tingkat resiko kerusakan yang sangat kecil, dengan cara ini kami yakini bahwa boneka akan bersih ke sela sela dan tidak salahnya meluangkan waktu sejenak untuk membersihkan boneka anggap aja sebagai olahraga hehehe.

Berikut ini cara mencuci boneka dengan tangan simaklah dengan baik.

  1. Siapkan baskom yang telah di isi dengan air, kemudian campurkan dengan air sabun cuci, kami menyarankan untuk menggunakan deterjen cair karena tidak akan meninggalkan noda bekas deterjen.
  2. Lepaskan aksesoris yang melekat di boneka supaya mempermudah proses pencucian. namun kalau tidak bisa terlepas biarkan saja.
  3. Celupkan boneka ke dalam baskom.
  4. Gosok dan sikat bagian kotor pada boneka menggunakan sikat gigi dan ulangi sampai boneka bersih. sesekali celupkan lagi ke dalam baskom
  5. Bilaslah boneka dengan air putih bersih mengalir dan sekali kali goyangkan boneka supaya air sabun dan kotoran yang menempel jatuh bersamaan dengan air.
  6. Ambillah handuk kering dan balut boneka sambil di lap.
  7. Tekan boneka sampai air di dalam boneka terbuang.
  8. Keringkan boneka dengan cara di angin anginkan di tempat yang teduh, disarankan jangan langsung dijemur di bawah terik matahari.
  9. Pastikan boneka benar sudah mengering kemudian semprot dengan parfum supaya boneka wangi.
Kedua cara diatas merupakan cara yang paling efektif untuk mencuci boneka yang kotor. Kalian bisa melakukannya di rumah selain mudah, bahan untuk mencuci juga mudah untuk didapatkan. Jika kalian memiliki boneka yang berlabelkan tidak boleh di cuci menggunakan air sebaiknya bawa ke tempat laundry. Jika dipaksakan untuk di cuci sendiri maka kemungkinan boneka akan rusak. Pihak laundry akan menggunakan metode yang profesional yaitu menggunakan teknik dry Clean.

Berikut ini penjelasan mengenai teknik Dry Clean yang digunakan oleh pihak laundry untuk mencuci boneka.

  1. Apabila terlihat kotoran yang kuat menempel pada boneka, gunakan sikat lembut untuk merontokkannya.
  2. Semprotkan Perchloroethene (PCE) atau bahan kimia dry clean ke boneka, diamkan selama sekitar 3 menit
  3. Gunakan steamer pada seluruh bagian boneka, pastikan uap panas mematikan kuman yang menempel. 
Kebanyakan orang masih ragu untuk mencuci boneka karena takut akan rusak, lama kering, dan takut boneka akan kempes. Sebenarnya anda tidak perlu khawatir, jika anda melakukan dengan perasaan dan penuh kehati hatian maka akan memperoleh hasi yang terbaik.

demikian penjelasan mengenai Cara Mencuci Boneka dengan Mesin Cuci dan Tangan dijamin bersih. Jika di bawa ke tempat laundry tentunya akan membutuhkan biaya lagi. namun jika boneka dicuci sendiri maka anda tidak akan mengeluarkan biaya. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+