Manfaat Putih Telur untuk Pembentukan Otot

Advertisement
Laki laki sejati pastinya menginginkan mempunyai tubuh yang ideal ditambah dengan otot yang kekar sehingga banyak wanita tertarik. Bukan hanya saja itu, banyak pria lain akan segan dengan pria yang begini. Banyak lelaki yang pergi ke tempat fitness atau gym untuk mewujudkan impiannya mempunyai badan yang ideal dan berotot. Terkadang, jika pria hanya mengandalkan fitness saja, hasilnya belum tentu memuaskan. Asupan protein yang cukup sangat membantu untuk memiliki tubuh yang ideal, segar, berotot dan bugar.

Salah satu makanan yang memiliki kaya akan protein dan juga mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau adalah Telur. Contohnya, salah satu binaragawan Indonesia yaitu ade ray memakan lebih kurang dua puluh lima sampai dengan tiga puluh butir telur per harinya. 
Ada yang menyarankan untuk hanya memakan putih telurnya saja. Sebagai perbandingan bagian putih dari sebutir telur memiliki 3.6 g protein, 17 kalori, 0.2 gr karbohidrat dan 0.1 gr lemak. Sedangkan kuning telur memiliki 2,7 g protein, 55 kalori dan lemaknya 4,5 gr. Lemak/ Kolesterol segini bisa mencukup 60% AKG.

laki-laki dewasa membutuhkan asupan protein lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Laki laki membutuhkan lebih dari 56 gram asupan protein sedangkan wanita hanya membutuhkan 46 gram asupan protein. Namun, jika kalian ingin membentuk otot dan jika kalian para atlit bisa menggunakan rumus berikut untuk menghitung kebutuhan asupan protein. Rumusnya adalah BB x 2, dimana tiap 1 kg berat tubuh butuh 2 gr. Misalkan jika BB 70 maka butuh 140 gr tiap harinya.

Manfaat Putih Telur untuk Pembentukan Otot


Metode yang digunakan untuk memilih sumber protein yang baik adalah mengukur PDCAAS (Protein Digestibility Corrected Amino Acid Scoce). Dengan menggunakan metode ini, kalian dapat melihat kualitas protein berdasarkan kebutuhan asupan manusia terhadap asam amino dan kemudahan untuk dicerna oleh tubuh manusia. Nilai PDCAAS tertinggi adalah 1 dan terendah 0. Makanan dengan nilai 1 contohnya adalah putih telur, susu protein, casein. protein kedelai dll.
Adalah Protein yang terkandung dalam putih telur adalah protein yang kompleks yang memiliki banyak cabang rantai asam amino BCAA  (branched chain amino acids) dibandingkan dengan protein lain. Apabila asupan asam amino dimakan oleh seseorang dengan takaran yang cukup, maka asam amino akan diproses/dipecahkan  di dalam otot bukan di hati, hal ini bertujuan untuk membangun jaringan otot dan juga sebagai  sumber energy kita untuk beraktivitas sehari hari. Kandungan asam amino nonessensial seperti L-arginine dan L-glutamine dalam putih telur memiliki manfaat untuk pembentukan otot.
Manfaat Putih Telur untuk Pembentukan Otot

Perlu untuk diketahui bahwa putih telur itu sangat mudah sekali dicerna oleh system pencernaan tubuh manusia dikarenakan putih telur memiliki tingkat penyerapan yang sangat besar yaitu 100%. Jadi, kegunaan putih telur bukan hanya saja untuk membentuk otot tetapi bermanfaat juga untuk mengatasi kondisi perut. Selain itu, kelembutan yang dimiliki oleh putih telur tidak akan merusak usus saudara sekalian. Hal yang paling utama adalah putih telur sangat mudah untuk di dapatkan mulai dari warung , minimarket atau toko terdekat dan dengan harga yang sangat terjangkau. 

Penyajian Putih Telur untuk Pembentukan Otot


Banyak diantara kita yang mengkonsumsi telur ini dalam keadaan yang mentah namun para ahli menyarankan untuk memakan telur dalam keadaan yang matang hal ini bertujuan untuk menghindari resiko bahaya salmonella dan jika dimakan dalam keadaan sudah matang, maka bakteri ini mati. Untuk penyajian putih telur, banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya disajikan dengan direbus, dibikin shake, digoreng ataupun dibikin omelet putih telur. Bagi kalian yang ingin membentuk otot tetapi hanya memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan makanan diet, kalian bisa mengkonsumsi suplemen bubuk putih telur yang sekarang sudah mudah untuk didapatkan di Indonesia. Untuk mengkonsumsinya bisa kalian makan dengan makanan ringan maupun dikonsumsi diminum menggunakan air.

Banyak orang hanya mengkonsumsi bagian putih telurnya saja dikarenakan tingginya lemak jenuh yang terkandung di dalam bagian kuning telur. Tetapi, Arnold Schwarzenegger di bukunya New Encyclopedia of Modern Bodybuilding mengatakan "Don't Trash Your Yolks" yang artinya jangan buang kuning telur anda. Ia mengatakan demikian karena di dalam kuning telur terdapat banyak sekali kandungan vitamin dan mineral dari sebutir telur, walaupun kandungan protein telur di bagian putih sama dengan kandungan protein di telur bagian kuning.

Sebaiknya, jika memang kalian ingin menurunkan berat badan dengan cara tidak mengkonsumsi banyak lemak, lebih baik jangan buang kuning telur, lebih baik kalian mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Dibandingkan dengan ikan maupun daging, kandungan protein pada telur lebih baik. Lemak yang terkandung di dalam kuning telur pada sebutir telur lemaknya sudah mencukupi 60% AKG. Lebih baik kalian mengkonsumsi 2 butir telur putih dan kuning saja tidak akan menjadi masalah namun beda halnya jika kalian mempunyai penyakit kolesterol tinggi. 

Jadi, dari penjelasan mengenai  Manfaat Putih Telur untuk Pembentukan Otot dapat kita simpulkan bahwasanya protein yang dikandung putih telur sangat baik untuk dikonsumsi terutama bagi kalian yang sedang melakukan diet untuk mendapatkan badan tubuh yang ideal. Namun, perlu juga kalian ketahui bahwasanya tubuh juga tidak hanya membutuhkan protein saja, namun juga membutuhkan asupan nutrisi lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Putih Telur untuk Pembentukan Otot

Ads336x280