Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara Memilih Melon yang Manis dan Matang Sempurna

Buah melon merupakan buah yang sangat digemari oleh pecinta buah. Rasanya yang khas membuat buah ini sering di gunakan untuk membuat es buah apalagi ketika puasa tiba. Tidak hanya manis buah melon juga memiliki daging yang tebal dan berair. Buah melon akan terasa renyah ketika di gigit dan menyegarkan apalagi kalau disantap ketika musim panas tiba.

Kebanyakan orang susah untuk membedakan mana buah melon yang matang dengan buah melon yang masih muda. Buah melon yang matang cenderung memiliki rasa yang lebih manis ketimbang buah melon yang muda. Buah melon bisa anda beli di toko buah terdekat atau di samping jalan yang di jajakan oleh pedangang kaki lima. Biasanya pedagang akan menawarkan kepada anda melon yang matang, namun jika anda masih kurang percaya terhadap si pedagang kami akan memberitahu anda bagaimana cara memilih melon manis dan matang.
Cara Memilih Melon yang Manis dan Matang Sempurna

kadar kemanisan buah melon tidak bisa kita tebak hanya dengan cara melihat kulit bagian luar buah melon saja. Hal ini menjadi menjadi kesulitan apalagi buah melon memiliki kulit yang tebal. Tenang, jangan merasa galau memilih buah melon ini merupakan permasalahan yang simpel. Berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih buah melon yang matang dan manis.

Cara Memilih Melon yang Manis

Sebagai konsumen kita seharusnya teliti dan menjadi pembeli yang cerdas sebelum membeli barang. terutama dalam membeli buah melon yang manis. jangan sampai anda tertipu si tukang pedagang buah yang tidak anda kenal sebelumnya. Buah melon yang sudah matang dan manis memiliki beberapa tanda tanda khas. bagaimana membedakan buah melon yang manis dengan buah melon muda?

Pertama yang harus anda lakukan adalah mencari bagian buah melon yang cacat. Walaupun buah melon kelihatan segar jika terdapat cacat pasti rasa buah tidak akan enak. Pilihlah buah melon yang tidak ada bekas memar, terbelah, luka, atau buah terlalu empuk ketika di pegang tangan. Disarankan untuk memilih buah yang sempurna tanpa cacat. Jika memang buah yang sempurna tidak ada maka pilih saja buah yang sedikit cacat dan tawarkan dengan harga yang lebih murah.

Kedua cara memilih melon adalah lihatlah kulit melon. Perhatikan buah melon yang berkulit agak kusam. akan terlihat motif yang berwarna kuning pucat. jika itu melon masih muda akan terlihat hijau dan mengkilap dan jaring motif masih jarang jarang. Sedangkan pada melon tua akan terlihat banyak jaring motif yang berwarna kekuningan.

Ketiga, timbanglah buah melon pada timbangan pedagang. Buah melon yang sudah tua dan manis akan terasa lebih berat dibandingkan buah melon tua. Namun cara ini garus dibandingkan dengan cuah melon yang sama ukurannya. ukuran tidak bisa dijadikan ukuran manisnya sebuah melon. bisa jadi buah melon yang kecil lebih manis dibandingkan buah melon yang besar. Begitu pula sebaliknya.

Keempat, Ciumlah aroma buah melon. Buah melon akan tercium rasa manis sama halnya pada buah yang lain yang sudah matang. Ciumlah pada bagian pangkal tangkai karena pada bagian ini buah akan mengeluarkan aroma yang sangat kuat, jika buah melon terasa wangi di pangkal tangkai maka dapat dipastikan buah melon itu manis. Bisa saja anda mencongkel sedikit pangkal tangkai buah melon untuk mencium aroma daging, tapi jangan sampai ketahuan si penjual. disarankan untuk membeli buah melon yang sudah tidak bertangkai, kenapa? buah melon yang masih bertangkai merupakan buah melon yang masih muda namun beda halnya pada buah melon yang sudah menua yang akan sangat mudah terlepas dari tangkainya. Jika tangkai terlihat dipotong menggunakan pisau berarti buah melon di panen sebelum buah benar benar tua.

Kelima, Goyang goyangkan buah melon. Buah melon yang manis dan siap santap akan bersuara biji di dalam ketika buah melon di goyang goyangkan.

keenam, Jangan lupa untuk ketok ketok buah melon. Akan terasa ruang kosong ketika di ketok buah melon karena biji melon sudah banyak yang terlepas dan bertanda bahwa buah ini buah melon tua. Anda bisa menggunakan telapak tangan untuk menepuk buah melon, akan terasa suara bergema dan dalam.

Sudah tau kan cara memilih melon yang manis dan matang? Tentunya sesudah membaca artikel di atas anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih buah melon dengan kualitas yang baik. Namun jika masih mengalami kesulitan untuk menentukan buah melon yang matang, minta bantuan si pedagang untuk memilih buah melon matang, namun jika anda ragu kepada si pedagang bisa minta bantuan kerabat atau orang yang berada di sekitar anda.

Jenis buah melon apa yang manis? jenis buah melon yang banyak di buru orang ialah buah melon madu. Jenis melon ini terasa paling manis dan memiliki daging buah yang lembut.

Cara Menyimpan Melon yang Sudah Matang

buah buahan akan mudah busak jika di biarkan terletak di ruangan terbuka. begitu juga dengan buah melon yang tidak tahan lama jika diletakkan pada tempat yang terbuka. Solusi yang paling baik adalah dengan meletakkan melon pada kulkas pendingin. Di dalam kulkas melon dapat bertahan selama 3 sampai 4 hari. apabila ingin bertahan lebih dari 4 hari silahkan potong melon dan masukkan ke dalam tupperware kemudian masukkan ke dalam freezer. Namun perlu di ketahui bahwa buah melon yang dibekukan tidak akan se enak buah yang masih segar. Tapi hal ini tidak menjadi permasalahan kalau memang anda mengiginkannya. Rasa manis buah masih ada tapi rasa renyah buah akan hilang ketika di gigit. 

Demikian penjelasan menganai Cara Memilih Melon yang Manis dan Matang Sempurna. Akan membutuhkan beberapa kali percobaan untuk menilai mana buah melon yang sudah matang dengan yang belum. Semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+