Cara merebus telur puyuh yang sempurna

Advertisement
Merebus telur puyuh tentu saja berbeda dengan cara merebus telur ayam atau telur bebek. Untuk merebus telur puyuh memang harus membutuhkan perhatian yang lebih karena puyuh memiliki telur yang kecil dan cangkang telurnya pun sangat tipis. Kebanyakan ibu ibu tentunya pernah merasakan kegagalan atau kurang memuaskan ketika memasak telur puyuh yang memiliki warna putih bercorak hitam coklat ini. Bisa jadi telurnya meletus dan sebagainya.

Saya akan memperlihatkan kepada anda eksperimen yang dikutip dari web simplycooked.blogspot.com yang akan membuktikan seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merebus telur yang sempurna. Telur puyuh yang akan di rebus memiliki suhu ruang bukan telur yang dimasukkan ke dalam kulkas. Waktu untuk memasukkan telur puyuh ke dalam air ialah ketika air sudah me didih dan waktu perhitungan pertama ialah ketika telur puyuh masuk sempurna ke dalam air yang mendidih tadi.

Percobaan untuk telur yang pertama hanya direbus selama satu menit. Dan hasilnya telur masih lembek dan belum matang. Ketika telur ini dipecahkan putih dan kuning telurnya masih berupa cairan kental atau masih mentah.

Percobaan pada telur yang kedua, hanya direbus dalam waktu 2 menit. Ketika telur di belah hasilnya telur putih nya sudah mengeras. Namun yang kuning nya masih cair mentah.

Selanjutnya percobaan pada telur yang ke tiga selama 2 menit 30 detik. Ketika telur di belah hasilnya putih telur sudah mengeras dan kuning telurnya mulai kental.

kemudian telur yang ke empat direbus di dalam air mendidih selama 3 menit. Dah hasilnya telur matang muda. ini sering disebut telur setengah matang.

Dan yang terakhir percobaan pada telur yang ke lima yaitu telur direbus selama 4 menit. Pada percobaan ini Telur bagian kuning nya berwarna pucat. Yang ini disebut telur matang sempurna.

Diatas merupakan hasil percobaan perebusan telur dalam jangka waktu yang berbeda beda. Dengan adanya percobaan di atas mudah mudahan dapat menjadi panduan bagi ibu ibu ketika hendak merebus telur terutama telur puyuh. Yang menyebabkan telur meletus biasanya karena telur yang di rebus terlalu lama dengan suhu yang sangat panas. Makanya ketika hendak merebus telur anda juga harus memastikan besarnya api yang digunakan dan lamanya perebusan telur.

Cara merebus telur puyuh dalam air mendidih


Siapkan terlebih dahulu telur puyuh. Jika telur puyuh sebelumnya disimpan di dalam kulkas. Maka diamkan telur puyuh di luar kulkas sampai mencapai suhu ruangan.
Cara merebus telur puyuh yang sempurna

Siapkan sebuah panci kemudian isikan air dan didihkan air tersebut.

Tambahkan sedikit garam ke dalam air sehingga nanti cangkang telur mudah untuk di lepas.

Ketika air sudah mendidih. Masukkan telur puyuh ke dalamnya. Jangan dimasukkan sekalian. Tetapi lakukanlah perlahan lahan bisa menggunakan sendok atau benda yang lainnya. Hal ini bertujuan supaya kuning telur puyuh berada di tengah telur ketika di kupas dan akan terlihat lebih cantik.

Rebuslah telur puyuh di dalam air mendidih sesuai dengan telur yang di inginkan. Kalian bisa melihat percobaan di atas sebagai referensi perebusan telurnya.

Jika lama perebusan dianggap sudah memadai, maka selanjutnya angkat telur puyuh dan letakkan ke dalam air dingin dan kupas cangkangnya.

Telur puyuh siap untuk di hidang dan dimakan. Lebih enak makan pakek sambal 😁.

Cara merebus telur puyuh bersamaan dengan nasi


Caranya cukup mudah. Masaklah nasi seperti biasanya di dalam Rice Cooker kemudian selipkan beberapa telur puyuh ke dalamnya. Hal ini bertujuan supaya telur tidak meletus dan panas nya merata.

Cara merebus telur puyuh dengan plastik FoodGrade


Berikut ini cara nya:

Siapkan terlebih dahulu kantong plastik nya. Kemudian masukkan lebih kurang 10 butir telur ke dalamnya dan ikat.

Kemudian rebus seperti cara yang sudah di jelaskan di atas

Jika sudah matang. Keluarkan telur dari kantong plastik dan diamkan atau rendam di dalam air dingin.

Note:
Kalian bisa juga menambahkan garam ataupun cuka ketika merebus telur supaya mudah di kupas dan juga dapat membuat telur puyuh lebih tahan lama atau tidak mudah untuk basi. Jauhkan juga telur dari makanan yang berbau seperti sambal , semur jengkol dan lainnya supaya telur lebih tahan lama. Sekalipun telur masih bercangkang / belum di kupas. Bisa jadi cairan masuk lewat pori pori cangkang tersebut.

Cara mengupas telur puyuh


Ketika mengupas telur puyuh, pasti sering terjadi cangkang telur masih menempel di telur yang berwarna putih. Ini sering terjadi akibat telur burung puyuh yang baru saja keluar dari induk betinanya. Oleh karena itu disarankan untuk mengolah telur burung puyuh yang cangkangnya sudah mengeras bisa jadi lebih dari dua hari setelah keluar dari induk betinanya.

Cara mudah mengupas telur burung puyuh adalah dengan cara menempatkan telur di dalam genggaman kedua tangan dan kemudian gilingkan secara perlahan. Usahakan jangan terlalu keras untuk menghindari hancurnya telur puyuh. Buat seluruh cangkang retak saja. Kemudian tarik cangkang secara perlahan dari satu sisi.

Begitulah artikel mengenai cara merebus telur burung puyuh yang sempurna. Perhatikan tingkat panas ketika merebus telur ya. Semoga telur jangan meletus ketika di rebus 😊.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara merebus telur puyuh yang sempurna

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==