Cara Menambal Atap Seng yang Bocor Berlubang

Advertisement
Seng banyak digunakan oleh orang sebagai atap atau talang rumah, selain mudah di pasang harga seng juga murah dibandingkan dengan bahan yang lain. Namun dari beberapa kelebihan seng terdapat kekurangan yaitu ketika siang hari rumah yang menggunakan atap seng akan terasa panas dan akan terasa sangat berisik ketika air hujan jatuh dari langit.

Sisi lain dari kelemahan seng yaitu mudahnya berkarat ketika terkena air hujan, dan akan sangat cepat berlubang. lubang seng biasanya akan muncul di sekitar sekrup atau ujung bagian seng. Jika lubang di musim panas tentunya akan aman aman saja namun bagaimana jika lubang di musin hujan? tentunya ini merupakan masalah yang besar karena bocor di mana mana.
Cara Menambal Atap Seng yang Bocor Berlubang

untuk mencegah akan terjadinya kebocoran yang makin parah, sebaiknya anda segera menambal talang seng yang berlubang. anda tidak perlu memanggil tukang bangunan untuk memperbaikinya, karena cara menambal atap seng yang bocor sangat mudah. Namun yang menjadi kendala ketika anda kesusahan naik ke atas atap. berikut cara menambal atap seng yang bocor berlubang

Cara Menambal Atap Seng yang Bocor

Persiapan:
Cat Anti Karat sebutan lain Bodelac.
Cat Pelapis Anti Bocor bahasa kerennya Elastex Waterproof.
Cat besi berwarna sesuai warna seng anda.
Untuk merk tiga cat di atas up to you, sesuaikan budget. Besarnya kaleng sesuaikan kebutuhan.
Serat Fiber / Mett 455
Larutan Asam Klorida (HCL)
Sikat Kawat
Sapu
Kuas

Cara menambal atap seng yang berlubang

1. Periksa terlebih dahulu dimana letak lubang yang bocor pada seng, untuk mempermudah, lakukan pada saat hujan berlangsung dan tandai dimana titik kebocoran.
2. Bersihkan daun, debu serta kotoran yang berada di atas atap seng menggunakan sapu. Dianjurkan untuk naik ke atas atap seng.
3. Sikat bagian yang bocor menggunakan sikat kawat supaya karat seng menghilang.
4. Oleskan dengan kuas asam klorida pada karat seng sehingga reaksi kimia dari karat akan berakhir, lubang tidak bisa melebar lagi dan sikat sampai bersih karatnya.
5. pastikan karat benar benar bersih kemudian oleskan cat anti karat di sekitar lubang bocor
6. Letakkan mett di atas lubang dan berikan lapisan cat anti bocor. Cat ini lengket jadi pastinya serat fiber akan menempel
7. Agar warna seragam dengan seng sebelumnya, cat kembali seng dengan warna sama
Bagaimana cara menambal atap seng yang bocor? mudah kan? jika kebocoran di atap kecil sebaiknya jangan di berikan serat fiber cukup di oleskan saja cat pelapis anti bocor/

Cara Menambal Atap Seng dengan Styrofoam

cara alternatif lainnya yang bisa digunakan untuk menambal seng yang bocor yaitu menggunakan styrofoam. sebagian orang sudah menggunakan cara ini dan berhasil. Walaupun tidak bisa untuk menambal lubang yang besar, dengan menggunakan etyrofoam bisa digunakan untuk menambal lubang yang kecil. Bekas sekrup paku yang ada di seng bisa ditambal dengan cara ini.

Persiapan:
Styrofoam (Gabus)
Bensin
Mangkok + Pengaduk

Langkah Mengolah Styrofoam:
  1. Tuang sedikit bensin ke dalam mangkok
  2. Masukkan styrofoam ke larutan bensin, kemudian si gabus berwarna putih ini akan meleleh dan aduk aduk supaya rata. Tambahkan terus styrofoam sampai adonan mengental mirip lem.
  3. Tempelkan adonan ke lubang kecil yang ada di seng, pastikan tidak ada lubang kecil.
  4. Biarkan sampai kering dan lakukan percobaan mengalirkan air.
  5. Jika masih ada kebocoran tinggal menambahkan lagi lapisannya.
Cara menambal seng menggunakan styrofoam biasanya tidak akan tahan lama, seiring berjalan waktu akan styrofoam akan hancur kembali karena terkena air hujan dan panas matahari. Cara ini bisa bertahan kurang lebih 6 bulan. Demikian penjelasan mengenai Cara Menambal Atap Seng yang Bocor Berlubang, jika tidak berani naik ke atas atap seng disarankan untuk meminta bantuan tukang bangunan untuk memperbaiki seng yang bocor.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menambal Atap Seng yang Bocor Berlubang

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==