Cara Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan

Advertisement
Ketika menyantap hidangan ikan yang enak dan sedap, kadang kadang duri dari ikan suka menancap di tenggorokan. kejadian ini sangat menyiksa dan yang paling menyakitkan lagi apabila duri nyangkut di tenggorokan saat baru mulai makan. perut belum terisi dan kenyang tapi harus disudahi karena sakit. oleh karena itu makanya admin akan menuliskan bagaimana cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan.

Berbagai usaha untuk menghilangkan duri di tenggorokan dilakukan, mulai dari mencoba makan lagi supaya duri ikan terdorong oleh makanan hingga menghabiskan minum air putih sebotol tapi tulang ikan tetap masih nyangkut di bagian tenggorokan. Terkadang memang sulit untuk menghilangkan duri dari tenggorokan tergantung besar kecilnya duri dan seberapa dalam durinya menancap. Tetapi ada satu hal yang perlu di perhatikan bahwa jangan pernah mencabut duri dengan cara memasukkan jari langsung ke dalam tenggorokan anda karena hal ini sangat sakit dan akan timbulnya rasa ingin muntah.

Cara Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan

Ada beberapa cara yang sudah sering digunakan oleh orang banyak untuk menghilangakan duri ikan di tenggorokan. akan kami kelompokkan ke dalam beberapa kelompok berdasarkan metodenya sebagai berikut.

Melumasi

  • Siapkan terlebih dahulu air dan garam. minumlah air dengan campuran garam sebanyak banyaknya. seperti yang kita ketahui bahwasanya jika kita minum air dan garam produksi air liur kita akan meningkat yang nantinya akan bisa mempermudah terlepasnya duri yang tersangkut. caranya adalah siapkan satu gelas air hangat yang sudah dicampurkan satu sendok garam. kemudian aduk sampai air larut dan kumur kumur larutan tersebut di dalam mulut sebentar dan langsung minum airnya. Mudah mudahan dengan cara ini duri ikan yang tersangkut bisa terlepas.
  • Dengan meminum minyak, lebih baiknya minum minyak zaitun dan jika persediaan minyak zaitun tidak ada maka minumlah minyak goreng. Sifat minyak yang licin bisa membantu pelepasan duri ikan di tenggorokan tapi jelas saja rasa minyak pasti tidak enak. 
    Cara Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan

Mendorong masuk

Caranya sangat mudah. kita akan mendorong duri ikan yang nyangkut di tenggorokan masuk ke dalam perut dan kalian tidak perlu khawatir karena sesampainya duri di bagian pencernaan pasti akan di hancurkan oleh organ pencernaan dan tidak mungkin duri nyangkut di organ pencernaan.
  • cara pertama menghilangkan duri ikan di tenggorokan adalah dengan menggunakan nasi. caranya, gumpalkan segenggam nasi dengan ukuran bisa di telan ( jangan besar besar kali). kemudian telan saja gumpalan bola nasi tanpa di kunyah terlebih dahulu. memang akan terasa sakit namun harus ditahan hingga nasi benar benar sudah di telan. anda bisa melakukan hal ini beberapa kali sampai duri ikut tertelan bersama bola nasi. kalau seret, dorong nasi dengan meminum air hangat.
  • yang kedua bisa menggunakan selai kacang dengan roti. selai kacang yang bersifat lengket dan licin diharapkan bisa menenpel di duri ikan dan memakan roti sebagai pendorong duri hingga tertelan ke bagian perut.
  • Makanlah buah pisang dengan menelan tanpa mengunyah. tapi jangan di makan sekaligus satu buah pisang yang. kira kira gigitlah se ukuran bisa untuk di telan. permukaan pisang yang berair diharapkan bisa mendorong duri ikan ke dalam perut dengan mudah tanpa menyakiti tenggorokan.
  • Marshmallow, sifatnya yang kenyal dan lengket diharapkan dapat menempel pada duri di tenggorokan sehingga ikut tertelan masuk ke sistem pencernaan.

Menarik keluar duri ikan

perlu dipikirkan lebih dalam jika ingin melakukan cara ini. sebab jika kalian menggunakan cara menarik keluar duri ikan dari tenggorokan bisa saja melukai tenggorokan anda lebih parah sampai berdarah. Jadikan ini sbagai cara terakhir untuk mengeluarkan duri dari tenggorokan. sebaiknya pergilah ke dokter THT untuk mengeluarkan duri dengan cara ini. jika memang harus dilakukan rumah, minta bantuan kerabat saudara untuk membantu mencabut duri perlahan dari tenggorokan menggunakan pinset.

kalau memang kalian gagal dengan cara melumasi dan mendorong ke dalam duri maka dapat dipastikan bahwa duri manancap cukup dalam di bagian tenggorokan. maka solusi terakhir adalah segera pergi ke dokter THT untuk mempermudah menghilangkan duri di bagian tenggorokan. dan jangan lupa minum anti biotik supaya tidak terjadi infeksi yang parah di tenggorokan.

supaya tidak tersangkutnya duri di tenggorokan sebaiknya jangan makan makanan secara tergesa gesa, kunyah makanan sampai halus sebelum di telan dan jika ada duri pasti akan terasa dan permasalahan ini pun dapat di hindari. jika memang sudah tersangkut, baru baca Cara Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==