Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara membersihkan jam tangan karet yang kusam

Aksesoris jam tangan memang sangat dibutukan untuk menjaga kedisiplinan waktu kita. Meskipun di zaman sekarang kita dapat menggunakan smartphone kita untuk menjadikan panduan waktu, namun jam masih menjadi prioritas utama. Selain untuk menjaga kedisiplinan waktu, orang terkadang memakai jam tangan untuk menambahkan tingkat kepercayaan diri mereka dan tampil menarik di depan orang banyak.

Untuk model jam saja, sudah banyak model jam yang di jual di toko toko baik secara online maupun offline. Jenis tali yang digunakan di jam pun banyak model nya. Ada jenis tali jam stainless, kulit, kain ataupun karet. Dari kesemua jenis tali jam, yang paling cepat kotor adalah jenis tali jam karet. Yang menjadi penyebab utama kotornya jam karet adalah debu yang hinggap ditambah dengan keringat sehingga sangat cepat lengket dan menempel di tali jam karet sehingga terlihat kusam. Nah, apalagi bagi kalian yang suka memilih memakai jam tali karet untuk berolahraga.

Cara membersihkan jam tangan karet


Untuk membersihkan jam tangan karet, kalian harus mempersiapkan bahan bahan sebagai berikut: Air hangat , cairan pembersih, mangkuk, sikat gigi bekas, kain halus dan kain lap kering.

 1.  Larutkan cairan pembersih dengan air hangat dan jeruk nipis.

 2.  Rendam tali jam karet di dalam larutan air hangat tadi. Untuk mempermudah, pisahkan tali jam dengan mesin jam supaya mesin jam tidak ikut terendam air.

 3.  Menggosok tali jam karet menggunakan sikat gigi. Bisa kalian gunakan sikat gigi bekas. Celupkan lagi ke larutan air hangat kemudian ulangi menggosok lagi sampai kotoran yang menempel hilang.

 4.  Sapu / usap kaca jam tangan mrnggunakan kain halus yang sudah dicelupkan ke dalam cairan pembersih. Kemudian bilas hingga kaca jam tangan kering.

 5.  Keringkan jam tangan menggunakan kain lap. Angin anginkan jam hingga kering. Perlu di ingat bahwa jangan di jemur di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak jam anda.

Bagaimana cara membersihkan jam tangan karet kena coretan pulpen?

Cara membersihkan jam tangan karet yang kusam

Jam tangan karet biasanya banyak digunakan oleh para pelajar, terutama pelajar yang cewek. Dengan warna yang unik seperti pink merah biru kuning dll bisa membuat mereka tampil lebih menarik dan percaya diri. Namun, dengan pilihan warna yang cerah tersebut , coretan pulpen akan sangat muncul jika tercoret di bagian tali jam karet. Biasanya cowok lebih memilih jam tangan karet yang berwarna hitam, supaya jika ada coretan pulpen tidak terlalu nampak.

Hal yang harus dilakukan untuk menghilangkan coretan tinta pulpen  di jam tangan karet bisa menggunakan minyak kayu putih. Gosokkan minyak kayu putih pada bagian jam tangan yang kena coretan. Gosokkan secara pelan pelan hingga coretan tinta pulpen hilang.  Namun, jika memang coretan tadi tidak bisa hilang juga, pilihan lain adalah kalian harus mengganti tali jam tangan. Tali jam karet bisa kalian dapatkan di toko jam terdekat. Pilihlah tali jam yang stainless supaya lebih kebal akan kotoran.

Demikian artikel tentang cara membersihkan jam tangan karet yang terlihat kusam. Untuk menjaga tali jam tangan supaya tidak kotor, selalu lap dengan tisu basah seusai dipakai supaya lebih mudah untuk dibersihkan karena kotoran belum menempel kuat sehingga mudah untuk dibersihkan. Dan untuk menjaganya, simpanlah di tempat yang aman dari benda tajam maupun kotoran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+