Jeumala.com Kumpulan artikel yang bermanfaat untuk belajar fisika, biologi, geografi, matematika, ekonomi, sosial, politik dan kimia, membahas tentang Tutorial , Tips dan Trik segala hal untuk mempermudah pekerjaan sehari hari.

Cara Membasmi Rumput Liar di Depan Rumah

Rumput liar akan sangat subur tumbuh di musim hujan seperti ini. Berbagai macam jenis rumput terutama rumput teki akan sangat cepat memenuhi pekarangan rumah dan merusak keindahan taman. Jika rumput teki ini dipangkas, dalam waktu seminggu saja rumput ini akan kembali tumbuh tebal.

Di musim kemarau rumput tidak tumbuh begitu baik di halaman rumah, tentu saja jika musim hujan tiba, rumbut akan terus tumbuh hingga lebat walaupun hanya sedikit menerima air hujan. Berikut ini jeumala.com akan memberikan kepada kalian beberapa cara membasmi rumput liar dengan mudah yang kami kutip dari beberapa sumber. ada dua metode yang menjadi perbedaan cara membasmi rumput, yang pertama dengan metode alami sedangkan satu lagi dengan metode beresiko bersifat meracuni dengan menggunakan bahan kimia.

Cara Membasmi Rumput Liar

Cara Alami Menghilangkan Rumput

  • Mencabut Manual
cara menghilangkan rumput dengan mencabut manual bisa menghabiskan waktu dan tenaga namun ini merupakan cara alternatif yang dapat dilakukan dibandingkan menghilangkannya dengan memberikan zat racun berbahaya bagi lingkungan. alat yang digunakan untuk mencabut manual rumput liar bisa dilakukan menggunakan alat sabit, pacul, parang sekop dan jangan lupa menggunakan sarung tangan supaya tangan tidak ikut terluka.

Manfaatkan waktu libur sebaik baiknya untuk membersihkan pekarangan rumah bersama seluruh anggota keluarga dan rumah. selain membersihkan halaman rumah, kita juga sudah mengajarkan kepada mereka untuk hidup bersih, sehat, dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Rumput berasal dari umbi yang yang berada di akarnya. sebaiknya cabut rumput sampai ke akarnya supaya pertumbuhan rumput akan terhambat, kita bisa menggunakan sekop kecil untuk ini.

Cara Membasmi Rumput Liar di Depan Rumah
  • Berikan penutup
Untuk tumbuh, setiap makhluk hidup membutuhkan sinar matahari. Begitu pula dengan rumput. asupan matahari yang cukup akan membantu percepatan pertumbuhan rumput. Kita dapat menutupi rumput liar menggunakan terpal untuk beberapa hari dan hasilnya tumput akan menguning dan selanjutnya mati. Selain terpal, kita bisa menggunakan bahan lain untuk menutupi rumput supaya terhalangi dari sinar matahari seperti plastik yang berwarna hitam.

Secara logika, penutup tidak akan kita pasang sepanjang musim hujan. jika dalam waktu seminggu  setelah penutup dibuka, maka rumput rumput akan tumbuh lagi dengan cepat dan lebat. oleh sebab itu kami sarankan untuk memasang paving supaya rumput sulit untuk tumbuh.
  • Siram dengan bahan yang aman
Ternyata banyak sekali bahan bahan yang sering kita pakai sehari hari juga bisa untuk membasmi rumput liar dengan efektif. bahan yang dimaksud adalah garam, gula, air panas, cuka, sabun cair, baking soda dan lainnya.

Cara membasmi rumput liar menggunakan bahan diatas adalah cukup dengan mencampurkan air dengan bahan yang telah disebutkan di atas kemudian menyiramnya ke rumput liar. Namun efek dari penyiraman campuran air ini hanya bersifat sementara. dalam beberapa hari setelah penyiraman dilakukan, rumput liar akan mati namun dalam 2 atau 3 minggu ke depan rumput akan kembali tumbuh seperti semula.

Menghilangkan rumput dengan bahan kimia

cara ini merupakan cara yang instan untuk menghilangkan rumput liar. namun, dibalik sebuah kata instan juga perlu ada usaha yang menyertainya. menghilangkan rumput dengan bahan kimia tentu bisa berefek cepat namun juga mempunyai resiko. Seperti, jika kalian mempunyai tanaman hias atau memelihara unggas sebaiknya untuk menghindari cara kimia. Larutan kimia yang bersifat racun akan mencemari tanah sehingga tanaman hias yang dipelihara dan unggas yang memakan rumput ikut mati keracunan.

Hal yang pertama yang harus kalian lakukan adalah membeli cairan racun rumput, biasanya di jual di toko pertanian atau toko pupuk di pasar setempat. Kedua, siapkan bahan penyemprot. bisa kalian gunakan bekas tabung semprotan minyak wangi yang besar ataupu bekas botol semprotan pelembut  setrika pakaian. Penyemprot digunakan supaya racun yang disebarkan merata dan tidak banyak yang terbuang. takaran perbandingan racun dan air biasanya sudah tertera pada label plastik botol atau label cairan racun pembasmi rumput. ikutilah petunjuk yang ada di sana.

Efektifnya, semprotkan racun kimia tersebut di pagi atau sore hari supaya tidak menguap ketika tersinar oleh sinar matahari. Pastikan juga tidak akan terjadinya hujan ketika dilakuakan penyemprotan racun. karena air hujan dapat menyapu air racun yang lengket di rumput sehingga racun tidak bekerja secara efektif lagi.

Berikut ini beberapa tips menyemprot cairan racun

  1. Dianjurkan memakai masker supaya racun tidak ikut terhirup
  2. Campurkan racun dengan air. Pencampuran dilakukan di dalam botol penyemprotan.
  3. Aduk dan kocok sehingga tercampur secara merata.
  4. Semprotkan campuran racun ke rumput. Disarankan untuk menyemprot secara mundur yang bertujuan supaya racun yang sudah disemprot tidak ikut terinjak.
  5. Setelah semua dilakukan. saatnya menunggu hasil.
Efek dari penyemprotan akan dirasakan dalam waktu seminggu pertama. di minggu pertama rumput akan berwarna menguning selanjutnya di minggu yang ke 2 rumput akan mati. selain rumput yang mati, racun juga meracuni tanah sehingga menghambat pertumbuhan rumput. dalam waktu 2 sampai 3 bulan jika rumput mulai bermunculan lagi makan semprot lagi menggunakan racun yang sama dengan cara yang sama pula.

Sedikit berbagi pengalaman ketika menggunakan racun kimia rumput. Dulu nenek saya pernah menggunakan racun rumput untuk menghilangkan rumput di halaman depan rumah. Hasilnya memang sangat memuaskan. rumput layu menguning dan mati. namun kabar dukanya ada beberapa itik yang mati karena memakan dedaunan yang terkena racun rumput. oleh karena itu, diingatkan untuk dangat berhati hati dalam penggunaan racun rumput.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+