Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara Menambal Kasur Angin yang Bocor Kempes

kasur atau matras angin sangat simple untuk digunakan karena ringan sehingga bisa dibawa kemana mana. ini menjadi salah satu faktor kenapa orang orang menginginkan untuk memilikinya. Namun sangat disayangkan jika ada lubang kecil yang membocori kasur angin ini sehingga membuat kasur kempes. Apapun merek dari kasur angin pasti akan kempes kalau bocor, seperti merk intex , bestway dan sebagainya.

Sekarang kalian pasti bertanya bagaimana cara menambal kasur angin yang bocor ? kalau bisa dibayangkan, untuk mencari lubang bocor di kasur angin seperti mencari jarum di tumpukan jerami, sangat jauh berbeda dengan menambal ban motor. Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa langkah cara menambal kasur angin yang bocor.

Cara Mencari Bocor di Kasur Angin

kebocoran pada kasur angin biasanya terletak pada lekukan jahitan atau dekat dengan pentil angin kasur. Jika kalian menggunakan kasur angin di luar rumah, bisa saja kebocoran terjadi di berbagai tempat dan sudut karena banyak benda tajam yang tidak kita ketahui menusuk kasur. Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk mencari bocor di kasur angin adalah Spidor maker yang berfungsi untuk menandai dimana ada kebocoran.

Cara yang paling mudah untuk mencari kebocoran menggunakan telapak tangan. ketika satu tangan kanan meraba raba dimana letak bocor maka satu tangan lagi yaitu kiri menekan kasur angin yang sudah diisi dengan angin. jika memang ada kebocoran pasti akan terasa angin yang keluar mengenai telapak tangan kanan. Tandai terlebih dahulu kebocoran yang sudah ditemui. kemudian cari lagi dimana letak bocor. bisa jadi kebocoran angin pada kasur tidak hanya saja ada di satu tempat. cara ini memeng tidak membutuhkan waktu yang lama tetapi dapat menyita waktu kalian.

Trik yang sering digunkan oleh tukang tambal ban juga bisa digunakan untuk mencari kebocoran di kasur angin. Tentunya kalian harus mempersiapkan bak besar yang berisi air kemudian masukkan kasur angin dan rendam sebagian kasur ke dalam air. Jika ada kebocoran, akan muncul gelembung udara yang timbul ke atas. jangan lupa untuk menandai tempat yang bocor. Cara ini memang sangat cepat untuk menemukan bocor di kasur namun sayangnya air akan masuk ke dalam kasur sehingga lama kelamaan menyebabkan kasur berjamur.

Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk mencari bocor di kasur angin dengan menyemprotkan larutan panas yang dicampur dengan sabun. Semprotkan busa sabun ke arah permukaan kasur kemudian tekan kasur. jika ada gelembung gelembung yang muncul akibat dorongan angin dari dalam kasur maka maka tandai tempat bocor tersebut. dengan melakukan cara ini, bocor pada kasur angin dapat dengan mudah dan cepat untuk di temukan, jangan lupa untuk membersihkan bekasan sabun yang menempel pada

Sebelum kita melanjutkan ke Cara Menambal Kasur Angin yang Bocor Kempes. sebaiknya kasur yang sudah diketahui letak bocornya di jemur terlebih dahulu di bawah terik matahari langsung selama kira kira 1-2 jam.
Cara Menambal Kasur Angin yang Bocor Kempes

Cara Menambal Kasur Angin yang Bocor Kempes

Ketika anda membeli kasur angin apakah paket reapair kit juga di berikan? jika peralatan repair kit uda hilang maka sebaiknya anda pergi ke tempat anda membeli kasur, belilah peralatan repair kita yang sesuai dengan merek dan tipe kasur angin anda. selain itu siapkan juga lem dan karet plastik yang sejenis dan warna sesuai dengan warna kasur anda.

Banyak sekali kejadian dimana tambalan kasur tidak bisa melekat dengan baik karena bahan yang digunakan kurang cocok dengan kasur. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan bahan yang original sesuai dengan merek kasur angin. Jika memang merek original sudah tidak ada dan terpaksa menggunakan merek yang lain, maka gunakan lem karet macam  Aoibon atau Fox, sedangkan untuk tambalannya memakai ban bekas sepeda.

Setelah anda menemukan tempat bocor, dan menandainya, serta mengeringkannya, maka tahapan selanjutnya adalah proses penambalan.

  1. Oleskan lem ke sekitar area yang bocor.
  2. Potong karet plastik secukupnya setidaknya lebih lebar 5 cm dari lebar lubang.
  3. Tutupkan tambalan ke bagian lubang yang sudah di lem
  4. selesai, saatnya tinggal menunggu lem kering

cara di atas merupakan cara yang dapat kita lakukan hanya untuk kerusakan sobek atau bocor pada permukaan kasur saja namun jika kerusakan terjadi di pentil angin kasur maka disarankan untuk membawa ke tukang yang profesional untuk mengatasi masalah ini. demikian penjelasan mengenai Cara Menambal Kasur Angin yang Bocor Kempes. Jika kerusakan tidak bisa di atasi lagi alternatif lainnya dalah mengubah jenis kasur angin ini menjadi kasur biasa dengan cara memasukkan dakron atau kapas ke dalam nya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+