Cara menghilangkan jamur pada jaket kulit

Advertisement
Jaket yang berjamur memang sangat mengganggu dan gak enak jika dipakai. Bahkan bisa menyebabkan badan kita gatal gatal. Sebenarnya cara menghilangkan jamur pada jaket kulit mudah dan gampang. Namun jika anda salah cara ketika membersihkannya maka bisa saja jaket kulit kesayangan rusak. Jaket kulit tak pernah tersingkirkan dalam produk fashion. Kita bisa memakainya kapan saja tanpa harus takut ketinggalan jaman atau jadul. Di pasar, untuk harga jaket kulit pastinya di atas harga jaket biasa karena memang kualitasnya pun di atas rata rata jaket biasa.

Sebagaimana yang kita ketahui, jaket kulit terbuat dari kulit binatang yang dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur kemudian diolah menjadi pakaian. Jika jaket kulit dibiarkan berada di tempat yang lembab dalam waktu yang lama, maka jamur bisa tumbuh di jaket tersebut. Ditambah dengan nutrisi dari kulit, jamur bisa tumbuh lebih subur di jaket kulit.

Noda berwarna putih disertai dengan bau apek diakibatkan oleh jamur yang menempel di jaket. Apabila tidak segera diambil tindakan untuk menghilangkannya, maka jaket kalian bisa rusak. Untuk menghilangkan jamur nya, harus dilakukan dengan perlakuan khusus. Berikut ini tutorial lengkap cara membersihkan jamur pada jaket kulit.

Cara Menghilangkan Jamur pada Jaket Kulit

Menghilangkan jamur pada jaket biasa dengan menghilangkan jamur pada jaket kulit itu sangat berbeda. kalau pada jaket biasa hanya membutuhkan waktu yang singkat dan dengan cara yang mudah. namun untuk menghilangkan jamur pada jaket kulit membutuhkan waktu dan cara yang spesial.

Ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan antara lain:
  1. sikat yang lembut. kalau memang tidak ada sikat lembu, alternatif lainnya bisa juga menggunakan Spoon cuci piring
  2. siapkan salah satu barang berikut, boleh pilih mana barang yang ada di sekitar anda: Lotion kulit / Pengkilap Motor / Alkohol / Cuka / Minyak goreng / Baby Oil 
  3. jaket kulit yang hendak dibersihkan harus dalam keadaan kering. jika memang masih daam keadaan basah, jemur hingga kering. baru bisa dibersihkan.

Langkah membersihkan Jamur pada Jaket Kulit

  1. Gantungkan jaket kulit kalian di luar ruangan. hal ini bertujuan supaya spora jamur tidak hinggap lagi di pakaian lainnya sehingga bisa menghindari baju yang lain dari jamur. Apabila kalian memiliki alergi pernapasan, gunakanlah masker untuk menutupi hidung dan mulut kalian supaya spora tidak masuk ke dalam hidung atau mulut kalian.
  2. gosokkan dengan pelan menggunakan perasaan pada bagian jamur di jaket kulit kalian menggunakan sikat lembut. jangan terlalu kasar supaya permukaan kulit tidak rusak. apabila kalian menggunakan spoon yang digunakan untuk mencuci piring, gunakanlah sisi hijaunya untuk menggosok jaket kulit.
  3. kalau ketika digosok ada bagian jamur yang susah hilang, jangan kalian paksa. karena dapat mengakibatkan jaket kulit rusak.
  4. gosokkan salah satu cairan yang telah disebutkan di atas. kami sarankan menggunakan cairan Pengkilap Motor. Semprotkan atau oleskan pada bekas putih yang berjamur. kemudian sikat lagi dengan lembut sehingga bekas jemur hilang. 
  5. jemur jaket kalian di tempat yang panas, bisa juga kalian angin anginkan menggunakan kipas angin supaya spora yang masih hinggap di jaket kulit menghilang.
  6. apabila ada bagian jaket yang rusak, gunakan pelembab atau baby oil dan oleskan.
untuk jaket yang berbahan kulit sintetis akan lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan jaket kulit asli. Setelah semua langkah menghilangkan jamur pada jaket kulit selesai, kini jaket kesayangn anda bisa digunakan kembali dengan nyaman. supaya jamur tidak hinggap lagi di jaket kulit anda, maka rawat dan jaga jaket seperti tidak menyimpan di tempat yang lembab.

apabila ada tanda tanda jamur bermunculan lagi pada jaket kulit, lakukan langkah seperti di atas untuk menghilangkan jamur secara cepat.

Mencegah Munculnya Jamur pada Jaket Kulit

Tahukah kalian cara untuk mencegah munculnya jamur? biasanya jamur itu muncul ketika berada di tempat yang lembab. banyak sekali hal yang dapat menyebabkan kelembaban, bisa karena hujan atau keringat kalian sendiri. Apabila jaket kalian basah, segeralah lap jaket menggunakan kain lain kemudian anginkan di kipas angin dengan kekuatan yang tinggi ya :) . kalau bisa jangan kalian jemur langsung di bawah terik matahari supaya tidak retak.

kalau sedang hujan, lebih baik jaga jaket kulit kesayangan kalian supaya tidak kena hujan langsung. karena jaket itu sangat tebal, susah untuk di keringkan. lebih baik berteduh sebentar ketika hujan turun. kebiasaan jamur itu seringkali muncul di jaket ketika musim hujan tiba. bisa saja dalam waktu semalam saja jamur bisa tumbuh.

menyimpan jaket dalam lemari yang terlalu lama juga bisa mengakibatkan munculnya jamur pada jaket kulit. lebih baik untuk menghindari menyimpan jaket dalam lemari dalam jangka waktu yang sangat lama. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara menghilangkan jamur pada jaket kulit

Ads336x280