Cara Mengganti Keramik yang Pecah atau Retak Sendiri

Advertisement
Lapisan keramik yang dikenal banyak orang kuat dan tahan lama, ternyata keramik juga bisa retak dan  pecah. Biasanya diakibatkan karena benda berat atau keras yang menghantam atau jatuh ke atas keramik, atau adanya pergerakan tanah, bisa juga karena kesalahan pemasangan. Selain itu, keramik yang tidak melekat dengan erat pada semen bisa mengakibatkan keramik itu kopomg atau menggelembung terangkat hingga pecah.

Pemasangan keramik biasanya dilakukan oleh tenaga kerja yang sudah profesional yang dapat kita percayai untuk memasang keramik. Pemungutan upah yang diambil oleh tukang biasanya borongan dimana tukang dibayar untuk mengerjakan/memasang seluruh keramik di rumah.

Nah, apabila sudah dilakukan pemasangan nantinya ada 1 atau 2 keramik yang mengalami keretakan atau pecah, sebaiknya coba kalian perbaiki sendiri. Jangan langsung panggil tukang keramik lagi. Bisa untuk menghemat biaya juga lho 😀.   Jika ada kemauan untuk memperbaiki pasti bisa.

Cara Mengganti Keramik yang Pecah


Keramik yang sudah rusak dan retak tentunya sudah tidak bisa di gunakan lagi, jika memang anda paksakan memakai keramik yang sudah rusak, tentunya akan mengurangi keindahan lantai rumah. Jika memang sudah tidak memiliki lagi cadangan keramik, belilah keramik yang memiliki motof yang sama dengan keramik yang rusak.

Pecahan keramik tentunya sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja, serpihan pecahan keramik biasanya akan tajam bahkan berbentuk runcing yang bisa jadi akan menyakiti kaki yang melewatinya. Oleh karena itu, segeralah mengganti keramik yang pecah supaya hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.


Siapkan terlebih dahulu pahat dan palu untuk mencongkel keramik yang rusak. Pahat dan palu yang dimaksud adalah palu yang digunakan khusus untuk pemasangan perekatan keramik ke lantai sebelumnya. Tidak lupa pula siapkan adonan semen dengan pasir untuk merekatkan keramik ke tempat semula. Siapkan juga nat untuk mengisi sela antar keramik. Sebaiknya warna nat sama dengan nat yang digunakan sebelumnya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan


 1. Keramik baru, sebaiknya rendam terlebih dahulu di dalam air kira kira lebih dari 1 jam an. Supaya keramik bisa menempel dengan erat di lantai.
 2. Pahat
 3. Palu
 4. Semen
 5. Sendok semen
 6. Nat
 7. Air

Langkah langkah memperbaiki keramik rusak


Pertama, lubangi terlebih dahulu keramik yang rusak secara diagonal menggunakan pahat dan palu supaya keramik yang berada di sampingnya tidak ikut rusak.

Kedua, congkel keramik yang sudah rusak menggunakan sendok semen. Serta bersihkan lapisan tipis semen yang berada di bawah keramik rusak dan bersihkan pula nat yang ada di sekelilingnya.

Ketiga, sebelum menempelkan semen dan keramik yang baru. Pastikan terlebih dahulu daerah yang akan di perbaiki benar benar bersih dari segala macam kotoran. Masukkan semen dan ratakan, perkirakan ketebalannya sesuai dengan keramik di sekelilingnya.

Keempat, keramik baru siap untuk dipasangkan dan pastikan pemasangan keramik sejajar dengan garis keramik yang di sekelilingnya.

Kelima, ketuk ketuk dengan pelan keramik yang baru di pasang sehingga rata dengan keramik di sekelilingnya. Biasanya digunakan palu khusus yang lembut supaya keramik tidak pecah dan hasilnya pun akan merekat kuat.

Keenam, lebih kurang 1 jam an lebih  pasang nat untuk mengisi sela sela keramik.

Hal yang perlu diperhatikan, bahwa jangan menginjak keramik yang baru dipasang selama beberapa hari. Hal ini bertujuan supaya keramik dan semen menempel dengan erat. Dengan begini, tidak akan muncul lagi masalah seperti keramik kopong, terangkat hingga lepas lagi.

apabila ada noda bekas pemasangan di lantai, bisa kalain bersihkan menggunakan air ataupun dikerok menggunakan tiner.

Mengatasi keramik retak tanpa mengganti


Untuk menggantikan keramik yang pecah tentunya membutuhkan uang selain itu juga akan menguras tenaga dan waktu juga. Apalagi jika di toko sudah tidak memiliki stok barang yang sama dengan jenis dan motif keramik anda.

Berikut ini merupakan tips sederhana dengan mengecat keramik untuk menyamarkan retakan.

 1.  Pilihlah warna cat sesuai dengan warna keramik
 2. Oleslah cat di retakan keramik menggunakan kapas atau bahan sejenisnya.
 3. Biarkan sampai kering
 4. Lap menggunakan kain untuk menghilankan noda yang tertinggal.

memang cara di atas tidak dapat memperbaiki retakan keramik secara keseluruhan, tetapi dapat membuat lantai terlihat lebih cantik dan bagus dari kejahuan. Cara seperti ini hanya bisa dilakukan untuk keramik yang tidak bermotif banyak coraknya, dan retakannya pun tidak terlalu parah. Namun, jika keramik retak atau pecah parah hingga terangkat, maka sebaiknya diganti dengan keramik yang baru. Jika tidak diganti, ditakutkan dapat melukai kaki orang yang melewatinya.  Solusi lain yang dapat kalian lakukan adalah dengan melakukan penataan ulang ruangan, seperti meleakkan lemari atau perabot lainnya di atas keramik yang pecah tersebut. Cara menggantikan keramik yang pecah atau retak bisa kalian lakukan sendiri. Tetapi jika tidak mempunyai banyak waktu lebih baik kalian memanggil tukang untuk memperbaiki keramik yang pecah atau retak. Pasti hasilnya lebih bagus dan rapi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengganti Keramik yang Pecah atau Retak Sendiri

Ads336x280