Cara Membuat Sabun Cuci Piring Dari Bahan Alami

Advertisement
Sabun cuci piring merupakan sebutan untuk sabun yang digunakan untuk membersihkan sisa sisa makanan dan kotoran yang masih melekat di piring dan alat dapur lainnya. Kebanyakan dari sabun cuci piring berbentuk cair dan kental serta identik dengan warna hijau. di pasar banyak yang beredar seperti sunlight, mama lemon dan lainnya.

Di zaman sekarang peran abu gosok dan sabut kelapa sudah digantikan oleh sabun untuk membersihkan piring dan perkakas alat dapur lainnya. Tidak hanya menghilangkan kotoran yang menempel, sabun sunlight juga bisa menghilangkan bau yang tidak sedap.

Pernahkah kalian berfikir untuk meracik sendiri sabun cuci piring? Kalau bisa menggunakan bahan alami yang lebi ramah lingkungan dan tentunya aman meskipun nantinya masuk ke dalam tubuh manusia. Berikut ini merupakan kisah dari seorang siswa SMK Negeri 1 Palembang. yang bernama Nasirin dalam membuat sabun cuci piring dari bahan alami.

Cara Membuat Sabun Cuci Piring Sederhana

Siswa SMK ini akhirnya berhasil menciptakan sabun cuci piring herbal yang terbuat dari bahan alami. Sabun yang diciptakan oleh nasirin ini kemudian dikenal dengan nama "SaHer". Sabun saher terbuat dari berbagai campuran bahan alami seperti jeruk nipis, daun pandan, garam dan bahan kimia bernama texapon.

Siapa yang tak kenal dengan daun pandan? daun pandan memang sangat memiliki aroma harum yang sangat khas. selain itu daun pandan juga dapat memberikan warna yang hijau untuk sabun cuci piring herbal. Bahan lain yang digunakan adalah jeruk nipis yang merupakan buah yang sering dignakan oleh ibu ibu untuk menghilangkan lemak membandel.

Texapon adaah bahan kimia yang mampu mengangkat lemak dan kotoran. bahan ini sering digunakan dalam proses pembuatan sabun pembersih seperti shampo, sabun cuci piring, hingga sabun cuci tangan. kalian bisa mendapatkan texapon di toko kimia terdekat.
Cara Membuat Sabun Cuci Piring Dari Bahan Alami

Nasirin mempunyai ide untuk membuat sabun cuci piring alami karena ia melihat ibunya yang sudah mencuci piring namun aroma tidak sedap masih tercium dari piring tersebut. guru nasirin juga ikut membembing ia dalam proses pembuatan larutan ini serta dukungan dari teman teman yang membuat nasirin lebih semangat. berikut ini bahan yang digunakan untuk memproduksi saher.

Bahan saher

  • Daun pandan secukupnya
  • Texapon 20 ml
  • Air 500 ml
  • Perasan jeruk nipis
  • Garam

Alat:

  • Blender
  • Saringan
  • Pengaduk
  • Baskom
  • Botol

Langkah membuat sabun cuci

Siapkan daun pandan, kemudian di potong potong kecil dan kemudian di blender dengan ditambahkan sedikit air. kemudian di saring dan ambil airnya saja. masukkan air daun pandan ke dalam baskom kemudian campurkan dengan larutan texapon yang nantinya dapat mengeluarkan busa yang dapat mengikat kotoran.

Campurkan air, garam dan perasan air jeruk nipis kemudian aduk hingga mengelurakan busa yang sangat banyak. diamkan kira kira 2-3 hari sampai busa menghilang dan cairan menjadi lebih kental. tinggal dikemas dalam botol tertutup.

Sabun buatan nasirin ini sekarang sudah diperjualbelikan di warung dan supermarket sekitaran palembang. Pihak sekolah pun ikut serta mendaftarkan hak paten untuk menjual produk ini. semoga mampu berkembang dan menjadi sabun cuci piring asli buatan indonesia.

Demikian artikel mengenai Cara Membuat Sabun Cuci Piring Dari Bahan Alami. Agar proses lebih steril gunakan alat-alat yang bersih, tidak lupa gunakan sarung tangan agar tidak bersentuhan langsung dengan sabun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Sabun Cuci Piring Dari Bahan Alami

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==