Cara Budidaya Ikan Gabus/Kutuk Kolam di rumahan

Cara Budidaya Ikan Kutuk Kolam rumahan- Ikan kutuk kerap dimaksud juga ikan gabus atau dalam bhs Jawa ada yang menyebutkan bogo, sejenis ikan tawar yang habitatnya ada di air rawa, sawah serta sungai. Tetapi dikarenakan ketika spesifik ikan ini susah diketemukan khususnya ketika kemarau, jadi beberapa orang yang berniat untuk membudidaya ikan kutuk di media kolam buatan sendiri. Ini benar-benar jadi cara baru dikarenakan harga ikan gabus atau kutuk ini sangatlah tinggi sewaktu musim kemarau jadi argumen untuk dibudidayakan. Tetapi jumlah peternak yang membudidayakan kutuk masih tetap sedikit sekali lantaran masih tetap belum banyak yang tahu bagaimana caranya budidayanya.
Cara Budidaya Ikan Gabus/Kutuk Kolam

Budidaya ikan tawar seperti kutuk sesungguhnya tak sesulit yang dipikirkan, dengan media kolam kecil saja budidaya kutuk telah dapat membuahkan keuntungan yang menjanjikan. Diluar itu, model ikan kutuk juga termasuk juga ikan yang minim perawatan, tidak sama dengan ikan tawar yang lain yang dibudidayakan di kolam buatan memerlukan perawatan ekstra. Pembudidaya ikan kutuk dapat dikerjakan dengan modal minim sekalipun, umpamanya dengan bikin kolam dari terpal atau bak air. Untuk tips cara budidaya ikan gabus kutuk dapat Anda simak langkah-langkahnya.

Tips Langkah-Langkah Budidaya Ikan Kutuk

Menentukan indukan ikan kutuk

Sesudah kita memiliki media berbentuk kolam buatan jadi langkah pertama yang dibutuhkan yaitu pilih indukan kutuk. Tentukan model indukan yang berkwalitas baik jantan ataupun betinanya, tanda-tanda indukan yang baik yaitu mempunyai ukuran badan besar serta panjang dan warna sisiknya lebih gelap. Indukan yang telah siap untuk dipakai pemijahan yaitu ikan yang telah berusia lebih kurang 1 th. lantaran tingkat kedewasaan ikan lebih siap untuk budidaya ikan kutuk buat sebagai pemijahan.

Proses pemijahan Ikan Kutuk

Pemijahan ikan kutuk atau ikan gabus dikerjakan memakai kolam buatan terbuat dari beton atau bak kolam atau bisa juga kolam terbuat dari terpal. Ukuran kolam buatan ini lebih kurang panjangnya 5 mtr. serta tinggi 1 mtr., sedang ketinggian air cukup 50 cm. Lalu langkah budidaya ikan kutuk selanjutnya pemijahan, masukkan indukan ikan kutuk, untuk kurangi dampak cahaya matahari dapat ditambahkan enceng gondok agar ikan lebih tenang serta bergairah, dan membuar air tetap terjaga oksigenya serta suhu air tidak panas.

Pemeliharaan Ikan Kutuk

Sesudah berlangsung pembuahan serta telur menetas jadi benih ikan kutuk, jadi setelah itu yaitu memisahkan indukan ke kolam lain. Maksudnya agar benih ikan itu terbangun keberlangsungan hidupnya tak ada yang dimakan oleh induknya. Benih di beri pakan berbentuk kuning telur hingga umur 1 bln., kerjakan pengenalan model pakan dari mulai yang kecil hingga pakan butiran yang besar saat kutuk makin bertambah besar. Sekianlah banyak hal yang dijalankan dalam cara budidaya ikan kutuk, mudah-mudahan berguna untuk Anda yang tengah mencari panduan budidaya ikan tawar gabus. Nantikan penjelasan serta kajian budidaya ikan yang lain untuk menaikkan kreativitas serta pengalaman Anda. jika anda juga tertarik untuk memelihara ikan gurame silahkan baca artikel Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil Dan Aquarium

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Budidaya Ikan Gabus/Kutuk Kolam di rumahan