Cara Memperbaiki Rantai Motor yang Bunyi Kletek Kletek

Advertisement
Mengendarai motor berantai terkadang akan terdengar suara kletek kletek yang sangat berisik yang tentunya mengganggu pendengaran kita. bagaimana jika bunyi kletek pada rantai terdengar oleng pengendara jalan yang lain? Tentunya anda merasa malu karena kita terkesan kita adalah orang yang tidak suka merawat motor sendiri dan lebih keras disebut sebagai pemalas merawat motor.

Sebagian orang menganggap ini merupakan masalah yang sepele namun sebaiknya anda cepat memperbaiki rantai motor yang berbunyi supaya tidak semakin parah. Rantai merupakan bagian motor yang penting untuk menggerakkan motor supaya bisa berjalan dengan lancar. Jika rantai mulai berbunyi dan rusak, bisa membahayakan si pengendara bahkan orang yang berada di sekitar si pengendara motor.
Cara Memperbaiki Rantai Motor yang Bunyi Kletek Kletek

Cara Memperbaiki Rantai Motor

Hal yang harus kalian lakukan pertama adalah mengetahui terlebih dahulu penyebab terdegarnya bunyi rantai motor. Anda bisa mendeteksi kerusakan pada motor dengan cara mendengarkan bunyi yang muncul. Pemeriksaan ini perlu di lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan semakin parah ke bagian lain motor. Lakukan pemeriksaan dengan sangat hati hati.

Suara Gredek Gredek saat melaju pelan pelan
Ketika anda menjalankan motor secara pelan pelan akan terdengar suara gredek gredek yang tidak teratur dan motor terasa tersendat sendat. Ini disebabkan karena tarikan rantai motor kadang kencang tapi terkadang kendor. penyebab ini biasanya terjadi karena Gear yang oleng atau abrasi yang tidak sama. jika anda bisa memperbaikinya sendiri silahkan, namun jika merasa tidak mampu akan keterbatasan bahan atau alat silahkan bawa ke bengkel terdekat.

Jika rantai dan gear terasa sudah aus, sebaiknya digantikan keduanya sekaligus. Karena menurut pengalaman admin ketika menggantikan rantai dan gear secara bersamaan pasti motor akan terasa 
lancar ketika dikendarai. Untuk harganya memang cukup mahal namun apa salahnya jika untuk kepentingan pribadi ya kan?

Suara Besi beradu, Kretek kretek
rantai motor yang kering bisa mengakibatkan rantai motor sering bersuara akibat beradu dengan besi motor. cara mengatasinya bisa dengan memberikan sedikit oli atau pelumas ke bagian rantai supaya alur rantai lancar. Namun jika dibiarkan rantai mengering, dapat mengakibatkan umur pemakaian rantai dan gear semakin sedikit. dan cepat rusak rantai.

Suara Kratak-kratak, Kadang Laju Tersendat-sendat
Pernah mendengar bunyi kratak kratak dan melaju tersendat sendat? hal ini disebabkan karena rantai motor mulai kendor. cara mengatasinya langsung saja bawa ke tukang bengkel untuk meminta bantu mengencangkan rantai motor. namun apabila gear dan rantai sudah aus maka ganti saja dengan yang baru supaya rantai bisa berjalan dengan lancar tanpa berbunyi dan tersendat lagi.

Demikian penjelasan mengenai cara memperbaiki bunyi rantai motor atau cara memperbaiki rantai motor yang bunyi kletek kletek. kami sarankan untuk memperbaikinya di bengkel jangan di perbaiki sendiri karena bisa memperparah kerusakan. namun jika anda sudah ahli untuk memperbaikinya silahkan, apalagi jika anda memang seorang pekerja bengkel ya kami tidak melarang hehe. ingat !! jaga terus kondisi kendaraan anda supaya tidak rusak, jika gear dan rantai mulai aus segera ganti dengan yang baru, kalau tidak bisa jadi rantai akan putus di tengah jalan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Rantai Motor yang Bunyi Kletek Kletek

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==