Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Perilaku Zuhud-Pengertian, Contoh dan Ciri Ciri Sikap Zuhud

Perilaku Zuhud, Contoh dan Ciri Ciri Sikap Zuhud - Sebagaimana kita ketahui bahwa penyakit terbesar umat manusia dari dulu hingga sekarang adalan kecintaan yang berlebihan terhadap harta dan dunia yang fana ini. Sebagian besar orang yang menikmati dunianya secara berlebihan tidak meyakini bahwa kehidupan dunia hanya bersifat sementara. Oleh karena itu, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk memiliki sifat zuhud supaya tidak terlena oleh gemerlapnya dunia ini.

Pengertian zuhud

Pengertian zuhud menurut bahasa diartikan dengan berpaling dan meninggalkan atau menyendiri, Sementara kata yang juga akar kata zuhud, berarti meninggalkan mengharap/ bergantung kepada dunia, atau meninggalkan sesuatu karena suatu kehinaan baginya.
Perilaku Zuhud Contoh dan Ciri Ciri Sikap Zuhud

Menurut istilah zuhud adalah tidak berhasrat terhadap sesuatu yang mubah walaupun kesempatan untuk memperoleh atau mengerjakannya ada. Hal itu dilakukan untuk melatih dan membersihkan diri, dan untuk mendahulukan kepentingan orang lain dari kepentingan diri sendiri.

Definisi dari zuhud adalah suatu sikap di mana seseorang tidak terlalu mementingkan dunia atau harta kekayaan. Materi dan dunia ini hanya bersifat sementara, dan hanya merupakan sarana atau alat untuk mencapai tujuan hakiki, yaitu sebagai bekal kehidupan di akhirat. Allah swt berfirman dalam Q.S. An Nisa ayat 77 yang artinya :

Katakanlah: "Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa dan kamu tidak akan dianiaya sedikit pun

Perilaku zuhud tidak semata-mata tidak mau memiliki harta dan tidak memikirkan urusan duniawi, tetapi zuhud dalam arti yang sebenarnya merupakan kondisi mental seseorang yang tidak terpengaruh oleh harta dan benda dalam mengabdikan diri kepada Allah swt. Dengan demikian, betapaun kayanya seseorang mereka tetap hidup dalam keadaan zuhud. Mereka tidak terpengaruh oleh kekayaan tersebut dalam mengabdikan diri kepada Allah swt, mereka juga menggunakan harta tersebut untuk mendekatkan diri dan beribadah kepada Allah swt.

Tumbuhnya sikap zuhud pada seseorang melalui suatu proses setelah orang memiliki iman yang makin tebal dan kuat serta adanya keinginan yang besar terhadap kehidupan akhirat yang lebih kekal. Sedangkan kehidupan dunia ini ibarat permainan belaka dan bersifat sementara.

Allah swt melarang kita untuk tidak memikirkan akhirat saja, tetapi dunia juga harus kita raih dengan sebaik-baiknya. Allah swt berfiman yang artinya :

"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi” (QS. Al Qashshash: 77).

Ciri-Ciri Perilaku Zuhud


  1. Memiliki etos kerja keras untuk mencukupi kebutuhan hidupnya agar tidak bergantung kepada orang lain.
  2. Mampu menjaga diri dari godaan berlebih-lebihan dalam menikmati kenikmatan dunia.
  3. Memandang dunia sebatas sarana untuk beribadah kepada Allah Swt.
  4. Tidak enggan menginfakkan harta di jalan Allah Swt.
  5. Harta dan kenikmatan dunia tidak melenakan dirinya dari Allah Swt. dan beribadah kepada-Nya.
  6. Tidak merisaukan masa depan karena percaya pada janji Allah Swt.
  7. Mampu menjadikan Allah Swt. sebagai tujuan utama hidupnya.


Salah satu contoh indah sikap zuhud adalah sikap Nabiyullah Sulaiman a.s. Beliau adalah seorang nabi yang dikaruniai kekuasaan yang sangat besar. Beliau diijinkan Allah Swt. untuk memerintah angin serta mampu berbicara dengan segenap makhluk mulai dari manusia, binatang, hingga jin.

Karunia yang sedemikian banyak tidak melenakan Nabi Sulaiman a.s. bahkan membuatnya semakin mendekat kepada Allah Swt. Kisah ini memberi kita pelajaran bahwa kita harus berusaha mencapai puncak-puncak dunia sebagaimana Sulaiman a.s. dengan tetap memelihara sikap zuhud serta mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Contoh lain adalah Sa’labah. Ia adalah contoh sahabat  yang  terlena oleh harta dunia. Pada awalnya Sa’labah seorang sahabat yang sangat miskin. Karena miskinnya, pakaian pun bergantian dipakai oleh dirinya dan istrinya. Sa’labah meminta doa kepada Rasulullah saw. agar diberi kemudahan dalam hidup. Rasulullah saw. pun mengabulkannya.

Sejak saat itu, kehidupan Sa’labah berubah. Kekayaan menghampirinya. Sa’labah yang dahulu rajin beribadah pun berubah. Ia tidak lagi melaksanakan salat berjamaah. Bahkan saat tiba waktu mengeluarkan zakat, ia enggan menunaikannya. Dari kisah di atas, kita mengetahui, sikap Sulaiman a.s. adalah contoh sikap zuhud. Adapun Sa’labah adalah contoh sikap hubbuddunya.

Contoh Perilaku Zuhud


  • Pak Rudi memiliki sepetak tanah perkebunan. Pada musim tanam kali ini, ia menanaminya dengan jagung. Saat panen ia tidak ragu mengeluarkan zakat hasil panennya sebagai tanda syukur.
  • Pak Andi adalah seorang tukang andong. Meskipun hidupnya pas-pasan, ia tidak pernah lupa menyisihkan seribu rupiah setiap hari dari hasil kerjanya untuk kotak amal masjid.
  • toni memiliki motor baru. Ia mendapatkannya dari ayah. Meskipun memiliki motor baru, ia tidak pernah merasa sombong. Ia pun tidak terlalu sedih saat motornya itu hilang ambil orang.

Itulah beberapa contoh sikap zuhud. Sikap-sikap tersebut menunjukkan penghargaan kepada kerja keras dalam berusaha mencari karunia Allah. Pada saat yang sama, kerja keras tersebut diimbangi dengan rasa zuhud atas apa yang Allah Swt. berikan. Saat Allah Swt. meminta kita untuk memberikan harta itu, tanpa ragu diserahkan untuk Allah Swt.

Demikian pembahasan mengenai Perilaku Zuhud - Contoh dan Ciri Ciri Sikap Zuhud. mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+