Cara Membuat Cincin dari Uang Logam Unik

Advertisement
Cara membuat cincin dari uang logam? apakah bisa? Di zaman sekarang kreatifitas masyarakat mulai meningkat demi tampil menarik dan menawan semua akan dilakukan. salah satu kreatifitas ialah membuat cincin dari uang logam, tentu ini hal yang menarik untuk di bahas. Akhir akhir ini banyak orang memburu uang 500 rupiah berwarna kuning emas bergambarkan bunga melati cetakan tahun 1991 dan 1992. Orang orang mempercayai bahwa uang logam ini mengandung sedikit kadar emas karena ketika dijadikan cincin dan di asah akan berkilau mirip cincin emas asli. Oleh sebab inilah yang menyebabkan banyak orang di indonesia memburu uang logam 500 rupiah ini dan harga yang seharusnya 500 rupiah meningkat karena permintaan uang yang semakin banyak dan jumlah yang semakin langka.

Banyak yang menanyakan benarkah uang logam 500 rupiah terbuat dari emas? pertanyaan ini yang menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. dari beberapa media yang kami baca ternyata uang logam 500 rupiah yang bergambarkan bunga melati terbuat dari Brown alumunium. mungkin jika kalian mempunyai nenek di kampung coba tanyakan saja kepada mereka tentang hal ini.

cara membuat cincin dari uang logam sebenarnya mudah namun membutuhkan usaha yang lebih supaya menghasilkan cincin yang bagus. Mari simak proses pembuatan cincin dari uang logam berikut ini.

Cara membuat cincin dari uang logam

Barang yang harus disiapkan

  1. Uang logam 500 rupiah berwarna kuning keemasan atau bisa menggunakan uang logam lainnya.
    Cara Membuat Cincin dari Uang Logam
  2. Bor, jika tidak memiliki bor bisa menggunakan palu dan paku serta obeng untuk melubangi uang.
  3. Pipa besi yang meruncing, bagian bawah diameter besar dan makin ke ujung makin kecil diameternya.
  4. Amplas
  5. Palu
  6. Api
Langkah membuat cincin

Letakkan uang logam di atas bidang yang datar seperti di atas meja. Kemudian lubangi tepat di tengah uang menggunakan bor. Pastikan tepat pas di tengah cincin supaya hasilnya simetris.
Cara Membuat Cincin dari Uang Logam

Jika tidak memiliki bor maka gunakan paku untuk melubangi uang logam, tetapi akan ada bagian uang yang menjorok ke luar. Bisa di potong menggunakan gergaji besi. Potonglah sampai lubang uang bersih tidak berlancip lancip lagi.
Masukkan pipa besi ke dalam lubang di cincin kemudian pukul uang satu arah menggunakan palu.
Cara Membuat Cincin dari Uang Logam
Disarankan untuk memanaskan uang logam terlebih dahulu sebelum melakukan pemukulan dan pembentukan supaya lebih mudah ketika dibentuk. Hal ini bertujuan supaya membuat lubang cincin makin melebar. Pukullah lubang cincin berkali kali sampai membentuk cincin yang sempurna.
Cara Membuat Cincin dari Uang Logam
Jika cincin sudah membentuk seperti gambar di atas kemudian balikkan posisi cincin. Pukul kembali bagian cincin yang lebar sampai lebar cincin sama.Cara Membuat Cincin dari Uang Logam
Langkah membuat cincin terakhir adalah menghaluskan bagian yang kasar menggunakan amplas.
Cara Membuat Cincin dari Uang Logam
Cincin dari uang logam siap digunakan dan di pamerkan hehehe
sebenarnya untuk membuat cincin dari logam itu tidak semudah yang kita bayangkan. Ilustrasi gambar di atas merupakan proses pembuatan cincin dari uang logam yang dilakukan oleh orang profesional dan di lengkapi dengan alat yang lengkap. 

Demikian penjelasan mengenai cara membuat cincin dari uang logam bisa dilakukan di rumah. Alat dan perlengkapan di atas bisa kalian dapatkan di toko bangunan seperti palu, amplas, dan pipa besi. Ingat! jika ingin membuat cincin dari logam sendiri harus sangat berhati hati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Cincin dari Uang Logam Unik

Ads336x280