Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara Menghilangkan Bekas Double Tape di Kaca dan Bodi Mobil

Double tape merupakan alat yang sering digunakan untuk merekatkan dua buah benda atau barang yang memiliki dua sisi perekat. sangat cocok untuk merekatkan barang yang ringan dan berfungsi sama seperti lem. Jenis lem lakban ini mudah sekali di sobek sehingga banyak orang yang menggunakannya dalam kegiatan sehari hari. Double tape mudah sekali menempel di segala permukaan seperti kaca, kertas, besi, kayu atau plastik. Bagi kalian yang hobi mengendarai mobil sangat sering menggunakan double tape untuk menempelkan aksesoris mobil. busa spon untuk melindungi mobil dari benturan, pelindung sudut bumper dan lain lain.

Kemampuan untuk merekatkan barang yang sangat kuat merupakan kelebihan dari double tape. namun kelebihan ini terkadang juga menjadi masalah untuk kita ketika hendak melepaskannya. Alternatif yang bisa kita lakukan adalah dengan menggosok sisa double tape secara pelan pelan. tetapi masih saja terlihat sisa lem yang menempel di bagian bekasan double tape. Bagaimanakah cara menghilangkan bekas double tape tanpa merusak bodi mobil?

Cara Melepaskan Double Tape

Daya erat untuk merekat barang yang dilakukan oleh double tape bisa kita samakan dengan daya rekat pada stiker. dan yang biasanya double tape yang digunakan pada kendaraan memiliki daya rekat yang sangat kuat. berikut ini akan kami jelaskan beberapa tips sederhana cara melepaskan double tape yang menempel pada body mobil.

1. Dipanaskan

dengan cara memanaskan double tape sehingga suhu nya naik bisa mengakibatkan barang yang melekat pada double tape akan longgar. untuk memanaskannya bisa digunakan alat pengering rambut dan dekatkan selama beberapa menit ke arah double tape yang menempel. disarankan jangan terlalu fokus ke satu titik tetapi panaskan semua bagian double tape. kemudian bisa dilepaskan menggunakan bahan yang mempunyai bagian yang tipis tapi tumpul seperti kartu atm.

2. Dikikis

Jika memang usaha lain untuk melepaskan lekatan double tape tidak bisa lepas juga. tentunya kita harus mengeluarkan tenaga untuk melepas double tape yang melekat. untuk melakukan cara ini bisa menggunakan benang pancing (benang nilon) jangan benang yang tajam.

tahap pertama yang harus dilakukan adalah pegang benang nilon menggunakan kedua tangan, selipkan ke belakang double tape kemudian tarik benang ke arah kiri kanan atas bawah untuk mengikis hingga terlepas. cara ini memang sangat beresiko cat akan terkelupas. jadi disarankan untuk sangat berhati hati ketika mengkikis double tape.

3. Dilicinkan

dengan cara melicinkan double tape bisa juga untuk dilepaskan. caranya, campurkan air panas, sabun cuci piring, dan cuka sehingga terlihat berbuih. ambillah kain lap dan celupkan ke dalam larutan cairan tadi kemudian gosokkan ke bagian double tape yang masih menempel. Kebanyakan orang mempercayai bahwa larutan ini bisa melepaskan double tape yang masih menempel sehingga mudah untuk di lepas.

dari ketiga tips di atas dapat dikombinasikan supaya memperoleh hasil yang sempurna untuk melepaskan double tape di kaca dan bodi mobil. namun bagaimana cara mengatasi sisa lem double tape yang masih menempel? simak berikut cara menghilangkan bekas lem double tape.
Cara Menghilangkan Bekas Double Tape di Kaca dan Bodi Mobil

Cara Menghilangkan Bekas Double Tape

sisa bahan perekat atau lem yang masih menempel di bagai barang lebih susah untuk dihilangkan dibandingkan menghilangkan double tape. sebagian orang menyarankan untuk menggunakan bensin, namun cara ini akan memberikan dampak yang sangat besar seperti cat akan rusak dan permukaan mobil juga ikut rusak. Jika bekas lem double tape yang ada di kaca tidak masalah bisa saja gunakan minyak bensin atau tiner.

Solusi lain yang dapat digunakan adalah WD40. Dengan menggunakan bahan ini sangat aman dan efektif untuk menghilangkan lem. bahan WD40 biasanya terdapat pada cairan pembersih mobil all purpose cleaner atau paling ekonomis cukup minyak kayu putih.

tahap pertama untuk menghilangkan nya. oleskan wd40 pada sisa lem double tape. Diamkan dalam beberapa menit supaya cairan wd40 meresap ke dalam lem dan melelehkan daya lekatnya. kemudian gosoklah menggunakan kain halus/microfiber.

jika anda masih ragu untuk melakukan cara Menghilangkan Bekas Double Tape di Kaca dan Bodi Mobil dengan sendiri, maka alangkah baiknya anda bawa saja kendaraan anda ke tukang stiker. karena double tape sama fungsi dan kerjanya seperti stiker. tentunya hasil yang dikerjakan oleh tukang stiker akan lebih bagus dan anda pun tidak usah repot repot.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+