Cara Menghilangkan Bau Busuk pada Kulkas

Advertisement
Tak bisa di pungkiri, di zaman yang sudah modern ini dimana semua serba instan dan lemari es / kulkas menjadi hal yang wajib di miliki oleh setiap rumah bertujuan supaya makanan yang tersimpan di dalamnya bertahan lama dan tetap segar. terkadang muncul bau amis yang tidak sedap. banyak sekali orang bertanya tentang bagaimanakah cara menghilangkan bau busuk pada kulkas? biasanya bau busuk menyebar ketika saat listrik mati. bau amis berasal dari freezer yang menguap dan menyebar ke seluruh kulkas. Jika dibiarkan bau ini akan terasa eneg dan lama kelamaan akan semakin menyengat.

Penyebab Bau Busuk dari dalam Kulkas


kulkas sangat berperan penting dalam menjaga kesegaran makanan yang di dalamnya. namun kulkas tidak bisa menjamin 100% untuk menghentikan pembusukan makanan. jika freezer bekerja dengan baik maka tidak ada bau yang keluar namun jika daya turun bahkan listrik padam maka bau hasil pembusukan akan menyebar. selain daging di freezer, daun sayuran dan makanan lainnya juga bisa mengakibatkan bau busuk dari rak kulkas. bahkan air yang tergenang dalam waktu yang lama di dalam kulkas bisa juga mengeluarkan bau busuk. sangat disarankan untuk menjaga kebersihan kulkas supaya tidak bau dan cegah dengan membersihkannya selama seminggu sekali.

kulkas yang sudah rusak salah satunya kulkas yang mulai tidak dingin merupakan salah satu penyebab cepatnya pembusukan yang terjadi pada lemari pendingin ini.

Cara Menghilangkan Bau Busuk pada Kulkas

menghilangkan bau busuk pada kulkas bisa dilakukan dengan cara membeli bahan penghilang bau di pasar terdekat. namun, sebagian orang takut menggunakan bahan di pasaran karena mengandung bahan kimi yang dapat mengakibatkan efek samping pada makanan di dalam kulkas dan ancaman bagi kesehatan. alangkah baiknya untuk menggunakan bahan alami saja untuk menghilangkan bau busuk pada kulkas.

disarankan untuk membersihkan terlebih dahulu kulkas sebelum memasukkan bahan penghilang bau. terlebih lagi pada bagian freezer yang berisi daging dan ikan.

Cuka

menghilangkan bau busuk kulkas bisa digunakan menggunakan cuka. hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kulkas, kemudian gunakan larutan campuran dari cuka dan air hangat untuk mengelap seluruh bagian kulkas. manfaat lain dari cuka bisa juga untuk menghilangkan bekasan noda membandel yang menempel pada dinding kulkas.

Baking Soda

baking soda sangat terkenal dalam menetralisir bau yang tidak sedap. baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau dan kotoran yang menempel di dalam kulkas. cara menghilangkannya cukup mencampurkannya dengan air hangat kemudian masukkan kain lembut ke dalam larutan tadi. kemudian lap seluruh bagian kulkas untuk menghilangkan noda dan kotoran. untuk menghilangkan noda membandel gunakan soda kue dalam piring kecil lalu masukkan ke dalam kulkas. kalian bisa meletakkan pas di tempat sumber bau dan biarkan selama sehari sehingga bau akan menghilang.

Perasan Lemon

Aroma kuat yang dimiliki lemon diyakini bisa menghilangkan bau tak sedap dari kulkas. cara membersihkannya setelah kulkas dan freezer di bersihkan maka masukkan campuran air dengan perasan lemon yang telah diisi dalam mangkok ke dalam freezer. biarkan sekitar satu jam saja dan uap air hangat akan menyebar ke seluruh bagian kulkas terutama freezer. disarankan larutan air hangat dengan air perasan lemon dimasukkan ke dalam mangkok plastik karena jika dimasukkan ke dalam mangkok kaca ditakutkan akan pecah karena mengalami perubahan suhu lemari es dan mangkok.

Bubuk kopi

Bubuk kopi juga dikenal sebagai bahan untuk menetralisir bau yang tidak sedap. Cara menghilangkan bau busuk kulkas menggunakan kopi cukup taruk bubuk kopi ke dalam mangkuk dan biarkan selama 24 jam di area yang menimbulkan bau busuk. maka bau lama kelamaan akan menghilang.

Cara mencegah bau busuk muncul di kulkas
mencegah lebih baik daripada menghilangkan bau yang tak sedap dari kulkas. berikut ini kami sajikan beberapa tips agar bau busuk tidak muncul dari dalam kulkas.

  1. Bungkuslah makanan dengan plastik. makanan yang sudah dibungkus dengan plastik akan menghambat penyebaran bau kemana mana. disarankan untuk menggunakan plastik khusus makanan supaya mencegah munculnya bau busuk dan mengurangi bunga es.
  2. Jangan terlalu lama menaruh makanan dalam kulkas. Daging segar mungkin hanya bisa bertahan di kondisi baik +- 3 s/d 4 hari, setelah itu pasti ada perubahan rasa dan warna.
  3. Jangan biarkan ada sisa bahan makanan. Terkadang ada cuilan sayur atau kue yang tertinggal dalam kulkas, walaupun sepele lama kelamaan bau busuk bisa muncul apalagi jika sudah bercampur dengan air, busuknya bisa meningkat.
  4. Aturlah suhu dengan Bijak. Jika ada daging dalam kulkas, buatlah suhu freezer lebih dingin tapi jika tidak ada maka setting sedang. Hal ini selain dapat mengurangi munculnya bau juga merupakan salah satu upaya menghemat listrik.
Sekian pembahasan mengenai Cara Menghilangkan Bau Busuk pada Kulkas, pada dasarnya jika anda selalu membersihkan kulkas secara teratur (setidaknya seminggu sekali) maka bau busuk kulkas tidak akan terjadi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghilangkan Bau Busuk pada Kulkas

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==