Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara Membersihkan dan Menghilangkan Goresan Kaca Helm

Helm merupakan alat yang wajib dipakai oleh setiap pengendara sepeda motor. Helm berguna sebagai alat pelindung untuk melindungi bagian atas tubuh yaitu kepala dari berbagai ancaman bahaya yang terjadi ketika mengendarai sepeda motor. Helm yang ber SNI atau standar nasional indonesia pastinya dilengkapi dengan kaca baik itu kaca pelangi, kaca transaparan, atau kaca hitam yang berfungsi untuk melindungi wajah dari serangan hewan kecil, debu, hujan, dan dari teriknya sinar mentari.

Kendala yang sering kali terjadi adalah menempelnya kotoran bahakan tergoresnya kaca helm yang mengakibatkan helm tergores baik kecil maupun besar. hal ini bisa diakibatkan oleh terbenturnya helm dengan benda, debu, kunci motor, hewan kecil dan benda keras. kebanyakan orang menganggap ini adalah hal sepele terjadi. tetapi faktanya kejadian ini dapat menurunkan performa penampilan pengendara motor seperti, ketika siang ; jarak pandangan akan terhalang oleh debu dan goresan pada kaca helm, ketika malam ; terjadi pembiasan cahaya sepeda motor dan cahaya lampu jalan mengakibatkan mata sakit, ketika terkena kotoran atau debu lain maka kotoran akan sukar untuk dihilangkan, ketika terkena air hujan maka akan lebih lama untuk di keringkan.
Cara Membersihkan Kaca Helm

dengan beberapa contoh kejadian yang dibahas diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kotoran atau goresan yang ada pada kaca helm motor dapat menurunkan konsentrasi penuh pengendara ketika mengemudi. Padahal kita semua tau bahwa untuk mengendara sepeda motor memiliki banyak sekali resiko. makanya ketika kaca helm kotor cepatlah bersihkan jangan biarkan sampai kotoran menumpuk.

Cara Membersihkan Kaca Helm

untuk membersihkan kaca helm perlu dilakukan dengan hati hati dan ditambah dengan perlakuan khusus supaya tidak merusak mika kaca. karena jika mika kaca ikut rusak maka kaca akan ikut menjadi lebih buram. hal yang harus dipersiapkan sebelum membersihkan kaca helm adalah ; 2 buah kain halus, hand sanitizer/ air hangat/ pembersih monitor komputer / pembersih kaca mata (salah satu) dan air. 

langkah langkah mebersihkan kaca helm

  1. Untuk lebih mudahnya copot kaca helm (optional)
  2. Kita bilas dulu bro kaca helmnya, untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  3. Kalau langsung dilap takutnya malah menimbulkan baret lecet
  4. Basahi kain lembut dengan hand sanitizer.
  5. Langsung ratakan cairan tersebut pada seluruh permukaan kaca.
  6. Biarkan sejenak lalu lap dengan kain halus yang kering. 
  7. Lakukan perlakuan pada kaca bagian dalam juga.
Cara membersihkan kaca helm harian cukup menggunakan tisu basah sebelum anda berangkat bepergian naik montor.

Catatan:

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan kaca helm dari noda dan kotoran. seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa kotoran yang menempel di helm bukan hanya debu dan minyak saja tetapi asap gas buangan kendaraan juga pasti akan ikut tertempel. Kami sarankan jangan menggunakan sabun biasa untuk membersihkan kaca helm karena sabun biasa tidak akan bisa menghilangkan bekas pembakaran gas kendaraan tersebut. akibat yang akan ditimbulkan jika anda hanya memakai sabun untuk untuk menghilangkan partikel gas tersebut, maka akan lebih memperparah keadaan karena partikel gas akan ikut tersebar ke seluruh permukaan kaca helm. Keadaan ini yang menyebabkan kondisi helm semakin kusam. Selain itu jangan juga menggunakan shampo silicon untuk membersihkan kaca helm. jika shampo silicon digunakan maka akan lebih mempermudah debu menempel pada kaca helm. begitu juga dengan produk yang menggunakan minyak lainnya.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan pula menggunakan cairan pembersih kaca rumah atau kaca mobil untuk membersihkan kaca helm. karena, cairan yang terkandung di dalamnya sangat kuat untuk kaca helm yang terbuat dari mika plastik.

Cara menghilangkan goresan di kaca Helm

Menghilangkan lecet goresan pada kaca helm sebenarnya sangat mudah tetapi ada juga yang menganggapnya susah. Jika terlalu terburu buru untuk menghilangkanny maka akan semakin memperparah goresan pada kaca helm.

Barang yang harus disiapkan terlebih dahulu sebagai berikut: Amplas ukuran 2000, Air, White rubber compound (cairan poles), Lap

Setelah dipastikan beberapa bahan di atas sudah disiapkan dan selanjutnya lanjut ke langkah cara menghilangkan goresan di kaca helm.

Langkah Menghilangkan Lecet di Kaca
  1. Untuk lebih mudahnya copot kaca helm (optional)
  2. Lakukan cara membersihkan kaca helm di atas.
  3. Sambil disiram air gunakan amplas 2000 untuk mengosok goresan yang ada. Lakukan dalam keadaan permukaan kaca masih basah
  4. Untuk menghilangkan kekusaman dan goresan super kecil, gunakan cairan poles pada permukaan tersebut
  5. Lap dengan kain halus
Hal yang perlu untuk diperhatikan untuk mengetahui tingkat ketahanan kaca terhadap amplas, caranya coba gosokkan amplas ke ujung kaca helm. jika terbukti kaca tahan dari amplas, baru lakukan pengamplasan ke bagian tengah helm. Solusi terakhir jika memang Cara Membersihkan dan Menghilangkan Goresan Kaca Helm tidak berjalan dengan baik dan kurang efektif maka langkah selanjutnya ialah dengan cara membeli kaca helm baru di toko helm atau toko otomotif terdekat. dengan harga yang murah anda bisa medapatkan kaca helm yang pantas dan menarik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+