Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara Membersihkan Bekas Semen di Keramik yang Baru Dipasang

Keramik merupakan salah satu jenis lantai yang sangat di sukai oleh masyarakat selain awet, untuk mendapatkan keramik anda bisa untuk mendapatkannya dengan harga yang terjangkau. Harga keramik kira kira berkisaran antara 25.000 sampai dengan seratus ribu tergantung ukuran dan motif nya. jadi kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Keramik dipasang diatas pasir yang ditempelkan menggunakan semen halus. keramik juga ditata rapi dengan sekat berupa nat di antara masing masing keramik. Ketika proses pemasangan berlangsung, terkadang ada saja semen yang terjatuh dan menempel bekas yang tidak enak dipandang.

Sebagaimana yang telah banyak orang ketahui bahwasanya semen memiliki daya erat yang sangat kuat. maka tidak heran apabila semen yang menempel sangat sulit untuk dapat dihilangkan. jangan sembarangan melakukan penggoresan semen yang menempel dengan benda tajam karena dapat meninggalkan bekas goresan di keramik. pasti kalian bertanya bagaimana cara membersihkan keramik yang baru dipasang?

Cara Membersihkan Bekas Semen pada Keramik

Larutan asam seperti cuka biasanya diyakini bisa digunakan untuk menghilangkan semen yang menenpel pada keramik. Asam yang sangat cocok digunakan untuk membersihkan keramik adalah menggunakan Asam Klorida (HCl). tingkat keasaman bisa untuk mengangkat noda semen sehingga mudah untuk di lepas.

Harga HCL sekarang berkisar 15000 yang bisa kalian dapatkan di toko bangunan terdekat. Disarankan supaya sangat hati hati dalam melakukan penghilangan semen dengan larutan ini karena jika larutan HCL terkena tangan, akan terasa gatal gatal di bagian yang terkena HCL. dan yang perlu anda jaga jangan sampai larutan HCL terkena mata.

Selain menggunakan HCL kita juga menggunakan produk pembersih keramik yang sekarang banyak sekali di jual di toko terdekat. Banyak sekali produk berkualitas yang terbukti dapat menghilangkan kerak dan noda membandel. Perlu di ketahui bahwa cairan ini sangat berbeda dengan cairan yang digunakan untuk mengepel lantai.
Cara Membersihkan Bekas Semen di Keramik yang Baru Dipasang

Berikut ini cara membersihkan bekas semen di keramik menggunakan larutan HCL

Alat dan Bahan


  • Larutan HCl
  • Ember kecil
  • Kuas 
  • Serabut pembersih wajan/ Sikat
  • Kain lap
  • Air

Langkah langkah:

  1. Tuangkan HCl ke dalam ember kecil tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kuat keasamannya. Jangan sampai terkena bagian nat, ditakutkan akan merusaknya.
  2. Celupkan kuas ke dalam larutan HCl lalu oleskan ke noda semen pada keramik
  3. Biarkan beberapa menit agar bereaksi
  4. Sedikit gosok gosok dengan serabut pembersih wajan hingga bekas semen terlepas
  5. Guyur dengan air lalu dilap menggunakan kain
  6. Keringkan, ulangi jika hasil belum maksimal 
Ada hal yang harus diperhatikan bahwasanya jangan pernah terlalu sering memakai cairan larutan HCL maupun cairan pembersih khusus untuk menghilangkan kerak semen. karena jika keseringan dipakai akan mengakibatkan lapisan keramik akan mengikis menjadi tipis. kalau hanya ingin menghilangkan atau membersihkan kotoran hewan maka cukup dengan menggunakan cairan pembersih lantai.

untuk membersihkan semen yang sudah lama dan mengering pasti akan sangat sulit karena sudah menempel dengan sangat kuat di lantai. untuk mengantisipasinya jika ada larutan semen yang baru saja terjatuh di atas keramik dan masih basah, segera lap menggunaka kain. jika nantinya pun ada bekas itu hanya bekasan putih yang sangat mudah untuk dihilangkan.

Tidak hanya pada semen keramik yang baru dipasang, terkadang semen juga akan menenpel di keramik ketika rumah anda sedang di renovasi. Biasanya akan terjadi ketika dilakukan perbaikan pada tembok yang retak. Cara paling efektif untuk menghindarinya adalah siapkan koran dan lapisi keramik menggunakan koran supaya ketika proses penyemenan sedang berlangsung, tidak ada semen yang terjatuh langsung mengenai keramik.

Cara Merawat Keramik yang Baru Dipasang

bagi kalian yang baru pertama kali memasang keramik sebagai lantai rumah, pastinya masih bingung bagimana cara merawatnya. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa tips yang bisa dilakukan agar keramik tahan lama dan tidak mudah rusak.

  1. Jangan pernah jatuhkan benda berat dan tajam ke atas keramik. Meskipun keramik dikatakan anti pecah dan tahan lama. karena bisa saja keramik akan retak jika benda berat dan tajam terjatuh di atasnya.
  2. ketika ada kerak atau kotoran yang membandel, gunakan cairan pembersih keramik agar mudah untuk dibersihkan.
  3. Jika ada cairan seperti kopi, teh, sirup yang terjatuh ke atas lantai keramik, maka bersihkan segera supaya tidak menempel di atas keramik terutama di bagian nat.
  4. Ketika hendak memindahkan benda berat yang berada di atas keramik, jangan pernah di geser, tapi angkat benda tersebut. kebanyakan orang menggeser benda yang berat ketika hendak memindahkan ke tempat lain sehingga menimbulkan goresan pada keramik.
Begitulah penjelasan mengenai Cara Membersihkan Bekas Semen di Keramik yang Baru Dipasang. bahan lain yang bisa saja menempel kuat di atas keramik adalah cat. cara menghilangkan nya pun sama dengan menghilangkan semen yang telah dijelaskan diatas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+