Cara Memperbaiki Pagar Besi Rumah yang Berkarat

Advertisement
Pagar luar rumah yang terbuat dari besi banyak disukai oleh kebanyakan orang dibandingkan dengan pagar yang terbuat dari kayu yang cepat rusak. Pagar besi yang diberi tiang beton sebagai penyangga banyak dipakai karena lebih kuat dan awet jika dibandingkan dengan pagar kayu. Seberapa lama pun pagar besi tentunya akanrusak dan berkarat karena beberapa alasan. bisa jadi karena terkena air hujan atau lain hal yang menyebabkan pagar besi berkarat.

Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Besi yang mengalami korosi membentuk karat dengan rumus Fe2O3.xH2O. Korosi atau proses pengaratan merupakan proses elektro kimia. Pada proses pengaratan, besi (Fe) bertindak sebagai pereduksi dan oksigen (O2) yang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi.
Cara Memperbaiki Pagar Besi Rumah yang Berkarat

Biasanya cat digunakan untuk melapisi besi supaya tidak berkarat, namun tentunya cat tidak bisa bertahan lama apalagi sampai bertahun tahun. seringnya turun hujan dan matahari yang terik bisa menyebabkan cat cepat terkelupas dari besi. Karat yang muncul bisa saja menghabisi semua besi sampai pagar anda jadi ompong patah tidak berdaya. Oleh karena itu segeralah bersihkan karat pada pagar besi supaya pagar besi tidak mudah rapuh dan patah akibat berkarat.

Cara Memperbaiki Pagar Besi yang Berkarat

Besi mudah berkarat jika terus terusan terkena siraman air hujan dan teriknya matahari. So, selalu perhatikan dengan teliti pagar besi jangan sampai berkarat. Jika karat yang muncul di pagar besi banyak segeralah bersihkan menggunakan amplas kemudian oleskan cat besi ke pagar. Hal ini dilakukan supaya karat tidak melebar ke bagian besi yang lain. Berikut ini kami akan menjelaskan secara detail bagaimana cara memperbaiki pagar besi yang berkarat.

Bahan yang harus disiapkan:
1. Amplas
2. Sikat kawat
3. Cat besi + kuas
4. Cat anti karat
5. Masker atau pelindung lainnya jika diperlukan.

Cara mengecat pagar besi jika berkarat:
1. Gunakanlah pengaman seperti masker dan sarung tangan, debut karat bersifat beracun jangan sampai benda ini masuk ke dalam tubuh anda
2. Bersihkan pagar besi yang berkarat menggunakan sikat kawat sampai karat berkurang. Pastikan pagar besi bebas dari karat sebelum mengecat ulang seluruh bagian pagar.
3. Bersihkan kerak karat menggunakan amplas yang sudah disiapkan. Gosok gosok secara perlahan sampai seluruh permukaan pagar bersih tanpa karat
4. Pastikan seluruh bagian pagar benar benar bersih dari karat
5. Proses pengecatan ulang pagar dimulai menggunakan cat besi anti karat, proses pengecatan akan berlangsung selama 2 kali pertama cat dasar dan yang kedua cat bagian luar.
6. Tunggu sampai permukaan pagar mengering.

Laksanakan cara mengecat pagar besi di atas secara harti hati jangan sampai anda terhirup debu karat atau cat karena berbahaya bagi kesehatan. Gunakan pelindung seperti masker dan sarung tangan dan jika diperlukan gunakan pengaman lainnya. Anti karat tidak perlu di oleskan jika pada cat besi yang dibeli sudah mengandung anti karat.

Apabila karat sudah merusak bagian pintu pagar besi disarankan untuk meminta bantuan kepada tukang besi untuk memperbaiki pagar yang sudah rusak. Harga untuk memperbaiki pagar tentunya tergantung pada kerusakan pagar. Tanyai harga terlebih dahulu sebelum meminta bantu memperbaiki pagar besi.

Demikian penjelasan mengenai cara memperbaiki pagar besi rumah yang berkarat menggunakan bahan yang mudah di dapatkan seperti amplas, masker, sarung tangan, cat besi, kuas dan benda lain jika diperlukan. jangan lupa untuk membersihkan pagar setiap hari untuk mencegah terjadi karat pada pagar besi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Pagar Besi Rumah yang Berkarat

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==