Cara Budidaya dan Ternak Ikan Hias Molly Balon Mudah dan Menguntungkan

Advertisement
Cara Budidaya dan Ternak Ikan Hias Molly Balon Mudah dan Menguntungkan - Pernahkan kalian melihat ikan hias yang tubuhnya berwarna warni dan memiliki perut yang besar? ikan yang memiliki perut besar dan berbagai macam corak warna tersebut dinamakan ikan molly balon. banyak sekali orang orang berburu ikan ini untuk dijadikan ikan peliharaan di dalam akuarium dirumah, apartemen, hotel dan tempat pameran ikan. Ikan yang nama latinnya poelicia latipinna molly ini sampai saat ini mempunyai sebagian variasi corak warna. Keunikan di bagian perut ikan molly yang buncit membuat anak anak banyak yang menggemari ikan molly ini terlebih lagi bagi mereka pecinta ikan hias. Dengan banyaknya penggemar yang menyukai ikan molly balon ini membuat peternak / pembudidaya ikan hias tertarik untuk membudidaya ikan molly balon. Cara Budidaya ikan molly balon mudah untuk dijalankan sebenarnya sama seperti membudidaya ikan ikan jenis lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa habitat ikan hias molly balon sebenarnya berada di perairan dengan suhu 25-28 derajat celcius serta tingkat keasaman basa air sebesar PH 8. Sebenarnya ikan molly balon bisa juga dibudidayakan di mana saja karena ikan molly sudah terbiasa dipelihara dan hidup pada tingkat PH 7 yang juga termasuk ke dalam PH netral. Untuk membudidaya ikan molly sangat bagus dilakukan di dalam akuarium dan tidak menutup kemungkinan pula dapat di budidayakan di dalam ember, bak semen, dan wadah lainnya. Ikan molly merupakan salah satu ikan yang sangat jarang akan terkena penyakit sehingga banyak pembudidaya ikan tertarik untuk membudidaya ikan ini dan menjadi peluang usaha bagi pengusaha ikan hias untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Cara pembudidayaan ikan molly sebenarnya hampir sama dengan cara membudidaya ikan guppy hal ini mudah karena molly mempunyai tingkat Pertahanan tubuh yang lumayan tinggi.

Membudidaya ikan molly balon tentunya sangat mudah dan menguntungkan, namun tentunya dalam proses pembudidayaan ikan, kita memerlukan persiapan yang matang mulai dari bibit, tempat dan juga pakan. penentuan pasangan sangat dibutuhkan ketelitian dan perhatian khusus dalam pembudidayaan ikan ini. Proses ini bertujuan supaya ikan molly balon mempunyai corak warna spesifik dan menarik. pemilihan induk betina dan induk jantan sebaiknya yang memiliki ukuran tubuh yang besar serta memilik warna dan corak yang indah dan unik. Jika anda sudah meyakini bahwa indukan tersebut dapat menghasilkan anak ikan yang bercorak bagus dan unik, maka kemudian masukkan mereka ke dalam akuarium, bak , atau bisa juga ember. disarankan supaya dikontrol setiap hari ikan yang sudah dimasukkan ke dalam wadah tadi supaya mempunyai hasil yang optimal serta ketika anak ikan sudah muncul segera pindahkan ke wadah yang lain yang bertujuan supaya larva tidak dikonsumsi oleh indukan.

Saat pemindahan larva ikan hias molly dilakukan dengan cara hati hati sehingga anakan ikan molly balon dapat hidup dengan optimal dan sedikit yang mati. ketika ikan hias molly sudah dipindahkan ke tempat yang bersih jadi berilah pakan ke mereka seperti kutu air, pellet yang sudah di haluskan sebelumnya atau cacing sutra kecil kecil. Setelah ikan molly berusia 3 bulan maka di situlah anda dapat memetik hasil dari usaha membudidayakan ikan molly balon. Sekarang ikan molly dapat dipasarkan dan di jual ke pasar dengan harga yang lumayan menguntungkan.

