Cara Membaca Mikrometer Sekrup dan Contoh Soal

Advertisement
Cara Menghitung Mikrometer Sekrup - halo teman teman sahabat jeumala.com sekalian. pada hari yang berbahagia ini kita akan membahas mata pelajaran yang pernah kita pelajari selama masa smp atau sma. Seperti biasanya sebelum kita membahas lebih lanjut bagaimana cara membaca mikrometer sekrup yang benar kita akan membahas terlebih dahulu pengertian mikrometer.

Pengertian Mikrometer sekrup adalah alat pengukur satuan panjang yang mempunyai tingkat ketelitian yang paling akurat yaitu 0,01 mm dan juga terdiri dari sekrup terkalibrasi. Kapan pertama kali mikrometer sekrup ditemukan? mikrometer sekrup pertama kali ditemukan oleh Willaim Gascoigne pada abad ke-17 karena pada masa itu diperlukan alat pengukur yang lebih akurat dan tepat daripada jangka sorong. Mengenai jangka sorong sudah kita bahas pada artikel sebelumnya yaitu Cara Menghitung Jangka Sorong. teman teman pasti penasaran kan bagaimana bentuk mikrometer sekrup? dibawah ini merupakan bentuk wujud dari mikrometer sekrup beserta bagian bagiannya.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup
Uda pada kena kan bagaimana bentuk mikrometer sekrup? jika teman teman ingin melihat wujud asli dari mikrometer sekrup bisa minta tolong ke guru fisika teman teman untuk menampakkan ke teman teman bentuk asli dari mikrometer sekrup. Jangan segan untuk meminta memperlihatkannya yak.

Oke kembali lagi ke pembahasan utama yaitu cara membaca mikrometer sekrup yang tepat. kita akan membahas apa saja skala yang ada pada mikrometer sekrup. Mikrometer sekrup mempunyai 2 jenis skala.

1. Skala Utama

Terdiri dari skala : 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya yang berada pada bagian atas. Dan nilai tengah : 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm, dan seterusnya yang berada dibagian bawah.

2. Skala Nonius atau Skala Putar

Terdiri atas skala 1 sampai dengan 50. Setiap skala putar atau skala nonius berputar mundur 1kali putaran maka skala utama bertambah 0,5 mm. Sehingga dari logika tersebut dapat diperoleh 1 skala putar = 1/100 mm = 0,01 mm

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

1. Pertama sekali teman teman harus membuka rahang pengunci mikrometer sekrup sehingga rahang putar dan pemutar bisa bergeser ketika digerakkan
2. Kemudian letakkan benda yang hendak di ukur menggunakan mikrometer sekrup tepat di kisi kisi kedua rahang. seperti ingin mengukur ketebalan koin atau papan triplex teman teman bisa meletakkan koin atau triplek di antara rahang
3. Kemudian putar bagian pemutar mikrometer sekrup sampai benda tertempel erat dengan rahang mikrometer sekrup. jangan terlalu dipaksa karena bisa merusak mikrometer sekrup
4. Putar rachet knob sampai terdengar suara “klik”. Jika sudah, hentikan pemutaran
5. Kunci pengunci (lock) agar tidak terjadi perubahan atau pergeseran ukuran
6. kemudian perhatikan dan baca dengan teliti skala utama dari mikrometer sekrup dan jangan lupa juga baca skala nonius yang tepat berada satu garis dengan skala utama
7. yang terakhir teman teman bisa menjumlahkan hasil dari pembacaan skala utama dengan skala nonius

oke setelah membahas apa saja skala yang ada pada mikrometer sekrup dan cara menggunakan mikrometer sekrup kita akan memasuki pembahasan bagaimana cara menghitung mikrometer sekrup dengan mudah.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

1. Letakkanlah mikrometer sekrup searah sehingga bentuk mikrometer sekrup bisa terlihat dengan jelas.

2. Bacalah skala utama pada mikrometer sekrup. dibagian atas garis menunjukan angka bulat dalam ukuran mm seperti 1 milimeter, 2 milimeter, 3milimeter dan seterusnya. Sedangan pada garis skala bagian bawah menunjukan bilangan 0,5 milimeter.

Lihatlah gambar diatas dengan teliti, dari gambar diatas, garis skala atas menunjukan angka 5 mm dan garis skala bagian bawah menunjukan 0,5 mm, Jumlahkan kedua garis skala tersebut (Skala atas + Skala bawah) maka skala utama pada mikrometer diatas menunjukan angka 5,5 mm. 

3. Selanjutnya cara membaca mikrometer sekrup adalah membaca skala nonius atau skala putar yang berada di samping yaitu garis yang berada tepat segaris dengan garis pembagi pada skala utama. berdasarkan gambar yang di tampilkan di atas skala nonius menunjukan angka 30 dikalikan dengan 0,01 mm sehingga skala noniusnya menunjukan 0,30 mm.

4. kemudian teman teman harus menjumlahkan hasil pengukuran dari skala utama dengan hasil pengukuran dari skala nonius. Sehingga dari gambar diatas diperoleh hasil pengukuran 5,5 mm + 0,3 mm = 5,8 mm

Bagaimana teman teman? uda pada paham kan bagaimana cara menghitung mikrometer sekrup dengan benar? selanjutnya kita akan lanjut ke pembahasan contoh soal mikrometer sekrup yak.

Contoh Soal Menghitung Mikrometer Sekrup

Soal No 1
Perhatikan hasil pengukuran mikrometer sekrup di bawah ini
Cara Membaca Mikrometer Sekrup
dari gambar yang ditampilkan di atas, berapakah sakala mikrometer sekrup tersebut

A. 6,7 mm
B. 6,56 mm
C. 6,59 mm
D. 6,5 mm

Penyelesaian:
d = Skala utama + Skala Nonius
Skala utama = 6,5 mm
Skala nonius = 9 x 0,01 =0,09 mm
d = 6,5 mm + 0,09 mm = 6,59 mm

Jadi Skala mikro meter sekrup pada gambar di atas adalah 6,59 mm
jawaban yang tepat C

Soal No 2
Perhatiakan gambar di bawah ini
Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Berapakah skala yang ditunjukkan oleh mikrometer sekrup di atas?
A. 5,78mm
B. 5,87mm
C. 5,88mm
D. 5,97mm

Penyelesaian:
Pada gambar di atas menunjukkan bahwa skala utama pada Mikrometer Sekrup terlihat di angka 5,5 mm dan skala nonius di angka 0,37 mm, sehingga ukuran benda tersebut dibaca 5,5mm + 0,37mm = 5,87mm.
maka jawaban yang benar adalah B

Demikian penjelasan mengenai cara membaca mikrometer sekrup yang benar dan sesuai dengan yang guru inginkan. jika teman teman masih belum paham bagaimana cara menghitung mikrometer sekrup silahkan bertanya ke guru fisika di sekolah teman teman.

related:
cara membaca mikrometer sekrup,cara membaca mikrometer,cara menghitung mikrometer sekrup,cara mengukur mikrometer sekrup,mikrometer sekrup,cara menghitung mikrometer,cara menghitung micrometer,cara membaca micrometer,membaca mikrometer,cara baca mikrometer

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membaca Mikrometer Sekrup dan Contoh Soal

Ads336x280