Cara Menghilangkan Sablon di Baju Kaos Terbukti

Advertisement
Memakai baju kaos sablon menjadi trending sendiri di zaman yang sudah modern ini. Banyak sekali model dan gaya sablon yang terpampang di depan maupun belakang baju kaos anak muda sekarang. Menyablon merupakan teknik mencetak tulisan maupun gambar di berbagai media. dalam pengerjaan sablon biasanya dibantu oleh screen dan rakel sablon. Anak muda sekarang banyak sekali memakai baju sablon dengan sablon yang berbagai macam karakter, seperti poliflex, pigmen, glitter, plastisol, foil dan rubber (karet).

Nah sekarang jika kalian mengalami kesalahan cetak maupun mau menghilangkan sablon yang ada di baju kaos. bagaimana cara menghilangkan sablon di baju kaos? jika baju yang di sablon masih basah, cara menghilangkannya bisa menggunakan kain perca basah untuk mengelapnya. Dalam keadaan lain, kalau sablon di baju kaos sudah menering, hal ini akan sangat mempersulit proses penghilangan sablon. terkadang orang juga akan berfikir panjang untuk menghilangkan atau tidak sablon yang dianggap tidak layak tersebut. ada yang berfikir bahwa ada atau tidaknya sablon di baju tidak akan mengurangi kenyamanan bagi si pamakai nya. bisa saja mereka hanya akan memakai pakaian di rumah nya.

Lain ceritanya jika kalian benar benar ingin menghilangkan sablon di baju kaos. Misanya menghilangkan sablon pada jersey bola yang tersablon nama orang yang sudah berpindah klub. dan jangan khawatir karena kami akan menjelaskan kepada anda bagiamana cara tips untuk mengelupas sablon permanen.

Cara Menghilangkan Sablon di Baju

Ketika kita hendak untuk menyetrika baju kaos yang bersablon pasti kita akan sangat berhati hati supaya sablon yang ada tidak terkena setrika sehingga rusak. nah dari sini dapat kita ketahui bahwa sablon rubber tidak akan tahan terhadap panas. bahan rubber akan terkelupas jika terkena setrika. 

Menggunakan Setrika

Jika tipe sablon yang digunakan adalah tipe polyflex, plastisol dan rubber kalian bisa menggunakan setrika untuk melepas sablon yang ada. dengan tekstur sablon yang luntur akan sangat mudah untuk dihilangkan. baju distro dan jersey bola biasanya disablon menggunakan bahan ini.

Proses menghilangkan sablon menggunakan setrika perlu adanya kehati hatian karena bisa saja jika ada sablon lain yang ingin dipertahankan ikut rusak terkena setrika. Untuk pengaturan tingkat kepanasan ssetrika bisa diatur sesuai dengan jenis baju yang ingin di setrika.

Bahan dan alat yang harus disediakan:

  • Kaos sablon yang akan di hilangkan sablon
  • setrika, digunakan untuk menghilangkan sablon
  • Kain kering, supaya sablon tidak menenpel di setrika
langkah yang harus dilakukan:
  1. Panaskan setrika terdahulu selama lebih kurang 3 menit
  2. Letakkan kaos dengan sablon yang akan di hilangkan di atas tempat yang rata. Disarankan untuk menggunakan papan setrika. Jika meja setrika tidak ada boleh menggunakan meja datar yang sudah dialasi dengan kain yang berukuran tebal dan halus
  3. Letakkan kain kering di atas sablon kemudian tempelkan setrika selama 5 detik
  4. Ambil kain kering, kemudian oleskan alkohol selagi sablon masih panas
  5. Sablonan pada kaos akan mulai mengkerut dan mungkin sudah bisa dilepas
  6. Kita mungkin perlu mengulangi proses menyetrika sampai pengolesan alkohol di atas beberapa kali hingga sablon benar benar hilang dari kaos kita
  7. Olesi bekas sablon/ lem pada kaos dengan alkohol lalu gosok dengan kain kering
  8. Cuci kaos tersebut untuk menghilangkan bekas alkohol dan sisa sisa sablon
Jika ada bekas sablon yang tidak sengaja tertempel di setrika, bersihkan menggunakan campuran cairan air dan cuka.

Menggunakan Cairan M3/M4

Menggunakan cairan M3/M4 ternyata bisa menghilangkan sablon di baju kaos. Dengan menggunakan cairan M3 Solvent Base semua sablon di atas baju akan terangkat. Hasilnya sangat efektif dan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan setrika. Disarankan untuk menggunakan masker supaya cairan ini tidak ikut masuk ke dalam paru paru anda.

