Cara Membuat Jump Frog Thailand yang bagus

Cara membuat jump frog thailand akan kita kupas tuntas pada artikel kali ini. Jump frog merupakan kalimat bahasa inggris kalau kita kita artikan ke dalam bahasa indonesia berarti kodok loncat. kebanyakan orang pasti bingung kenapa dinamakan dengan Jump Frog. Dinamakan dengan Jump Frog karena salah satu umpan buatan ini di design menyerupai kodok yang sedang menloncar loncat yang akan menarik perhatian ikan yang sedang terlintas. pemancing biasa menggunakan umpan jump frog untuk melakukan teknikal pancing casting untuk menangkap ikan gabus di dalam air.

Tahukan anda dari mana asal usul dibuatnya jump frog sebagai umpan untuk memancing ikan? konon ceritanya Jump Frog pertama kali digunakan dan diperkenalkan oleh negara gajah putih yaitu thailand. seiring berjalannya waktu, penggunaan umpan pancing menggunakan jump frog sudah menyebar ke seluruh dunia termasuk indonesia.

Jika anda tertarik untuk membeli umpan jump frog bisa dibeli di toko pancing terdekat. Namun jika toko pancing terdekat tidak menjual barang tersebut ataupun barang jump frog sudah habis, rupanya anda bisa membuat jump frog sendiri di rumah. Untuk membuat jump frog sendiri rupanya tidak sulit.

    Daftar Isi :
  1. Cara Membuat Jump Frog
  2. Bahan Membuat Jump Frog
  3. Alat Membuat Jump Frog
  4. Langkah Membuat Jump Frog

Cara Membuat Jump Frog


Ketika pertama kali anda ingin membuat jump frog, ada hal yang harus diperhatikan. Anda harus terlebih dahulu memilih bahan kayu yang bagus untuk membuat bodi jump frog. ada yang menyarankan menggunakan kayu pulai karena kayu ini empuk dan mudah dibentuk. Kayu ini biasanya disebut dengan kayu lempung, kayu gabus, jelutung, lame ataupun lamo. Umpan Pancing Jump Frog dari Bahan dari kayu ini tidak disarankan digunakan untuk memancing ikan yang mempunyai gigitan yang kuat dan tajam karena akan merusak umpan jump frog.

Bahan Membuat Jump Frog

  1. kayu pulai
  2. kawat
  3. gotri/timah untuk pemberat
  4. cat

Alat Membuat Jump Frog

  1. Cutter atau pisau tajam
  2. amplas
  3. gergaji
  4. tang 2 buah
  5. kertas 
  6. spidol dan
  7. lem super

Langkah Membuat Jump Frog


Sebelum anda melakukan eksekusi pembuatan umpan pancing jump frog, kalian harus terlebih dahulu membuat design bentuk jump frog yang akan dibuat. bentuknya harus simetris dengan yang kiri dan kanan karena jump frog mau mengapung melompat lompat di dalam air. berikut gambarnya:
Untuk Contoh design kurang lebih seperti gambar di atas. Kemudian silahkan lanjutkan ke proses pembuatan jump frog. Bentuklah kayu yang telah disiapkan menggunakan cutter atau pisau tajam sehingga membentuk seperti gambar jump frog yang sudah anda design.
Setelah membentuk kayu menjadi jump frog sesuai dengan design, kemudian gunakan amplas untuk menghaluskan kayunya
Setelah kayu dihaluskan, buatlah garis di tengah supaya hasil jump frog bisa seimbang dan tidak berguling guling di dalam air. Kemudian buatlah rancangan lubang yang akan kita gunakan sebagai pemberat. dan buat juga garis sisi sebaliknya sebagai tempat memasukkan kawat pengait.
kemudian buatlah lubang garis dengan menggunakan gergaji untuk memasukkan kawat pengait. jangan menggergaji lubang garis terlalu dalam, tetapi ikuti sesuai dengan design yang telah anda buat sampai dengan bagian tengah dari bagian ujung yang runcing. Ketika di gergaji, disarankan untuk menggunakan alas supaya serbuk gergajian tidak terbuag.
Kemudian masukkanlah kawat ke dalam celah yang telah terbentuk. Bentuk melingkar di kedua ujung kawat menggunakan tang sehingga terbentuk gambar seperti di bawah ini. kemudian buatlah lubang untuk memasukkan pemberat.
Kemudian anda harus mengencangkan ujung melingkar di kawat dengan kawat yang lebih kecil supaya tidak mudah untuk berubah bentuk.

Kemudian masukkan pemberat ke dalam lubang yang telah di buat tadi dan tutuplah dengan serbuk kayu hasil gergaji dengan menambahkan sedikit lem yang kuat. 
Kemudian cat semua permukaan umpan pancing jump frog menggunakan cat putih. cat ini merupakan cat warna dasar umpan. proses pengecatan ini berfungsi untuk menutupi pori pori lubang kayu sehingga tidak masuk air ke dalamnya.
Langkah terakhir cat seluruh bagian bodi umpan jump frog sesuai dengan warna kesukaan anda, disarankan warna yang menyerupai kodok supaya ikan tertarik untuk memakannya. jadi sampai disini tutorial pembuatan umpan buatan Jump Frog.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat jump frog thailand yang bagus di rumah sesuai dengan selera masing masing. dilahkan modifikasi sesuka anda asalkan tetap menyerupai kodok supaya menarik minat ikan ikan untuk memakannya sehingga tangkapan ikan anda pun menjadi lebih banyak. wassalam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel