Penyebab Bunyi Berdecit pada Rem Motor saat Diinjak

Advertisement
Pernahkan anda mendengar suara yang tidak enak dari bagian motor ? terkadang tidak jarang anda mendengar suara mendecit keras yang tidak hanya anda yang terganggu tapi orang lain yang berada di sekitar anda terganggu dengan suara decitan ini. orang orang pasti akan langsung mencari sumber bunyi dan semua pandangan tertuju ke arah bunyi dan lebih malu lagi jika kita yang punya motornya.

kebanyakan orang tidak mempermasalahkan bunyi rem seperti ini dengan alasan tidak memahami masalah mesin dan mereka berfikir bunyi ini akan hilang sendiri nantinya. namun akan lebih baiknya diatasi terlebih dahulu dan coba di cek kerusakan apa yang terjadi sehingga menimbulkan rem seperti itu. ada beberapa faktor yang menyebabkan rem berbunyi ketika di injak sebagai berikut:

Penyebab rem berbunyi

rem merupakan salah satu yang sangat berperan penting dalam berkendaraan baik kendaraan roda dua, roda tiga, maupun kendaraan roda empat. keamanan dan kenyamanan dalam berkendaraan ditentukan oleh kecepatan kendaraan yang dapat di atur menggunakan rem. namun tahukan kalian kenapa rem terkadang berbunyi ketika di injak? tentu saja banyak sekali faktor yang bisa terjadi. oleh karena itu jagalah rem supaya menjaga keamanan, kenyamanan dan juga keselamatan dalam berkendaraan.

rem yang berbunyi ketika di injak bisa saja terjadi pada kendaraan seperti sepeda, sepeda motor, mobil, sepeda gunung, maupun becak. ada dua jenis rem yang sering digunakan adalah rem tromol dan rem cakram. Rem yang berbunyi berdecit bisa saja terjadi pada kedua jenis rem tersebut dan penyebabnya pun bisa saja sama.

Ada kotoran masuk

Salah satu penyebab yang sering terjadi dan paling mudah untuk diatasi yaitu bunyi rem ketika musim hujan. Di musim hujan banyak sekali kendaraan yang mengalami masalah seperti ini. ketika seseorang berkendaraan di jalanan yang becek atau berdebu bisa saja percikan becek atau debu masuk dan menenpel di bagian piringan cakram/ kampas tromol. selain itu, penyebab lainnya adalah bisa jadi kotoran dari serbuk serbuk halus yang muncul akibat gesekan setelah dilakukan beberapa kali pengereman.

cara menghilangkan bunyi decitan karena alasan di atas dapat dilakukan dengan cara membuka rem kemudian membersihkannya. Jika ada kotoran yang tidak menempel kuat di bagian rem, bisa di semprotkan saja menggunakan angin yang berkekuatan tinggi, namun jika belum bisa teratasi juga bisa menggunakan amplas.

Kampas Rem Tipis

kampas rem cakram/tromol yang sudah menipis dan habis bisa saja menjadi penyebab munculnya bunyi decitan. Jika memang penyebabnya ini mau tidak mau harus menggantikan kampas rem dengan kampas rem yang baru dan pilihlah produk yang berkualitas supaya tahan lama.
Penyebab Bunyi Berdecit pada Rem Motor saat Diinjak

Disc Brake Aus

Disc brake/piringan bisa saja menjadi salah satu penyebab bunyi decitan tersebut. Jika piringan sudah tidak rata dan mulai menipis alangkah baiknya segera mengganti Disc brake/piringan dengan Disc brake/piringan yang baru. Disc brake/piringan yang tipis diakibatkan oleh kondisi dimana anda telah menunda untuk mengganti kampas rem yang sudah menipis. untuk menghindari Disc brake/piringan menipis segeralah mengganti kampas rem yang sudah mulai menipis. 

Solusi yang dapat dilakukan jika piringan yang mulai menipis lebih baiknya langsung saja mengganti Disc brake/piringan dengan Disc brake/piringan yang baru dan tentunya harganya pasti mahal dan jika digantikan dengan Disc brake/piringan yang original akan lebih mahal lagi. Namun jika piringan masih tebal bisa dilakukan pembubutan saja agar rata kembali.

itulah  Penyebab Bunyi Berdecit pada Rem Motor saat Diinjak, jika tidak bisa diatasi dan diperbaiki sendiri alangkah baiknya langsung di bawa ke bengkel terdekat dan hasilnya pun lebih memuaskan. asalkan tidak mengganti dengan yang baru tentunya lebih bisa menghemat uang jajan. dan selalu jaga kesehatan rem kendaraan supaya selamat ketika berpergian ke mana saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Bunyi Berdecit pada Rem Motor saat Diinjak

Ads336x280