Cara Menurunkan pH Air Aquarium dan Kolam Ikan

Advertisement
Pengertian PH yang diambil dari wikipedia adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Air murni dinyatakan sebagai larutan netral, dalam suhu 25 derajat Celcius memiliki pH 7,0. Tingkatan PH dimulai dari angka 0 sampai dengan 14. jika suatu larutan mempunyai Ph di bawah 7 (<7) maka larutan tersebut bersifat asam dan sebaliknya jika larutan tersebut memiliki Ph di atas angka 7 (>7) maka larutan tersebtu versifat basa.

Kualitas air merupakan salah satu hal yang harus dipererhatikan oleh orang orang yang memelihara ikan di dalam kolam maupun di dalam akuarium supaya ikan dapat hidup dengan baik dan segar. Ph di dalam kolam maupun akuarium sangat cepat bisa berubah dan naik yang diakibatkan oleh kotoran dan mineral yang ada di dalam air. Ph normal air tawal berkisaran antara 6,5 s/d 7,5, jika ph lebih tinggi maka ikan pasti akan mati. Jika anda ingin menurunkan Ph air kolam simaklah baik baik penjelasan berikut.

Cara Menurunkan pH air

banyak sekali cara menurunkan ph air kolam dan akuarium. kebanyakan orang mencoba menurunkan pH air dengan mencampurkan larut asam seperti air cuka ke dalam kolam atau akuarium yang memiliki ph yang tinggi. cara ini memang terbukti bisa menurunkan pH air secara cepat, namun tidak dapat bertahan lama. dalam beberapa saat pH air akan kembali naik.

Berikut ini beberapa cara menurunkan pH air yang sering dilakukan dan berhasil.
  • Penurun pH (additive pH down)
Penurun pH merupakan bahan kimia yang bisa kita dapatkan di toko obat kimia terdekat yang berfungsi untuk mengatur kembali tingkat pH di dalam akuarium atau kolam supaya netral kembali. Larutan kimia ini sangat efektif untuk menurunkan tingkat keasaman pH air dengan catatan digunakan dengan dosis yang tepat. Sesudah melarutkan cairan ini ke dalam akuarium atau kolam disarankan untuk mengukur kembali tingkat keasaman pH air supaya tidak ke blablasan. 
  • Daun dan Batang Pepaya
cara selanjutnya untuk menurunkan pH air ialah dengan menggunakan daun dan batang pepaya. cara alami ini sering digunakan oleh peternak ikan terutama peternak ikan lele yang memanfaatkan batang hingga daun pepaya. Masukkanlah beberapa potongan daun dan batang pepaya ke dalam akuarium atau kolam tunggu beberapa saat maka kita sudah bisa menetralkan kembali tingkat asam basa pH air di dalam akuarium. manfaat yang lain dari daun dan batang pepaya adalah bisa dijadikan makan bagi ikan. jika tidak ada pohon pepaya, alternatif lain yang dapat digunakan adalah bonggol pisang, tapi sayangnya kalau terlalu banyak getah pisang maka pH air kolam bisa cepat naik (pepaya relatif lebih aman)
Cara Menurunkan pH Air Aquarium dan Kolam Ikan

  • Air RO (Reverse Osmosis)
cara yang paling mudah untuk menurunkan pH air akuarium adalah dengan mencampurkan air akuarium yang bermasalah dengan air RO yang ber-pH sedikit di bawah netral. kurangi terlebih dahulu air yang ada di dalam akuarium kemudian tambahakan air RO secukupnya. Tunggu beberapa saat pasti pH air akan menurun walaupun efeknya tidak terlalu besar.
  • Daun Ketapang
banyak orang menggunakan daun ketapang yang banyak sekali manfaat ini. daun ketapang sering digunakan untuk mengobati ikan cupang yang terluka selepas bertarung. orang orang biasanya menggunakan sekitar 4-5 daun cupang di dalam satu akuarium.
  • Pelunak Air
cara ini sangat efektif jika kalian ingin menurunkan kadar pH air dalam jumlah yang banyak seperti kolam ikan lele. air keran yang keras dapat menjadi netral dengan menggunakan garam sodium dan kalium yang ada di tangki. air yang sudah netral dapat digunakan untuk menggantikan air yang sudah lama yang berada di dalam kolam ataupun akuarium yang memiliki pH tinggi.

penyebab utama yang mengakibatkan kadar pH air naik adalah karena kotoran dari ikan sendiri. selain itu sisa makanan dan juga lumut / alga yang tumbuh di dalamnya. jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka akan mengakibatkan kerak yang membandel yang tak enak dipandang yang menempel pada bagian kaca akuarium atau kolam. 

demikian yang dapat kami jelaskan mengenai Cara Menurunkan pH Air Aquarium dan Kolam Ikan. bagi kalian yang ingin menggunakan bahan kimia untuk menurunkan pH air sebaiknya berhati hatilah. Gunakan sesuai petunjuk pemakain yang tertulis di petunjuk kemasan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menurunkan pH Air Aquarium dan Kolam Ikan

Ads336x280