Cairan M3 biasanya di jual di toko perlengkapan alat sablon, dan untuk mempermudah kalian juga bisa memesan cairan ini secara online di marketplace kesayangan anda. Untuk harga cairan M3 berkisaran lebih kurang 35 ribu per liternya sedangkan untuk cairan M4 memiliki reaksi yang lebih efektif dan keras dengan harga yang lebih tinggi.

Bahan dan alat yang harus disediakan:
  • Kaos sablon yang akan di hilangkan sablon
  • Kain kering untuk mengoleskan cairan m3
  • Kain kering, supaya cairan kimia tidak rembes kemana mana
  • Sikat cuci, supaya kita tidak menyentuh cairan kimia secara langsung

Cara menghilangkan sablon: 

  1. Letakkan baju kaos di atas permukaan yang datar disarankan diatas lantai dan pastikan bagian sablon menghadap ke arah atas
  2. Masukkan kain kering yang tidak terpakai lagi ke dalam kaos sablon supaya cairan M3 tidak mengalir kemana mana
  3. Ambil kain kering satu lagi dan basahi dengan cairan M3. harus sangat berhati hati supaya tidak terkena tangan
  4. Usapkan kain sablon tersebut ke sablon yang ingin di hilangkan
  5. Diamkan beberapa saat kemudian usap sablon tersebut menggunakan sikat cuci baju
  6. Ulangi langkah langkah di atas supaya sablon benar benar hilang dari permukaan baju
  7. Terakhir jangan lupa untuk mencuci kaos yang sudah di hilangkan sablon supaya cairan M3 yang telah di resap oleh kaos hilang.
sangat berhati hati jika menggunakan cairan M3 karena jika terkena sablon lain yang tidak ingin di hilangkan bisa jadi akan memudar warnanya. Jangan langsung dipakai baju yang baru siap dihilangkan sablonnya dikarenakan cairan M3 dapat mengakibatkan iritasi pada tanagan dan badan anda.
Cara Menghilangkan Sablon di Baju Kaos Terbukti

Selain M3 banyak cairan lain yang dapat menghilangkan sablon seperti cairan Tinner dan Paint Remover. Bisa juga menggunakan bahan yang lainnya seperti bensin dan minyak kayu putih. Kedua cairan yang mudah didapatkan ini memang sangat mudah sekali digunakan untuk menghilangkan benda yang lengket dan lem.

Cara Menghilangkan Bekas Sablon

sebelumnya kita sudah membaca bagaimana cara menghilangkan sablon di kaos. namun, yang menjadi kendala sekarang adalah bagaimana cara menghilangkan bekas sablon di kaos? Karena bisa saja ada lem yang tertinggal yang belum terangkat. Ada yang menyarankan untuk menutup bekas tersebut menggunakan bordir atau gambar sablon yang baru. 

Ternyata ada cara mudah yang bisa kita gunakan untuk menghapus bayangan sablon tersebut. Menggunakan cairan ulano 8 bekas sablon bisa kita hilangkan. cukup teteskan cairan tersebut ke atas bekas lem sablon kemudian gosok dan lap. Sebenarnya bekas lem akan hilang sendirinya dengan proses pemakaian dan pencucian setiap harinya. 

Terkadang ada orang yang kurang puas dengan cara menghilangkan sablon di atas. Memang pada dasarnya memang sangat sulit untuk menghilangkannya agar benar benar hilang dan bersih serta tidak meninggalkan bekas sedikitpun. Oleh karena itu sebaiknya serahkan saja kepada tukang sablon untuk menghilangkanya dan hasilnya pun akan lebih baik.

Tingkat keberhasilan untuk menghilangkan sablon dari kedua cara diatas tergantung terhadap lamanya sablon tersebut menempel. Proses akan mudah dilakukan jika baju kaos sablon dan jersey masih dalam keadaan baru.

Para penyablon biasanya menhilangkan bekasan sablon akibat kesalahan yang terjadi menggunakan textile gun. sablon yang muncul akibat kebocoran tinta cukup di hilangkan menggunakan semprot hingga sablon lepas. Alat ini biasanya dijual dengan harga 300 ribuan. tapi sayangnya alat ini tidak dapat digunakan untuk sablon yang memenpel dalam keadaan yang lama.

Itulah beberapa Cara menghilangkan sablon di baju bisa dipraktekan pada kaos, jaket, topi, jersey, plastik, gelas kaca ataupun tas kanvas. Keefektifan cara di atas juga tergantung pada jenis kain dan sablon. Sekian artikel dari blog kami, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Sablon di Baju Kaos Terbukti

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==