Cara Menghitung 1000 Harinya Orang Meninggal

Advertisement
Cara Menghitung 1000 Harinya Orang Meninggal - sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu makna dari kematian atau meninggal. Kematian atau ajal adalah akhir dari kehidupan, ketiadaan nyawa dalam organisme biologis. Semua makhluk hidup pada akhirnya akan mati secara permanen, baik karena penyebab alami seperti penyakit atau karena penyebab tidak alami seperti kecelakaan. Setelah kematian, tubuh makhluk hidup mengalami pembusukan. istilah lain yang sering digunakan ketika orang mati ialah meninggal, meninggal, wafat, tewas. Kematian diawali dengan kehidupan. Dan akhirnya kehidupan akan berakhir pada kematian. Dengan demikian tidak ada yang kekal dan abadi. Yang kekal adalah siklus hidup dan mati. Itulah hukum alam yang hakiki. Hukum yang mengikat setiap kehidupan dan kematian.

Oleh karena itu dalam hidup harus tahu diri di mana dan untuk apa hidup. Bahwa hidup tidak bersendiri. Orang lain juga bagian dari hidup dan akan berakhir dengan mati. Sehingga untuk apa menyakiti orang lain yang pasti akan mati. Berbahagialah bersama mereka sehingga damai dalam kehidupan.

Cara Menghitung 1000 Harinya Orang Meninggal

Manusia diciptakan lebih sempurna dari mahluk yang lain yang di beri akal, pikiran dan perasaan maka mereka memiliki sebuah keyakinan yaitu memberi sebuah penghormatan kepada orang yang telah meninggal atau memanjatkan doa untuk orang meninggal. diantaranya pengurusan setelah meninggal mulai dari memandikan, menyolati hingga menguburkan. dalam adat istiadat ada perbedaan ada yang dikubur ditanah, ada yang di bakar, ada juga yang di kremasi sesuai kepercayaannya masing – masing.

Setelah jasad yang telah mati di kebumikan maka akan dimulailah selamatan orang meninggal. seperti selamatan ke 40 hari orang meninggal yang katanya ruhnya masih berada dirumah. meski banyak simpang siur tentang roh orang meninggal sebelum 40 hari yang di yakini oleh masyarakat bahwa roh tersebut masih berada di bumi/ dirumah hingga 40 hari lamanya. namun jika menurut islam bahwasannya diterangkan disebuah hadist bahwa tidak pernah ada orang yang telah meninggal maka ruh/arwahnya masih berada disekitar rumah sampai 40 hari. Karena setelah seseorang meninggal, maka ia akan berada di alam barzakh bukan lagi di alam dunia atau berbeda dimensi.

Meskipun setelah meninggal ada istilah melaksanakan pembacaan alquran/ tadarusan selama 7 malam. namun dalam hitungan islam di jawa ada yang terpenting yaitu 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari dan 1000 hari. jika 3 hari dan 7 hari mungkin masih bisa di ingat. namun jika sudah memakan bulan di khawatirkan akan lupa hitungannya. untuk menentukan kapan dilakukan doa bersama – sama untuk orang meninggal tersebut dengan cara cara menghitung 1000 harinya orang meninggal sebagai berikut.

  1. untuk menghitung jatuhnya selamatan orang meninggal 40 hari adalah dari mulai dinyatakan meninggal dihitung satu bulan lebih beberapa hari.
  2. jatuhnya selamatan ke 100 hari orang meninggal adalah di hitung dari meninggalnya orang tersebut hingga 3 bulan ditambah beberapa hari.
  3. jatuhnya selamatan pendak pisan orang meninggal itu adalah dari meninggalnya orang tersebut sampai pas satu tahun
  4. jatuhnya selamatan pendak pindo orang meninggal itu adalah dari meninggalnya orang tersebut sampai pas dua tahun
  5. untuk cara menghitung 1000 hari orang meninggal adalah sesudah lebih dari 2 tahun dan 9 bulan lebih beberapa hari setelah orang meninggal tersebut.

Jika anda masih bingung berikut ini saya cantumkan tabel neptu/ hitungan untuk selamatan orang meninggal berdasarkan jatuhnya hari dan pasaran orang tersebut meninggal. guna mengetahui kapan dilaksanakan doa bersama untuk orang meninggal.

Cara Menghitung 1000 Harinya Orang Meninggal
Caranya adalah cari hari dan pasaran kematiannya, seumpama matinya hari minggu kliwon maka untuk membuat selamatan 1000 hari adalah jatuh pada hari jum’at wage. lihat gambar dibawah ini

Cara Menghitung 1000 Harinya Orang Meninggal

Demikian penjelasan mengenai cara perhitungan hari setelah orang meninggal dan Cara Menghitung 1000 Harinya Orang Meninggal semoga bermanfaat

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghitung 1000 Harinya Orang Meninggal

Ads336x280