Cara membersihkan usus ayam dari kotoran

Advertisement
Jeroan merupakan salah satu makanan favorit masyarakat indonesia. Biasanya di hidangkan dalam bentuk sudah dijadikan keripik, sate, atau sekedar di goreng dan di bumbui kecap. Jeroan yang paling di gemari biasanya ayam terutama bagian usus.

Jika kalia membeli daging ayam beserta jeroannya di pasar, biasanya jeroan / sistem pencernaan nya sudah di bersihkan oleh si penjual, nah bagaimana jika kalian menyembelih ayam sendiri? Bisakah kalian membersihkan jeroan ayam apalagi pada bagian ususnya yang mirip dengan selang panjang yang di dalamnya terdapat sari makanan dan juga kotoran.

Untuk membersihkan kotoran pada jeroan usus ayam ternyata sangat mudah, dibutuhkan ketelatenan dengan membelah satu per satu dan yang paling utama ialah harus siap siap menahan bau jijik dan amis dengan kotoran yang ada di dalamnya. Untuk memudahkan dalam pembersihan, gunakanlah masker ataupun sarung tangan kalian.

Membelah bagian usus ayam bisa kalain gunakan pisau ataupun gunting yang berukuran kecil sehingga bisa dimasukkan ke dalam usus. Benda lain yang dapat kalian masukkan adalah menggunakan tusuk gigi, lidi ataupun bekas tusuk sate dari bambu yang sudah ditajamkan terlebih dahulu.

Cara Membersihkan Usus Ayam dari Kotoran


Ada beberapa alat yang harus anda persiapkan. Yang pertama, siapkan lidi atau pisau untuk membersihkan usus ayam, dan juga siapkan 2 wadah atau baskom. Yang satu baskom digunakan untuk menempatkan kotoran yang di dalam usus, dan yang satu lagi untuk menempatkan usus yang sudah di bersihkan.

Berikut ini cara membersihkan usus ayam.

 1.  Ambillah usus kemudian ulur hingga panjang kemudian pisahkan usus dari tempat makanan / perut ayam menggunakan pisau.

 2.  Masukkanlah lidi atau tusuk gigi ke dalam salah satu ujung usus ayam, kemudian tarik lidi atau tusuk gigi hingga membelah usus sampai ke ujung usus lainnya. Lakukan dengan perlahan lahan supaya tali usus tidak putus di tengah, kalian membutuhkan tusuk gigi yang tajam dan kiat.

 3.  Bersihkan usus dengan menggunakan air mengalir sehingga kotoran tidak melekat di usus. Lakukan dengan perlahan dan fokuskan ke bagian tekukan supaya tidak ada sisa kotoran yang menempel.

 4.  Peras jeruk nipis ke usus yang telah benar benar bersih untuk menghilangkan bau amis, remas dan diamkan selama 15 menit.

 5.  usus ayam yang sudah di diamkan kemudian di cuci lagi menggunakan air yang bersih. pastikan usus tidak berbau lagi dan siap untuk di olah menjadi makanan  yang di inginkan.

Olahan makanan yang sering di buat dari usus ayam adalah sate usus. Cara membuatnya, usus di tusuk pada lidi dan kemudian di berikan bumbu bumbu pedas manis. Kemudian di bakar langsung di atas arang sehingga aroma nya pun sangat wangi. Makanan seperti ini bisa kalian dapatkan di pinggiran jalan sekitar Jogja dan Solo. Dengan harga yang murah yaitu 1000-an kalian bisa menyantap olahan makanan ini.

Dibalik rasa yang enak pada olahan makanan usus, ternyata makanan olahan ini tidak bagus untuk kesehatan. Kandungan kolesterol yang terdapat di dalamnya sangat membahayakan kepada tubuh kita jika dikonsumsikan dalam jumlah yang banyak.

Di negara kesatuan republik indonesia, jeroan yang diambil langsung dari hewan seperti ayam, kambing, sapi, dan sebagainya sering digunakan menjadi olahan makanan yang disantap enak oleh manusia. Namun anehnya, di luar negeri banyak orang yang mengambil jeroan untuk di jadikan sebagai makanan hewan.

Cara membersihkan usus ayam dari kotoran ternyata mudah untuk di lakukan. Satu hal yang perlu kalian ingat adalah jangan terlalu banyak makan jeroan bahaya bagi kesehatan, kamu gak akan kuat, makan yang lain saja. Wassalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara membersihkan usus ayam dari kotoran

Ads336x280
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==