Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara Mengatasi Dispenser Bocor Air Meluap

Siapa yang tidak kenal dengan dispenser? ya dispenser merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah menuangkan air yang berasal dari galon air. di dalam sidpenser juga terdapat alat yang disebut dengan heater yang berfungsi sebagai alat pemanasa air dan juga sebagai alat pendingin air. Dispenser lebih sering digunakan dibandingkan dengan pompa karena fungsi dispenser lebih disukai oleh pengguna. Pemakaian dispenser banyak sekali mulai dari orang kerja kantoran, rumah tangga, anak kost dan di berbagai tempat lainnya.

Permasalahan yang sering terjadi pada dispenser adalah ketika airnya bocor ataupun meluap ke mana mana sehingga membasahi lantai dan barang yang ada di sekitarnya. Penyebab yang sering timbul terjadinya kebocoran adalah mulai dari keran dispenser yang mulai aus, dan harus digantikan dengan yang baru. nah bagaimana jika dispenser bocor dari atas? apa yang terjadi? apa yang menyebabkan air dispenser meluap?

Cara Mengatasi Dispenser Yang Bocor

Jika kalian orang yang terpelajar atau pernah sekolah pasti pernah belajar tentang tekanan air. dimana air akan memberi tekanan ke segala arah. Pada dispenser yang normal, semua bagian dispenser pasti tertutup rapat dan tidak ada bagian air yang bocor dan meluap ke luar. jika ada sedikit celah pada bagian dispenser maka air akan memberikan tekanan dan pastinya akan bocor dan merembes kelur sehingga semua yang dilaluinya ikut basah dan stok air di galon akan berkurang dan sedikit demi sedikit akan habis. beberapa faktor yang mungkin saja terjadi adalah adanya kebocoran pada keran, ataupun corong, galon, selang, dan penampung air.

Kebocoran air dispenser dari atas

Terkadang mereka yang tidak memiliki tenaga yang kuat sering kali tidak sanggup untuk mengangkat galon air terbalik ke atas dispenser sehingga banyak sekali akibat yang bisa ditimbulkan. misalnya galon yang miring bisa saja mengakibatkan air galon meluap dan tumpah. cara mengatasinya sangat mudah, cukup geserkan mulut galon tepat ke wadah dispenser.

Tabung galon yang sudah berumur dan aus bisa saja menjadi faktor meluapnya air dari galon pada dispenser. kebocoran atau aus pada galon membuat kurang pas tepat dengan corng dispenser. solusi yang bisa dilakukan adalah menggantikannya dengan galon air yang baru. memang sih mengeluarkan uang lagi, tapi ini merupakan solusi yang harus dilakukan.

corong bisa juga pecah jika tidak berhati hati ketika menempatkan galon air di atasnya. segera periksa corong dispenser, jika memang ada kerusakan atau keretakan maka gantilah dengan yang baru.
Cara Mengatasi Dispenser Bocor Air Meluap

Kebocoran pada kran

persis sama dengan keran air di rumah, keran dispenser juga bisa mengalami kebocoran. mula nya ditandai dengan adanya tetesan air dari keran yang lama kelamaan akan berakibat fatal sehingga air banyak meluap. solusi untuk mengatasi kebocoran pada keran dispenser adalah menggantikan dengan keran air yang baru. pastikan pula jika keran yang baru dibeli pas menutupi lobang tempat pemasangan kran air dispenser. disarankan untuk membawa langsung keran air dispenser lama yang sudah rusak supaya tidak terjadi kesalahan ukuran saat pembelian. kalau bisa, bawakan saja langsung dispenser supaya bisa di tes langsung keran airnya ke lobang dispenser. 

Kebocoran air dari bodi dispenser

Salah satu tempat lainnya yang bisa menjadi kemungkinan kebocoran dispenser ada di bagian badan dispenser, jika memang benar silahkan coba periksa saluran air yang berada di dispenser. saluran ini berfungsi sebagai penghubung air dari galon yang di tampung di mulut dispenser dan akan disalurkan ke keran air melalui saluran selang kecil ini.

jika memang terjadi kerusakan pada saluran silang ini, sebaiknya langsung bongkar membuka dispenser dengan cara melepaskan baut yang ada di belakangnya. silahkan cek selang pada bagian ujungnya. biasanya ada kerenggangan pengikat selang. solusinya ialah dengan mengencangkan sambungan selangnya.

Namun, jika Cara Mengatasi Dispenser Bocor Air Meluap dengan sendirinya tidak dapat anda atasi dan perbaiki sendiri, alangkah baiknya bawa saja ke tempat service dispenser terdekat supaya hasilnya lebih bagus dan memuaskan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+