Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor Sebenarnya

Advertisement
Ukuran kolam gurame 1000 ekor banyak menjadi pertanyaan para pembudidaya. Hal ini sangat dimaklumi mengingat tingkat kepadatan kolam sangat menentukan kesuksesan budidaya ikan gurame dalam hal ini ukuran untuk optimalnya pertumbuhan. Jika terlalu padat akan menyebabkan pertumbuhan gurame melambat. Namun jika terjadi sebaliknya tentu akan mengurangi potensi keuntungan dari segi ekonomis.

Jenis Kolam Gurame

Ada 3 jenis kolam gurami :

1. Kolam permanent
Kolam permanent untuk budidaya ikan gurame yaitu kolam yang dibuat dari semen.
Cara buatnya adalah sebagai berikut ini :

  • Buatlah kolam dari semen
  • Gosok gosoklah dinding kolam dengan daun papaya. Hal ini dimaksudkan agar nanti lumut segera tumbuh dan untuk menghilangkan bau semen
  • Rendamlah kolam dengan air dan biarkan minimal 2 minggu
  • Tebarkanlah garam sekitar 2kg ke kolam dimaksudkan agar kolam bebas dari penyakit.
  • Buang airnya, ganti dengan yang baru, diamkan selama 3 hari
  • Bibit ikan bisa segera ditebar dengan aturan per 1 meter perseginnya hanya boleh ditebar maxsimum 20 ekor gurami dikolam pembesaran.
2. Kolam tidak permanent
Cara buatnya adalah sebagai berikut ini :
  • Buat kolam ditanah langsung sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Aduklah dasar kolam
  • Berikan gamping dolomite dengan cara ditabur. Untuk membunuh organisme atau penyakit.
  • aliri kolam dengan air. Diamkan selama 3 hari
  • Benih segera bisa ditabur.
3. Kolam Terpal
Kolam terpal digunakan petani pada lahan yan airnya sulit. Bisa menggunakan air hujan.
Carannya buatlah kolam dengan menggunakan terpal. Bisa dihalaman rumah, bisa di sawah. Intruksi selanjutnya seperti pada kolam permanent. Kabupaten Tulungagung sebagai sentra gurami kebanyakan menggunakan system terpal karena airnya yang susah. Bisa dipakai untuk 3 kali panen atau selama 3 tahun.
Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor

Ukuran Kolam Ikan Gurame 1000 Ekor

Jika anda ingin menebar 1000 ekor ikan girame dalam satu kolam, maka harus diatur dengan sedemikian rupa dengan tetap mengikuti ketentuan yang sudah berlaku.

Jika tingkat kepadatan pada setiap  20 ekor setiap meter persegi, maka untuk ukuran minimal yang harus dibutuhkan untuk 1000 ekor ikan gurame adalah 50 meter persegi.

Tetapi, untuk ukuran kolam ikan gurame yang baik kami saranakan untuk menggunakan ukuran yang ideal. Maksudnya adalah menggunakan kolam dengan ukuran lima puluh hingga seratus meter persegi.

Untuk ketinggian air yang benar, anda bisa menggunakan ukuran 70 cm kemudian kadar air  yang masuk adalah 15 hingga 20 ekor setiap meter persegi.

Dengan ukuran kolam, ketinggian air, dan debit air tersebut, maka budidaya ikan gurame anda berada pada kepadatan ideal dengan kisaran 10 hingga 20 ekor.

demikian artikel mengenai Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor tersebut bisa anda pelajari untuk membantu proses pembudidayaan ikan gurame anda. Dengan ukuran yang sesuai dengan standar, maka hasil yang didapatkan akan semakin maksimal. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ukuran Kolam Gurame 1000 Ekor Sebenarnya

Ads336x280