Setelah kalian membaca penjelasan singkat di atas, apakah cara budidaya dan ternak ikan molly balon mudah ? ya tentunya sangat mudah bukan? mulai dari pemilihan bibit hingga proses pemindahan anak ikan molly ke dalam wadah baru telah kami jelaskan di atas. cara di atas kami rasa sangat mudah untuk kalian praktekkan di rumah. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa tips yang bisa membantu anda dalam membudidaya ikan molly balon.
Cara Budidaya dan Ternak Ikan Hias Molly Balon Mudah dan Menguntungkan

Tips Melakukan Budidaya Ikan Balon Molly

Banyak sekali orang yang sudah berhasil membudidaya ikan hias molly balon dengan cara ini. Ada beberapa jenis ikan hias yang sesuai untuk di lakukan pembudidayaan supaya keuntungan para pengusaha meningkat, di samping itu banyak juga pengusaha yang membudidaya ikan konsumsi yang juga dapat meningkatkan keuntungan. Beberapa orang memilih untuk membudidaya ikan hias dibandingkan membudidaya ikan untuk konsumsi hal ini disebabkan karena budidaya ikan hias lebih menguntungkan karena jika membdidaya ikan untuk konsumsi hanya akan di hargai per kiloan. dan tidak akan menguntungkan jika dlakukan pembudidaya dalam jumlah yang sedikit.

hasil budidaya ikan yang bagus biasanya tergantung kualitas ikan yang dihasilkan. Tentunya untuk membudidaya ikan hias kita tidak membutuhkan tempat yang luas. lahan yang sempit bisa kita gunakan untu membudidaya ikan hias molly balon ini.

Siapkan tempat pemeliharaan

Hal yang pertama kali yang harus kalian lakukan ketika hendak untuk membudidaya ikan hias molly balon adalah menyiapkan tempat akuarium dengan ukuran yang panjang. Akuarium yang memanjang biasanya akan sangat mudah untuk melakukan pembudidayaan pada ikan hias. selain itu, sediakan juga supply air yang bersih dan natural sehingga terhindar dari bahan kimi yang dapat membahayakan ikan molly balon. Suhu air yang dibutuhkan berkisaran sekitar 24 hingga 30 derajat Celcius. ketika oksigen sudah terlarut dengan air sekitar kurang lebih 3 ppm dengan PH sekitar 6-7 dan tingkat kecerahan air sekitar 30 hingga 60 cm. Anda harus memeriksa seluruh kondisi irigasi air dan drainase. dan juga jangan lupa untuk membuat sekat di dalam aquarium supaya ikan di dalamnya tidak ikut berantam. hal ini dilakukan supaya ikan yang ada di dalam tidak setres dan cepat mati.

Memelihara Beragam Jenis Ikan Hias


Untuk pemula masih umum untuk membuat bisnis ikan hias menguntungkan, itu baik untuk memindahkan ternak atau budidaya dengan berbagai jenis. Tentang beberapa spesies ikan hias dapat dibudidayakan dan paling populer saat ini seperti balon molly, guppy, cupang, diskus, manvist, oscar, hantu, lemon, dan banyak lagi.

Perkawinan ikan hias molly balon

Untuk tahap perkawinan, Anda dapat memilih dari sisi matang yang memiliki usia matang berdasarkan jenis setengah lingkaran hewan peliharaan. Hal semacam ini umumnya dapat dilihat berdasarkan warna tersipu terlihat di alat kelamin. Langkah dengan membuat satu akan dikawinkan ke wadah melalui sketsa 1-2 kali sehari atau 3-4 setiap hari berdasarkan jenisnya.

Bagian Pembesaran

Ketika telur sudah menetas, dan telurnya masih dalam bentuk larva sampai beberapa waktu mereka tidak perlu diberi makan karena masih memiliki persediaan makanan di kuning telur. Namun, larva akan mulai tumbuh membutuhkan makanan berprotein tinggi, seperti kutu air atau cacing sutra dalam pertumbuhan untuk jangka waktu tertentu. Umumnya pada fase lanjutan ikan itu sendiri terlihat seperti ikan kecil kecil yang bisa memberi makan ikannya yang umum dengan struktur yang lebih lembut.

Perhatikan kebersihan Akuarium

Kebersihan akuarium sangat penting untuk pengembangan dan kelangsungan hidup beberapa ikan hias, ditambah ketika datang ke fase pembesaran. Di mana dalam fase itu sebagian besar kotoran akan meningkat dan masih terlalu rentan terhadap air kotor. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan wadah akuarium untuk pembesaran setidaknya sekali setiap 2 hari dan untuk akuarium dewasa dapat membersihkannya seminggu sekali.

bigitulah cara bagian yang paling penting yang harus dikerjakan dalam sistem Tips cara budidaya dan ternak ikan hias supaya bisa menguntungkan, selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Budidaya dan Ternak Ikan Hias Molly Balon Mudah dan Menguntungkan

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==