Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi

Pernahkan kalian bayangkan ketika kalian sedang mandi di kamar mandi dan melihat cacing di dalam bak penampungan air. pastinya kalian muak melihat penampakan cacing tersebut dan membuat mood kalian untuk mandi akan hilang. yang namanya juga manusia untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh tentunya mau tidak mau kita harus mandi dan jika tidak ada solusi lain maka kita terpaksa memakai air di bak penampungan yang ada cacing tersebut. namun, pastinya cacing akan di keruk terlebih dahulu dibuang supaya air bisa digunakan. tapi, walaupun malam ini cacing sudah di keruk dari dalam bak penampungan, besoknya akan muncul lagi cacingnya. nah, yang menjadi pertanyaannya dari manakah cacing itu muncul lagi? heran kan?

cacing adalah hewan kecil yang berlendir yang suka berada di daerah yang lembab. dan kamar menjadi merupakan salah satu tempat kesukaan cacing untuk bermain. apabila cacing berada di atas lantai bisa saja dimaklumi dari mana cacing itu datang, namun jika cacing tersebut berada di dalam bak penampungan tahukah kalian dari mana cacing tersebut berasal? nah simak penjelasan berikut ini

Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi

memang sangat aneh dan mustahil jika ada cacing di dalam bak penampungan air di kamar mandi. namun jika di telusuri lebih dalam, banyak sekali penyebab yang bisa terjadi. berikut ini penjelasan dari mana cacing tersebut berasal.

Air Sumur

Sumber air yang berasal dari sumur bisa menjadi kemungkinan cacing muncul di dalam bak kamar mandi. bagi kalian yang menggunakan jasa PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), kecil kemungkinan air dalam bak akan bercacing. karena air sudah terlebih dahulu di proses dan di berikan kaporit. Sumber air yang di ambil langsung dari sumur menggunakan pompa air besar kemungkinan cacing merah yang berada di dalam tanah sumur ikut tersedot pompa air dan masuk ke dalam bak kamar mandi.

orang orang biasanya memompa air dari sumur dan menampungnya di dalam tandon. saat di pompa akan ada cacing atau telur cacing yang ikut tertarik menggunakan pompa air ke dalam tandon. jika tandon jarang dibersihkan, maka air yang berada di dalam tandon akan keruh dan cacing akan mudah berkembang di dalamnya. ketika keran air yang terhubung ke keran bak kamar mandi di buka besar kemungkinan cacing yang berada di dalam tandon akan ikut masuk ke dalam bak kamar mandi.

cara menghilangkan cacing di bak kamar mandi yang paling efektif ialah dengan cara membersihkan bak penampungan air kamar mandi secara teratur. bisa dalam kurun waktu 3 hari sekali maupun seminggu sekali. dan opsi tambahan ialah dengan menabahkan kaporit ke dalam bak kamar mandi. jangan lupa pula manambahkan penyaring pada keran air bak kamar mandi. saran lain yang asngat bagus untuk menghilangkan cacing di dalam bak kamar mandi adalah dengan cara memelihara ikan sejenis gurame dan mujair di dalamnya. namun hal ini juga kurang baik karena ikan juga hewan yang akan mengeluarkan kotoran dan nantinya akan bercampur dengan air di dalam bak.

Celah di keramik bak mandi

cacing bisa jadi masuk ke dalam bak mandi melalui celah yang ada di bak mandi. biasanya celah ini berbentuk pada bak mandi yang terbuat dari semen. jika penyemenan dan bak sudah berumur tua/lama maka akan muncul celah di antara keramik atau semen. seiring berjalan waktu telur cacing yang berada di celah semen tersebut akan menetas dan berkembang biak dalam celah semen tersebut. salah satu kelebihan cacing ialah walaupun sudah bertahun tahun berada di dalam campuran pasir dan semen masih saja bisa menetas dan berkembang biak.

bukan hanya dari celah bak kamar mandi, cacing juga bisa muncul dari celah dinding dan lantai kamar mandi. Tips yang paling ampuh untuk menghilangkannya adalah dengan cara menguras seluruh air dari bak kamar mandi dan biarkan kering hingga beberapa hari. kemudian tutuplah celah menggunakan semen keramik yang berwarna yang sering dipakai untuk menutupi celah keramik. yakinlah, cacing tidak akan muncul lagi. sangat disarankan untuk membongkar keramik yang berada di sekitar celah keramik, karena siapa tau disitulah sumber munculnya cacing cacing tersebut. namun, dengan cara ini bisa menghabiskan banyak sekali dana. untuk hasil yang lebih bagus minta tolong sama tukang keramik untuk memperbaiki nya.
Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi

Saluran pembuangan

ketika hendak masuk ke kamar mandi terkadang anda memakai sandal atau sepatu yang di bawah alas kaki tesebut bisa saja ada melekatnya telur cacing. Telur tersebut bisa saja terbawa air dan terhenti di bagian saluran pembuangan yang lembab dan kotor dan sangat cocok dijadikan tempat berkembang biak ribuan cacing. setelah telur menetas, tidak jarang cacing cacing ikut naik ke dalam kamar mandi dalam jumlah yang banyak.

cara mengusir cacing ini bisa dengan menyiram air larutan pembersih lantai atau garam ke lantai dan lubang saluran pembuangan. dengan tubuh yang cair cacing sangat sensitif. setelah terkena larutan pembersih dan garam cacing akan mati.

demikian cara mengusir cacing di bak kamar mandi dari beberapa sumber. jika anda melihat cacing di kamar mandi langsung saja ambil dan buang ke luar. atau bisa juga dengan menyiramkan cairan pembersih lantai dan garam dan alirkan ke dalam saluran pembuangan. jangan lupa untuk membersihkan bak kamar mandi serta lantai dan dinding secara teratur supaya cacing tidak muncul lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+